Categories: Tips

King Abdullah Mosque, Masjid Tertinggi di Dunia yang Berada di Gedung Pencakar Langit

Berbagai daftar klasifikasi masjid telah banyak diulas dan wara-wiri di internet, mulai dari yang paling besar, paling megah hingga paling unik arsitekturnya. Tapi pernahkah terfikir olehmu, manakah masjid yang paling tinggi di dunia? Bukan tinggi towernya atau masjid yang memiliki banyak lantai melainkan posisinya yang berada di atas gedung pencakar langit.

Sejak berdirinya gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa banyak isu yang berkembang tentang keberadaan sebuah masjid yang berada di lantai 158. Bahkan pada saat itu media kawakan seperti BBC dan The New York Times juga pernah mengulas tentang hal ini, bahkan wikipedia juga menyebutkan ada masjid di Burj Khalifa yang menasbihkannya sebagai masjid tertinggi di dunia yang berada di gedung pencakar langit. Namun apakah hal ini sepenuhnya benar?

King Abdullah Mosque berada di Kongdom Center [Image Source]
Jika menilik ukuran Burj Khalifa yang setinggi 828 meter maka benar adanya jika di lantai 158 ada masjid maka akan menjadi masjid tertinggi di dunia. Namun pertanyaannya apakan masjid itu benar-benar ada di sana? Mengintip laman Guinness World Records dengan kata kunci “Highest mosque (above ground level)” ternyata masjid tertinggi di dunia bukanlah masjid yang selama ini dikira ada di Burj Khalifa melainkan masjid yang terletak di Kingdom Centre.

Kingdom Center merupakan gedung pencakar langit yang berada di Riyadh, Arab Saudi. Dari keterangan di laman Guinness World Records, masjid yang bernama King Abdullah Mosque ini terletak di lantai 77 dan berada di ketinggian 183 meter yang diresmikan tahun 2004 yang lalu. Laman berita Arab News juga pernah mengulas ini pada tahun 2004 yang menceritakan bahwa masjid ini disumbangkan oleh pengusaha Arab Saudi bernama Pangeran Alwaleed bin Talal.

King Abdullah Mosque masjid tertinggi di dunia yang tercatat Guinness World Records [Image Source]
Pembangunan masjid di Kingdom Center ini bermula saat banyak klien restoran Spazio di gedung tersebut yang meminta disediakan sebuah masjid untuk beribadah. Sebab kebanyakan tamu yang datang ke restoran tersebut adalah orang Islam. Restoran tersebut juga sering digunakan untuk acara berbuka dan sahur saat Ramadan.

Untuk bisa disebut sebagai masjid, sebuah bangunan juga harus memenuhi beberapa syarat mulai dari bentuk dan tersedianya berbagai fasilitas seperti tempat wudhu, tempat Al Quran, ruang yang luas untuk salat dan tak ketinggalan harus memiliki takmir masjid yang bertugas mengelolanya. Segala syarat tersebut nampaknya sudah dipenuhi oleh King Abdullah Mosque sehingga bangunan berbentuk kubah di dalam Kingdom Center ini menyabet gelar sebagai masjid tertinggi di dunia.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

6 days ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

1 week ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 weeks ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

3 weeks ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

3 weeks ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

3 weeks ago