Categories: Trending

7 Operasi Militer Paling Rahasia ini Sempat Membuat Dunia Jadi Kacau

Setiap negara pasti memiliki rahasia, tak kekuatan militer yang mereka miliki. Di masa lalu, banyak sekali operasi-operasi rahasia yang dilakukan militer dunia. Mereka melakukan penculikan, pengujian senjata, hingga penghancuran kelompok tertentu secara sembunyi-sembunyi.

Baca Juga : 6 Senjata Militer Canggih yang Mungkin Sebentar Lagi Dipakai Oleh Negara Barat

Dampaknya, kekacauan banyak terjadi dan gelombang ketakutan tak terelakkan lagi. Inilah tujuh operasi militer paling rahasia dan mampu membuat dunia jadi kacau. Keberadaan mereka di masa lalu seperti batu sandung untuk ketentraman umat manusia!

1. Proyek MKOften

Di masa lalu, Departemen Pertahanan Amerika dan CIA bekerja sama  untuk membuat proyek mengerikan. Proyek itu diberi nama dengan MKOften. Proyek ini bertujuan untuk menguji sebuah senjata biologi dan obat yang nantinya akan digunakan untuk menyerang musuh.

Proyek MKOften [image source]
CIA akan menangkap beberapa orang untuk dijadikan objek uji coba. Mereka akan diberikan obat dan beberapa perlakukan khusus. Dari sana CIA dan Departemen Pertahanan bisa melihat reaksi yang sesungguhnya dari senjata yang mereka buat.

2. Program Phoenix

Program Phoenix adalah sebuah misi militer rahasia yang dilakukan militer Amerika di Vietnam Selatan saat perang dingin. Awalnya mereka mengatakan jika program itu bertujuan untuk melatih para gerilyawan untuk berperang dengan baik. Namun nyatanya proyek itu hanya kamuflase saja.

Program Phoenix [image source]
Fokus dari tentara Amerika saat itu adalah untuk menculik sebanyak-banyaknya warga yang pro Viet Cong. Mereka ingin mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menguntungkan mereka. Para penduduk yang ditangkap akhirnya disiksa dan dibunuh dengan sadis.

3. Operasi Merlin

Operasi Merlin adalah sebuah operasi yang lagi-lagi digawangi oleh Amerika. Operasi ini bertujuan untuk membuat Iran gagal dalam program nuklirnya. Amerika menyusupkan ahli nuklir agar membuatkan rancangan senjata palsu dan akhirnya Iran gagal memiliki senjata nuklir yang ditakuti Amerika.

Operasi Merlin [image source]
Sayangnya operasi ini gagal dilakukan. Ilmuwan Rusia yang menjadi gawang proyek ini tak bisa berbohong. Akhirnya Iran mengetahui rencana Amerika untuk menggagalkan mereka. Buntut dari kejadian ini, program nuklir di Iran semakin berkembang dengan cepat.

4. Operasi Valkyrie

Operasi Valkyrie adalah sebuah operasi rahasia yang dilakukan oleh tentara Jerman untuk merebut semua wilayah kekuasaan Nazi. Mereka adalah orang-orang yang menginginkan gerakan perubahan agar Jerman menjadi negeri baru yang maju.

Operasi Valkyrie [image source]
Secara diam-diam, para tentara menangkap para pimpinan Nazi dan ingin membunuh Hitler. Mereka beranggapan jika pemimpin Nazi hancur maka semua tentara bisa dikendalikan. Dan benar juga, misi ini akhirnya sukses setelah banyak pimpinan Nazi dilenyapkan.

Baca Juga : Inilah Kekuatan Militer yang Pernah Membuat Indonesia Menjadi Macan Asia

5. Operasi Wrath of God

Operasi Wrath of God adalah operasi yang dilakukan oleh pemerintah Israel kepada para anggota Palestine Liberation Organization. Kelompok ini diduga telah melakukan pembantaian kepada 11 orang peserta Olimpiade Munich, Jerman tahun 1972.

Operasi Wrath of God [image source]
Operasi ini akhirnya dilancarkan diam-diam dan membuat banyak wilayah Palestina menjadi hancur. Ada yang bilang jika pembunuhan 11 peserta olimpiade hanya sebuah trik agar operasi pemusnahan Palestina bisa dilaksanakan dengan cepat. Operasi Wrath of God dikabarkan terus berlangsung hingga 20 tahun lamanya.

6. Operasi MKUltra

MKUltra adalah sebuah proyek yang digunakan untuk menguji perilaku manusia jika diberi perlakukan tertentu. Tentara Amerika menangkap banyak sekali warga Kanada untuk proyek yang memiliki tujuan akhir adalah mengendalikan pikiran.

Operasi MKUltra [image source]
Banyak sekali warga yang ditangkap harus mendapatkan perlakukan yang buruk. Bahkan mereka dianggap seperti binatang. Tentara melakukan hipnotis, isolasi, kekerasan seksual secara verbal mau pun fisik. Terakhir mereka juga disiksa dengan hingga mati.

7. Operasi Clurit

Operasi clurit banyak dikenal sebagai peristiwa Petrus atau penembak misterius. Operasi rahasia ini bertujuan untuk menekan jumlah penjahat yang saat itu meresahkan Indonesia. Siapa saja, yang terbukti menjadi preman atau seseorang yang bertato akan dibunuh dengan diam-diam lalu mayatnya dibuang di kebun.

Operasi Clurit [image source]
Warga sekitar akan menemukan mayat yang telah diselipi uang. Dengan uang itu mereka disuruh menguburkan mayat yang memiliki kondisi fisik sangat mengerikan. Sampai saat ini masih banyak misteri yang belum diungkap dari kejadian petrus di era 80-an.

Baca Juga : 7 Konflik Militer Paling Ngeri ini Masih Bertahan Hingga Sekarang

Itulah tujuh operasi militer paling rahasia yang sembat membuat banyak negara kacau. Keberadaan mereka menimbulkan keresahan hingga keadilan HAM sering dilanggar.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago