Categories: Tips

4 Kejadian Nyeleneh Kalau Meteor Jatuhnya di Indonesia

Fenomena jatuhnya meteor di Bengkulu baru-baru ini memang cukup bikin heboh. Pasalnya, meteor jatuh tidak terlalu sering di Indonesia. Tercatat ada beberapa kali negara kita kejatuhan meteor, di antaranya Sulawesi, Bali, bahkan Jakarta.

Baca Juga : Sejarah Ojek di Indonesia dari Zaman Dahulu Hingga Sekarang

Tapi ngomong-ngomong, jatuhnya meteor tidak selalu bikin orang Indonesia parno dan menganggap kiamat sudah dekat. Beberapa fenomena unik di bawah ini mungkin bisa menjelaskan kenapa kejatuhan meteor malah bisa seperti ‘ketiban durian runtuh’ atau bahkan jadi bahan update status di Facebook.

1. Jadi Cincin Batu Akik

Memang bukan orang Indonesia namanya kalau tidak pandai ‘melihat kesempatan’. Dilansir dari Bengkulu Ekspress beberapa saat setelah jatuhnya meteor di Bengkulu kemarin (26/10), rupanya banyak warga berbondong-bondong menuju ke lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya meteor. Ternyata selain ingin membuktikan kalau yang jatuh memang meteor dan bukan pesawat, beberapa orang punya maksud lain, yaitu berburu batu meteor tersebut agar bisa dijadikan batu akik.

Cincin akik dari batu meteorit yang haraganya selangit [Image Source]
Batu akik yang berasal dari batu meteor dianggap langka dan nilai jualnya bisa selangit. Dan negara kita memang masih sedikit banyak demam batu akik meski tidak sepopuler dahulu. Mungkin di luaran sana, lebih banyak orang yang lari semburat saat tahu ada meteor jatuh, atau kepikiran untuk mengungsi, panik dan sebagainya. Tapi orang Indonesia malah berbondong-bondong mendatangi lokasi, berburu batu meteor, dan sudah kepikiran nanti batunya akan dijual dengan harga berapa sambil gosok-gosok batu meteor berjamaah di pinggiran jalan. Hanya di Indonesia, hal yang bagai musibah kadang bisa dianggap membawa berkah.

Selanjutnya : Mustika atau Aji-ajian

2. Jadi Mustika atau Aji-ajian

Nah, Indonesia juga masih terkenal memegang budaya klenik, mistis dan aji-ajian. Batu meteor yang asalnya dari luar angkasa, dianggap punya banyak ‘kesaktian’. Mustika dan aji-ajian masih banyak dipercaya meski jaman sudah sangat modern seperti sekarang. Konon, kalau pakai cincin yang batunya berasal dari meteorit ini, aura dan wibawa penggunanya bisa lebih terpancar.

Serpihan batu meteor bisa jadi mustika atau aji-ajian kalau di Indonesia  [Image Source]
Selain itu, energi dari batu meteorit ini bisa menetralisir serta menangkal hawa-hawa negatif yang hendak menyerang atau mendekati si pemakai. Dan, orang yang menggunakan batu meteorit juga bisa merasakan energi dalam dirinya yang lebih besar. Apakah hal ini benar, atau hanya sugesti seperti yang pernah terjadi pada gelang power balance dahulu? Yah semua memang kembali pada keyakinan masing-masing. Yang pasti, sesungguhnya kekuatan sejati manusia ada dalam dirinya sendiri sih.

Selanjutnya :  Berlari Menuju Mara Bahaya

3. Bukannya Menyelamatkan Diri, Malah Berlari Menuju Marabahaya

Tidak hanya kejadian meteor jatuh, bahkan kebakaran dan musibah lain, warga Indonesia lain banyak yang berlari menuju sumber kejadian dibanding berlari menyelamatkan diri. Rasa penasaran mengenai apa yang terjadi, mengalahkan naluri untuk melindungi nyawa dari ancaman bahaya. Kebiasaan ini sebaiknya mari kita ubah bersama-sama yuk.

Bukannya menyelamatkan diri, malah menuju lokasi [Image Source]
Jika ada musibah yang terjadi, sesegera mungkin menyelamatkan diri. Tidak perlu berpikir untuk memotret apalagi mencari tahu, karena bisa jadi kita bakalan jadi korban. Abaikan saja trending update status atau kabar terbaru jika nyawa adalah taruhannya.

Selanjutnya :  Mengganggu Investigasi

4. Mengganggu Investigasi dan Heboh Sendiri

Polisi ataupun pihak berwenang pasti ingin segera melakukan penyelidikan mengenai musibah yang terjadi bukan? Namun sayangnya di Indonesia, hal ini kerap terkendala oleh sikap warganya. Lihat saja di televisi, kerumunan orang-orang pasti terjadi dan cukup menyulitkan.

Kerumunan yang mempersulit investigasi [Image Source]
Contohnya saja penyelidikan kebakaran, warga heboh memotret dan ingin tahu lokasi yang hangus tak bersisa. Polisi dan dinas pemadam kebakaran yang harusnya bisa segera mencari penyebabnya, malah harus berdesak-desakan dan tidak leluasa.

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Bill Gates yang Akan Membuatmu Terengang

Mari belajar untuk lebih bijaksana dan dewasa. Memang hal-hal di atas sekilas lucu dan menggemaskan, tapi ternyata lumayan berbahaya bukan?

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago