Categories: Tips

Sangarnya Negara-Negara dengan Kekuatan Laut Terbaik, Indonesia Termasuk?

Kita bisa dengan bangga mengatakan kalau Indonesia adalah salah satu negara maritim terkuat di Bumi. Alasannya apalagi kalau bukan karena kemampuan TNI AL kita yang luar biasa serta didukung oleh deretan alutsista yang mumpuni. Serius, kekuatan laut kita itu tak main-main. Kalau tidak, kenapa Tiongkok seolah seperti maju mundur ketika sengketa soal Laut China Selatan? Jelas karena mereka begitu memperhitungkan kekuatan kita.

Di Asia Tenggara Indonesia adalah negara dengan kekuatan maritim terhebat. Tapi, bagaimana di dunia? Tunggu dulu. Mungkin kita hebat ya, tapi kalau skalanya dibesarkan jadi level dunia, Indonesia kemungkinan bukanlah yang terbaik. Harus kita akui kalau beberapa negara di luar sana memang hebat soal militer khususnya di ranah kelautan. Nah, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, siapa sih negara yang paling hebat di lautan? Jawabannya ternyata sangat tidak terduga, bahkan mungkin olehmu.

Baca Juga :10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Jadi, negara mana yang layak untuk dijuluki raja lautan dunia? Berdasarkan data yang dihimpun oleh Global Fire Power, nih deretan negara paling jaya di samudera.

1. Korea Utara Adalah Sang Raja Lautan

Soal militer, Korea Utara selalu di-underestimate oleh barat. Yang ecek-eceklah, alutsista seken lah, dan sebagainya. Entah ya, barat kok selalu menghina Korut padahal aslinya negara ini luar biasa soal militer. Terutama angkatan lautnya. Global Fire Power menempatkan mereka di posisi pertama.

Kekuatan Laut Korut [Image Source]
Tentu ada alasannya kenapa mereka sampai ditempatkan di posisi pertama. Yang pertama adalah jumlah alutsista mereka yang begitu horor. Kapal selamnya 70 buah, serta kapal defensif pesisirnya yang sebanyak 211 buah. Mereka juga punya beberapa Frigates dan juga Corvette full dengan meriam dan roket. Meskipun negara ini kadang bikin gregetan, tapi harus diakui kalau kekuatan lautnya luar biasa. AS pun bakal pikir-pikir kalau mau macam-macam.

2. Tiongkok Jadi Dewa Lautan Terkuat Kedua

Berawal dari negara cupu yang jadi mainan Jepang, kini Tiongkok berevolusi menjadi negara super gahar. Tanpa pernah disadari banyak negara, negeri tirai bambu melangkah pasti dengan makin memperkuat militernya dari waktu ke waktu. Tak hanya di darat dan udara, tentu Tiongkok juga memperkuat kekuatan lautan mereka. Kalau menengok daftar yang disusun oleh Global Fire Power, mereka adalah negara kedua terkuat di lautan.

Kapal Induk Tiongkok [Image Source]
Tiongkok ini memang benar-benar gila soal alutsista laut. Mereka hampir memiliki tiap jenis kapal tempur dan jumlahnya nggak main-main. Misalnya Frigates mereka punya 48 buah, Destroyer 32 buah, dan Corvette sebanyak 26 buah. Oh iya, Tiongkok ini juga punya satu kapal induk yang jelas harus dipandang sebagai salah satu pilar kekuatan laut mereka.

3. Amerika, Penguasa Lautan Barat

Kalau berdasarkan data kolektif yakni gabungan antara laut, darat, dan udara, Amerika memang jadi negara terkuat di dunia. Tapi, kalau kita pisah sendiri-sendiri, maka soal laut mereka bukanlah negara terkuat. Amerika kalah melawan Korea Utara dan juga Tiongkok. Namun, meskipun cuma peringkat tiga, AS tetaplah mematikan di lautan.

Armada Laut Amerika [Image Source]
Kalau dilihat dari alutsista lautnya, Amerika tetap jor-joran seperti biasanya. Kalau berdasarkan data, mereka punya 62 Destroyer, 75 kapal selam, dan juga 6 buah Frigates. Oh iya, jangan lupa kalau Amerika itu juga kolektor kapal induk. Tercatat sampai hari ini mereka memiliki 19 buah kapal induk yang tersebar di seluruh dunia.

4. Iran, Diam-Diam Ternyata Menggila

Iran seringkali kita kesampingkan kalau membahas militer. Padahal negara ini aslinya luar biasa lho, terutama kekuatan lautnya. Kalau berdasarkan statistik yang dibikin oleh Global Fire Power, mereka menduduki peringkat empat dunia. Sebuah prestasi yang sangat mentereng dan membanggakan tentu saja.

Kekuatan Laut Iran [Image Source]
Kalau kita bedah armada lautnya, Iran memang benar-benar bikin geleng-geleng kepala. Tercatat mereka punya kapal defensif pesisir sebanyak 254 buah, kemudian 6 Frigates, 3 Corvette serta tak lupa juga deretan kapal selam mereka yang berjumlah 33 buah. Jumlah ini sendiri masih sementara katanya. Pasalnya, Iran mengatakan bakal terus memperkuat armada lautnya. Kita tunggu saja realisasinya nanti.

5. Rusia dengan Kekuatan yang Juga Mengerikan

Sebenarnya bukan hal baru tentang Rusia yang begitu kuat armada lautnya. Sejak beberapa dekade yang lalu, mereka tampil sebagai negara dengan kekuatan laut terbaik. Bahkan Indonesia yang dulu pernah menguasai lautan Asia Tenggara, itu pun gara-gara alutsista dari Rusia. Tapi, beda dulu beda sekarang. Saat ini Rusia sudah tak sekuat dulu meskipun masih mematikan.

Kapal perang Rusia [Image Source]
Berbicara alutsista, Rusia juga mengoleksi banyak armada tempur laut. Misalnya Corvette mereka yang berjumlah 81 buah, Destroyer 15 buah, serta 60 biji kapal selam. Jangan lupa, Rusia juga punya kapal induk yang masih aktif. Sebenarnya Rusia bisa dengan mudah kalau mau nambah alutsista. Jangan lupa kalau negara ini adalah salah satu poros industri alutsista dunia.

Baca Juga :5 Fakta Gahar Bodyguard Elit Wanita Tiongkok, Pengawal Bayaran yang Bikin Penjahat Seperti Sampah

Inilah lima besar negara terhebat di lautan. Sayangnya, nama negara kita tak masuk di dalamnya. Kalau berkaca pada daftar yang sama, Indonesia menduduki peringkat 10 dunia. Tidak buruk-buruk amat kok. Apalagi kita mengungguli beberapa negara besar seperti Jepang, Perancis, bahkan Inggris. Harapannya sih Indonesia makin berbenah biar kita bisa jadi macam Asia lagi seperti beberapa waktu yang lalu.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

3 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

1 month ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

1 month ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago