Trending

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari Senin (8/4) lalu. Terdapat 3 kendaraan yang terlibat, yaitu satu bus dan dua mobil. Dari kecelakaan tersebut, menyebabkan kematian 12 orang di tempat kejadian. Berikut kronologi dan ulasan selengkapnya.

Kronologi Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.15 WIB saat sebuah mobil GranMax melaju dari arah Cikampek menuju Jakarta. Kala itu sedang ada rekayasa lalu lintas contraflow di jalan tol tersebut. Mobil Granmax tersebut mengarah ke bahu jalan, sehingga masuk ke jalur B yang mengarah ke Jakarta. Dari arah Cikampek, ada bus Primajasa melaju yang tidak bisa menghindar hingga akhirnya menabrak mobil tersebut. Seketika, mobil GranMax langsung terbakar. Tak lama kemudian, sebuah mobil Terios menabrak dan juga ikut terbakar.

Kendaraan terbakar seketika [Sumber Gambar]
Dari kecelakaan maut ini, terdapat 12 korban meninggal dunia yang keseluruhannya berasal dari sopir dan penumpang mobil GranMax. Mereka meninggal dunia di tempat dengan keadaan luka bakar berat karena mobil terbakar hebat. Terdapat 3 korban dari bus yaitu kondektur dan penumpang, di mana seorang mengalami luka berat dan dua orang mengalami luka ringan. Sedangkan mobil Terios yang ikut terbakar, tidak ada korban.

Penyebab Kecelakaan

Tim Traffic Accident Analysis (TAA) ditugaskan untuk menganalisis penyebab kecelakaan beruntun ini. Terdapat kesimpulan sementara di mana ada kemungkinan sopir GranMax mengalami kelelahan hingga microsleep. Sopir mobil GranMax merupakan pengemudi travel tidak resmi yang telah melakukan perjalanan Jakarta-Ciamis selama 4 hari sebelum mengalami kecelakaan maut ini.

Analisis penyebab kecelakaan [Sumber Gambar]
Hal ini didapat dari para saksi yang mengetahui kegiatan sang sopir sebelum ini. Tidak hanya kerja melebihi waktu dan mengalami kekalahan, penumpang GranMax juga melebihi kapasitas. Seharusnya, mobil tersebut hanya diisi 9 orang, namun diisi hingga 12 orang.

Identifikasi Korban

Evakuasi korban kecelakaan maut KM 58 Tol Cikampek [Sumber Gambar]
Jenazah 12 korban meninggal dunia yang terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan ini kemudian dievakuasi ke RSUD Karawang. Kemudian mereka dipindahkan ke RS Polri untuk dilakukan pengecekan identitas. Petugas melakukan pemeriksaan antemortem dan post-mortem dengan mengambil jaringan tubuh korban dan properti yang tersisa untuk mengetahui identitas korban. Dari pemeriksaan tersebut, akhirnya terungkap identitas 12 korban berdasarkan gigi, DNA, dan properti.

BACA JUGA: 

Kecelakaan maut yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek ini merupakan sebuah kejadian nahas yang merenggut 12 nyawa. Penyebab kecelakaan kemungkinan karena microsleep, di mana hal tersebut sangatlah berbahaya. Pentingnya untuk beristirahat dan mengemudi dengan keadaan tidak mengantuk juga kelelahan.

Share
Published by
H

Recent Posts

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 days ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

3 days ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

4 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

5 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

6 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 week ago