Categories: Tips

Mengintip Sangarnya Latihan Militer Amerika Serikat yang Membuat Mereka Juara di Dunia

Berangkat dari negerinya orang buangan, kini Amerika Serikat menjadi bangsa paling disegani di dunia. Tak hanya tentang pengaruh mereka yang kuat, soal militer, Negeri Paman Sam ini juga edan luar biasa. Seperti yang kamu tahu, selama belasan tahun AS tetap konsisten dengan prestasi militer mereka. Bahkan di hari ini, mereka masihlah nomor satu di dunia.

Ada banyak alasannya kenapa AS bisa segila ini selama bertahun-tahun. Tak cuma karena alutsista mereka yang canggih luar biasa, Amerika juga memiliki banyak serdadu gila dengan kemampuan mentereng. Rahasia para serdadu AS sangat kuat sebenarnya sama, yakni karena latihan-latihan. Tapi, soal menu, tentu latihan tentara-tentara Amerika sangat berbeda. Mereka mendapatkan sesuatu yang sangat gila, bahkan mungkin belum pernah kita bayangkan.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Serasa di Luar Negeri

Agar lebih tahu tentang bagaimana para tentara Amerika latihan, berikut adalah deretan potret para serdadu AS yang tengah bergelut dengan training gila mereka. Tentara Indonesia sepertinya harus meniru ini.

Latihan Mempersiapkan Serangan Dengan Helikopter

Bagian preparation mungkin terlihat enteng, namun sebetulnya inilah yang lebih susah. Harus bisa dilakukan dengan sangat sempurna agar misi nantinya akan lancar. Seperti di bawah ini, para tentara AS tengah latihan mempersiapkan helikopter tempur. Banyak yang bilang kalau latihan selama 10 hari ini adalah yang paling berat dibanding training yang lainnya.

Latihan dengan helikopter tempur [Image Source]

Terjun Lepas di Luasnya Samudera

Navy alias angkatan laut adalah bagian militer AS yang bisa dibilang paling kuat. Mereka juga memiliki deretan latihan-latihan gila yang sudah tak manusiawi. Misalnya adalah terjun dari helikopter lalu menyelam sampai 30 menit seperti gambar di bawah ini. Perlu diketahui, ini bukan laut biasa namun lautan lepas dengan keganasan yang lebih ekstrem.

Terjun dan menyelam ke dalam samudera [Image Source]

Survival Gila Ala Tentara Amerika

Survival adalah keahlian yang harus dimiliki oleh seorang tentara. Bagi serdadu AS, yang seperti ini masuk dalam salah satu menu latihan rutin mereka. Soal Survival ini, latihan mereka biasanya adalah melakukan hal seperti foto di bawah. Bertahan dalam kondisi ekstrem sambil melakukan evakuasi. Kondisi seperti ini setidaknya dilakukan selama 6 jam sehari. Jangan tanya bagaimana lelahnya para tentara ini.

Latihan survival ala tentara Amerika [Image Source]

Latihan Parasut Level Ekstrem

Terjun payung juga merupakan keahlian yang wajib dikuasai. Biasanya para tentara AS melakukan latihan ini selama hampir enam bulan penuh. Dalam latihannya, mereka tak hanya belajar bermanuver solo, tapi diwajibkan pula menguasai level lanjutan. Seperti menerjunkan perlengkapan tempur sampai Humvee alias kendaraan perang seperti gambar di bawah.

Latihan parasut level ekstrem [Image Source]

Latihan Menggunakan Howitzer yang Mematikan

Mengoperasikan Howitzer bukan perkara mudah. Senjata pendobrak ini dikatakan cukup kompleks cara menggunakannya. Bahkan tentara AS saja harus melakukan latihan dengan peralatan ini selama berbulan-bulan. Penggunaan Howitzer sendiri memang sangat ampuh sebagai penghancur jarak jauh, dan AS memiliki banyak serdadu yang sangat mampu untuk mengoperasikan alutsista kompleks ini.

Latihan memakai Howitzer [Image Source]

Tak hanya Fisiko Otak Juga Harus Jalan

Menjadi tentara yang mematikan tak hanya tentang menempa fisik sampai jadi luar biasa, otak juga harus dilatih biar sempurna. Nah, salah satu latihan para tentara AS untuk itu adalah dengan mempelajari mekanisme mesin atau peralatan perang yang mereka gunakan. Seperti gambar di bawah ini yang memperlihatkan seorang tentara tengah membenahi sesuatu yang sangat kompleks.

Latihan otak sebagai engineering [Image Source]

Latihan Khusus Si Pasukan Spesial

Di militer AS ada yang namanya unit Emerald Warrior. Biasanya, merekalah yang berhadapan dengan alutsista tak biasa dan jarang dipakai oleh tentara regular. Seperti foto di bawah ini yang menunjukkan seorang tentara tengah berlatih bagaimana mengemas sebuah amunisi yang sangat berbahaya. Latihan ini mungkin sekilas enteng, tapi risikonya sangat besar. Hanya yang sangat terlatih yang boleh melakukannya.

Menangani senjata kelas berat [Image Source]

Integrated Training Exercise, Latihan Super Gila Pembawa Kematian

Selain deretan jenis latihan di atas, militer AS juga punya satu paket latihan bernama Integrated Training Exercise atau ITX, di mana ini merupakan sekumpulan latihan yang dijadikan satu. Ada sekitar 129 macam latihan yang harus dilakukan. Mulai mengendarai tank sampai simulasi perang. Dalam ITX ini seringkali seorang tentara mati.

ITX yang mematikan [Image Source]

Latihan Perang Dengan Kondisi Super Serius

Salah satu latihan yang juga tak pernah ditinggalkan militer AS adalah simulasi perang. Jangan bayangkan yang biasa-biasa, para tentara ini dikondisikan seperti benar-benar ada dalam sebuah peperangan. Semuanya sangat nyata, baik senjata, dan lain sebagainya. Latihan ini juga tak jarang memakan banyak korban.

Latihan perang sungguhan [Image Source]
Seperti inilah bentuk latihan para tentara Amerika. Latihan ini sendiri bisa dibilang biasa, karena untuk pasukan khusus mereka juga punya training sendiri yang lebih ngeri. Dengan semua kegilaan ini, maka tak heran AS selalu jadi yang pertama di dunia soal militer.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

13 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago