Categories: Unik Aneh

Mengenal Nasi Komando, Makanan Legend Para Calon Tentara Buat Melatih Fisik dan Mental

Menjadi anggota tentara, bukanlah sebuah perkara yang mudah. Mesti melakukan latihan super keras dan berat yang tentu menguras fisik serta mental. Oleh sebab itu, banyak yang tak lolos dalam seleksinya karena memang penyaringan yang dilakukan pun amat ketat. Pasalnya kalau sampai salah saring, takutnya malah calon tentara tersebut tak kuat dalam menjalankan tugasnya.

Nah, salah satu latihan awal yang harus dihadapi oleh para calon perwira ini adalah nasi komando. Pasalnya bukan sembarangan makanan, namun sebuah hidangan yang akan melatih mental dan fisik mereka. Jadi wajar kalau nasi komando dianggap jadi santapan legend buat para calon tentara. Lalu seperti apa sih bentuknya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Nasi Komando, menu wajib calon perwira

Di kalangan militer, ada sebuah menu makanan unik yang mungkin tak ditemukan di tempat lain. Menu tersebut adalah nasi komando yang melegenda. Seperti jadi sebuah kewajiban, bagi para calon perwira wajib untuk memakan makanan ini dan juga harus habis. Hal tersebut juga dianggap sebagai sebuah latihan dasar sebelum benar-benar menjadi seorang prajurit.

Nasi Komando [sumber gambar]
Pada awalnya, banyak yang tidak tahan untuk menghabiskan nasi komando ini, namun lama kelamaan semua prajurit sudah mulai terbiasa. Apalagi, ditambah kelelahan dan lapar yang dihadapi setelah melakukan latihan panjang. Nasi komando seolah jadi menu paling enak karena makanan pertama yang mereka temui.

Apa isi dari nasi komando?

Jangan bayangkan kalau isinya adalah makanan mewah dan bikin nikmat di lidah. Kebalikannya, nasi komando lebih mengutamakan gizi. Dilansir dari laman Merdeka, isi dari nasi komando ini adalah nasi yang diblender, lauk pauk, telur mentah, dan beberapa bahan lainnya. Semua harus diaduk menjadi satu kemudian dimakan oleh calon perwira.

Isi nasi komando [sumber gambar]
Jadi jangan bayangkan rasanya, pasalnya banyak calon prajurit yang sempat tak bisa memakannya. Namun karena didorong oleh rasa lapar, lama-kelamaan nasi komando jadi santapan paling nikmat, karena tak ada makanan lain yang bisa dimakan. Alhasil, banyak tentara yang sudah terbiasa dengan makanan yang satu ini.

Sebagai latihan dasar membentuk tentara

Karena sudah diperhitungkan nilai gizi, sejatinya nasi komando ini sebenarnya malah sangat bagus buat tubuh. Namun, tidak semua bisa langsung terbiasa memakannya. Hal ini sebenarnya jadi sebuah latihan juga buat para calon prajurit. Pasalnya, kelak mereka akan ditempatkan di mana saja, tak terkecuali di hutan belantara.

Latihan dasar [sumber gambar]
Oleh sebab itu, para prajurit ini harus bisa memanfaatkan apa saja untuk bertahan hidup. Meskipun kadang rasa makanan yang ditemukan sangat tidak cocok dengan lidah, namun harus dilakukan supaya bisa bertahan. Jangan lupa, selain nasi komando biasanya para tentara juga disuguhi jamu brotowali untuk melatih lidah mereka.

Ada hukuman buat yang tidak menghabiskan nasi komando

Jangan salah, para calon perwira ini wajib untuk menghabiskan nasi komando yang disuguhkan. Pasalnya kalau sampai tidak habis, maka akan ada hukuman yang diberikan. Hukumannya tentunya ala militer juga, seperti dipukul ringan dengan batang kayu hingga hukuman fisik seperti lari dan sit up.

Harus habis [sumber gambar]
Agak kasihan mungkin bagi orang awam, namun semua dilakukan demi melatih mereka supaya jadi tentara yang kuat. Oleh sebab itu, tak jarang ketika ada calon perwira yang mau muntah, temannya akan datang menyemangati dengan memberi tepuk tangan hingga menyorakinya. Ternyata bukan hanya melatih mental, namun juga masalah kekompakan antara masing-masing anggota.

BACA JUGA: Lepas Profesi di Dunia Entertainment, 3 Artis Ini Pilih jadi Polisi dan Tentara

Bagaimana pun, nasi komando ini adalah salah satu latihan dasar yang harus dilalui bagi calon perwira. Semua agar mereka punya mental dan fisik yang kuat untuk membela tanah air. Kita harus salut kepada latihan keras yang mereka jalani ini.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago