in

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari Senin (8/4) lalu. Terdapat 3 kendaraan yang terlibat, yaitu satu bus dan dua mobil. Dari kecelakaan tersebut, menyebabkan kematian 12 orang di tempat kejadian. Berikut kronologi dan ulasan selengkapnya.

Kronologi Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.15 WIB saat sebuah mobil GranMax melaju dari arah Cikampek menuju Jakarta. Kala itu sedang ada rekayasa lalu lintas contraflow di jalan tol tersebut. Mobil Granmax tersebut mengarah ke bahu jalan, sehingga masuk ke jalur B yang mengarah ke Jakarta. Dari arah Cikampek, ada bus Primajasa melaju yang tidak bisa menghindar hingga akhirnya menabrak mobil tersebut. Seketika, mobil GranMax langsung terbakar. Tak lama kemudian, sebuah mobil Terios menabrak dan juga ikut terbakar.

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek
Kendaraan terbakar seketika [Sumber Gambar]
Dari kecelakaan maut ini, terdapat 12 korban meninggal dunia yang keseluruhannya berasal dari sopir dan penumpang mobil GranMax. Mereka meninggal dunia di tempat dengan keadaan luka bakar berat karena mobil terbakar hebat. Terdapat 3 korban dari bus yaitu kondektur dan penumpang, di mana seorang mengalami luka berat dan dua orang mengalami luka ringan. Sedangkan mobil Terios yang ikut terbakar, tidak ada korban.

Penyebab Kecelakaan

Tim Traffic Accident Analysis (TAA) ditugaskan untuk menganalisis penyebab kecelakaan beruntun ini. Terdapat kesimpulan sementara di mana ada kemungkinan sopir GranMax mengalami kelelahan hingga microsleep. Sopir mobil GranMax merupakan pengemudi travel tidak resmi yang telah melakukan perjalanan Jakarta-Ciamis selama 4 hari sebelum mengalami kecelakaan maut ini.

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek
Analisis penyebab kecelakaan [Sumber Gambar]
Hal ini didapat dari para saksi yang mengetahui kegiatan sang sopir sebelum ini. Tidak hanya kerja melebihi waktu dan mengalami kekalahan, penumpang GranMax juga melebihi kapasitas. Seharusnya, mobil tersebut hanya diisi 9 orang, namun diisi hingga 12 orang.

Identifikasi Korban

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek
Evakuasi korban kecelakaan maut KM 58 Tol Cikampek [Sumber Gambar]
Jenazah 12 korban meninggal dunia yang terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan ini kemudian dievakuasi ke RSUD Karawang. Kemudian mereka dipindahkan ke RS Polri untuk dilakukan pengecekan identitas. Petugas melakukan pemeriksaan antemortem dan post-mortem dengan mengambil jaringan tubuh korban dan properti yang tersisa untuk mengetahui identitas korban. Dari pemeriksaan tersebut, akhirnya terungkap identitas 12 korban berdasarkan gigi, DNA, dan properti.

BACA JUGA: 

Kecelakaan maut yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek ini merupakan sebuah kejadian nahas yang merenggut 12 nyawa. Penyebab kecelakaan kemungkinan karena microsleep, di mana hal tersebut sangatlah berbahaya. Pentingnya untuk beristirahat dan mengemudi dengan keadaan tidak mengantuk juga kelelahan.

Written by H

Kematian Ibu Muda di Gresik

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Babe Cabita Meninggal Dunia

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya