4 Kebaikan Pengacara OC Kaligis yang Terlupakan

oleh Tetalogi
15:30 PM on Nov 24, 2015

Kasus korupsi yang menjerat OC Kaligis beberapa waktu lalu membuat media ramai memberitakan tentang proses pengadilan sang pengacara kondang tersebut. Dalam masa karirnya, ia menangani kasus yang menyedot perhatian banyak orang. Hal inilah yang membuat namanya melejit sebagai pengacara terkenal.

OC Kaligis adalah salah satu nama pengabdi dunia hukum yang sering terlihat keseriusannya saat berurusan dengan kasus di meja hijau, dibanding kebanyakan merintis pencitraan di media. Jika memang tidak banyak bergelut di dunia hukum, maka tidak banyak yang diketahui tentang kegiatan pengacara kelahiran Sulawesi Selatan ini. Meski begitu, ternyata ada banyak kebaikan yang dilakukan pengacara berusia 73 tahun ini.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Mendampingi Kasus Tuntutan 35 Sopir PPD yang Minta Uang Pensiun

Pengacara OC Kaligis sebenarnya adalah sosok yang berjiwa sosial. Hal ini terbukti dengan keikutsertaannya dalam kasus 35 sopir PPD atau Perusahaan Pengangkutan Djakarta yang minta uang pensiun.

Pengacara OC Kaligis [Image Source]
Pengacara OC Kaligis [Image Source]
Dalam kasus ini OC Kaligis berperan dengan membela 35 sopir tersebut. Namun sayang, pihaknya mengalami kekalahan di Mahkamah Agung. Ia tidak tinggal diam menghadapi kekalahan kliennya. Sebaliknya, ia justru membayarkan ‘uang pensiun’ ke-35 kliennya dengan dana pribadinya sampai nanti mereka meninggal dunia.

2. Membantu Pendirian Sekolah Anak Langit

Sekolah Anak Langit adalah sebuah yayasan pendidikan yang didirikan oleh OC Kaligis. Ketika ia melihat sekolah tersebut, OC Kaligis merasa tergerak sehingga ia mengulurkan berbagai macam bantuan untuk sekolah tersebut.

Sekolah anak langit [Image Source]
Sekolah anak langit [Image Source]
Bantuan yang diberikan akhrnya bisa digunakan untuk membuat lantai dan atap sekolah. Ia juga yang mengusahakan untuk membuat akte Yayasan Anak Langit sehingga sekolah tersebut kini punya legalitas atas nama hukum.

3. Memberikan Beasiswa S2 ke Amerika dan Inggris untuk Sejumlah Mahasiswa

Salah satu bukti bahwa OC Kaligis adalah sosok yang peduli dengan pendidikan tercermin lewat usahanya memberikan beasiswa untuk sejumlah mahasiswa berprestasi. Beasiswa tersebut diberikan untuk menempuh jenjang S2 di Amerika Serikat dan Inggris.

Dora yang pernah mendapatkan beasiswa [Image Source]
Dora yang pernah mendapatkan beasiswa [Image Source]
Tidak hanya itu saja, ia juga pernah memberikan beasiswa kepada seorang mahasiswa asal Padang, Dora Indrianti Tri Murni yang menderita penyakit ‘keringat darah’. Selain beasiswa sebesar 24 juta rupiah, OC Kaligis juga memberikan berbagai buku perkuliahan yang diperlukan Dora.

4.  Sosok yang Berani Menyuarakan Apa yang Sering Ditutupi dalam Pemerintahan

OC Kaligis dikenal sebagai orang yang lantang menyuarakan keterbukaan. Sebagai seorang pengacara dan bergelut di bidang hukum, ia merasa bertanggung jawab untuk menyisir hingga ke setiap lapisan. Tidak mudah menyuarakan pendapat yang bertentangan dengan KPK ketika lembaga tersebut memiliki begitu banyak dukungan masyarakat. Perjuangan dan keteguhannya ini disaksikan sang putri Velove Vexia yang memutuskan untuk menuangkan lewat instagramnya.

Buku yang diluncurkan OC Kaligis [Image Source]
Buku yang diluncurkan OC Kaligis [Image Source]
Ia menuliskan tentang OC Kaligis yang mempertanyakan laporan pertanggung jawaban KPK soal dana 30 miliar yang dikabarkan mengalir ke 31 LSM, dengan berani berkoar di media massa soal 2 Petinggi KPK yang menurutnya jelas melakukan korupsi dan menerbitkan kasus ini dalam sebuah buku, menantang KPK untuk tidak tebang pilih dalam kasus E-KTP, serta menyarankan adanya badan pengawas KPK.

Ada banyak sekali pengacara kondang di negeri ini. Hampir semuanya menyuarakan keadilan dengan berapi-api, namun memang hanya segelintir yang bisa menegakkan payung hukum di Indonesia. Kebaikan-kebaikan di atas adalah sisi positif seorang OC Kaligis, salah satu advokat yang saat ini malah terjerat kasus hukum. Apakah ia difitnah atau memang melakukan kesalahan tersebut, hanya waktu yang bisa menjawab.

Pada dasarnya manusia memiliki sisi baik dan buruk, maka ada baiknya kita tidak langsung menghakimi seseorang dengan satu sifat saja karena tidak ada manusia yang sempurna.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA