Ahmad Dhani resmi mendekam di LP Cipinang pada Senin (28/1) lalu. Didampingi si bungsu Dul Jaelani, ia berangkat ke “rumahnya” untuk 1,5 tahun ke depan. Rekan-rekan selebritinya pun menunjukkan simpati atas penangkapan Ahmad Dhani, termasuk pula Al, El, Dul, dan mantan istrinya, Bunda Maia.

Sebelum Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara, ia memiliki jadwal untuk manggung bersama Dewa 19 di Malaysia. Meskipun band tersebut telah beberapa kali gonta-ganti personel, Dewa 19 tak pernah absen membuat konser reuni. Kini, setelah Ahmad Dhani masuk bui, bagaimana nasib alur konser dan personel Dewa 19 lainnya?

Konser Reuni Dewa 19 [sumber gambar]
Dilansir dari akun instagram resmi band Dewa 19 (@de19wa), konser di Malaysia akan tetap berjalan. Namun, ada sedikit perombakan personel mengikuti situasi Ahmad Dhani yang tak memungkinkan untuk manggung selama 1,5 tahun ke depan. Musisi yang menggantikan Ahmad Dhani tak kalah berbakat, kemampuannya pun diturunkan langsung dari dirinya. Ya, seperti yang telah tertera di judul, Dul Jaelani akan menggantikan sang ayah dalam konser tanggal 2 Februari nanti. Meski waktu sudah semakin sedikit, para personel Dewa 19 lainnya mengupayakan agar Dul menguasai materi lagu yang akan dinyanyikan.

Kiprah Dul Jaelani bermusik [sumber gambar]
Tak hanya mendapat dukungan dari para personel Dewa 19, Dul juga diberi suntikan semangat dari orang-orang terdekatnya. Bukan rahasia lagi, jika di antara 5 bersaudara, Dul yang paling mirip dengan sang ayah. Mulai dari wajah, penampilan sehari-hari, hingga jalannya untuk bermusik—yang penting enggak sampai terjerumus dalam politik juga, ya. Beberapa dukungan datang dari rekan-rekan bermusik sang ayah, di antaranya Melly Goeslaw dan Eross Candra. Ia meninggalkan komentar dalam foto yang diunggah Dul ke akun instagram pribadinya (@duljaelani).

Semangat untuk Dul dari teman-teman Ahmad Dhani [sumber gambar]
“semangat @duljaelani,” tulis Melly Goeslaw yang lalu dibalas “makasih tante Melly. Salam kangen utk om Anto hehe,” oleh Dul. Eross Candra juga memberikan semangat, “lancar ya @duljaelani nyosssh!!” disertai emoji tepuk tangan. Murid Ari Lasso di Indonesian Idol, Abdul, juga meninggalkan komentar untuk mendukung Dul, “you can do it bro!” tulisnya. Terjun dalam dunia musik sejak usianya yang belia tak membuat Dul selalu siap sedia seperti ini, terlebih ia tengah berada dalam masa-masa genting. Harus menggantikan ayah sendiri di panggungnya, di saat yang sama ketika dirinya harus menjadi kuat atas situasi “hukuman” tersebut.

Semangat untuk Dul dari keluarga besar Maia Estianty [sumber gambar]
Pihak keluarga dari Maia Estianty juga tak henti memberikan dukungan pada Dul. Mulai dari kakak Maia, Pinky Evianty, Astri Merianti, hingga sang ibundanya alias nenek Dul sendiri, Kusthini Harjono Sigit. Tak hanya kata-kata penyemangat, tapi juga wejangan yang diberikan pihak keluarga Dul kepada dirinya. El Rumi, sebagai kakak yang paling suportif, dirinya juga tak lupa memberikan komentar dalam postingan Dul—meski netizen tahu, di belakang ini semua, Al, El, dan Dul tengah sama-sama berduka dan saling menguatkan.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Divonis 1,5 Tahun Penjara, Begini Respon Al, El, Dul, dan Bunda Maia

Mendapat begitu banyak dukungan membuat Dul benar-benar mempersiapkan diri untuk konser pada 2 Februari besok. Para Baladewa juga sangat menanti penampilan perdana putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini dalam gemerlap panggung Dewa 19. Kira-kira bagaimana penampilan Dul di Malaysia nanti, ya?

Bagi Sahabat Boombastis yang enggak sabar dan tak bisa pergi sendiri ke Malaysia, tenang saja, pasti bakal banyak fancam yang bertebaran dari Baladewa di sana. Ataukah kalian pengin nyusul Dul Jaelani ke Malaysia demi menyaksikan penampilan perdananya?