Trending

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak putri Disney. Keduanya juga memiliki keluarga kecil bersama dua anak yang lucu dan pintar. Banyak orang menjadikan pasangan ini sebagai couple goals.

Tapi sayangnya, belakangan nama mereka diperbincangkan publik karena kasus yang menyeret nama suami Sandra Dewi. Ialah dugaan kasus korupsi oleh Harvey Moeis. Berikut ulasan selengkapnya.

Ditahan Kejaksaan Agung

Pengusaha Harvey Moeis diduga menjadi salah satu bagian dalam kasus korupsi timah. Tepatnya Tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung dan langsung dilakukan penahanan. Harvis ditahan di Rumah Tahanan Negara Salemba Cabang Kejaksaan Agung mulai 27 Maret hingga 15 April. Penahanan selama 20 hari dilakukan guna proses penyidikan.

Harvey Moeis saat ditahan [Sumber Gambar]
Korupsi penambangan liar yang dilakukan Harvey dan sejumlah tersangka ini diketahui sudah berjalan sejak lama, yaitu periode 2015-2022. Sebelum Harvey, ditetapkan beberapa tersangka lain. Di antaranya crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Helena Lim dan mantan Direktur Utama PT Timah periode 2016-2021 Mochtar Riza Pahlevi Tabrani. Sejauh ini sudah ada 16 tersangka.

Peran Harvey Moeis

Peran Harvey dalam kasus ini yaitu sekitar tahun 2018-2018, ia sebagai perwakilan PT Refined Bangka Tin (RBP) diduga menghubungi Riza untuk meminta akomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah. Ia kemudian memerintahkan para smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungan dari usahanya, lalu dibagi untuk Harvey dan sejumlah tersangka lain.

Mantan Direktur Utama PT Timah Riza Pahlevi [Sumber Gambar]
Kasus korupsi ini menyebabkan kerugian lingkungan hingga Rp271 triliun. Jumlah tersebut ialah kerugian dalam kawasan hutan dan non-kawasan hutan, di mana kerugian ditimbulkan dari kerusakan hutan di Bangka Belitung. Namun, kerugian lingkungan masih dalam tahap penghitungan, sehingga jumlah Rp271 triliun belum final.

Dijatuhi Hukuman

Sebabkan kerugian lingkungan hingga ratusan triliun [Sumber Gambar]
Akibat aksinya, Harvey terjerat Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang RI tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sandra Dewi sendiri belum bisa menjenguk suaminya karena masih melalui proses penyesuaian di rutan. Imbas dari terseretnya sang suami dalam kasus korupsi ini, Sandra Dewi dilepas jadi brand ambassador sebuah brand.

BACA JUGA: Level Tajir Sandra Dewi: Sewa 1 Gedung Bioskop untuk Nonton Disney Aladdin

Tidak sebentar, penambangan liar yang dilakukan Harvey Moeis dan sejumlah tersangka lain berjalan selama bertahun-tahun. Baru terkuak sekarang, semoga semakin terbuka jalan untuk mengetahui lebih banyak fakta lainnya.

Share
Published by
H

Recent Posts

Kecelakaan Bus Siswa SMK Lingga Kencana Depok, Diduga Rem Blong

Kecelakaan maut yang melibatkan bus, mobil, dan motor terjadi di Subang, Jawa Barat. Bus tersebut…

6 days ago

Epy Kusnandar Ditangkap karena Penyalahgunaan Narkoba, Ia Diduga Mengalami Depresi

Penyalahgunaan narkoba di kalangan artis sudah berkali-kali terungkap, salah satunya yang baru saja terjadi adalah…

1 week ago

3 Fakta Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Cincin hingga Mualaf

Dua penyanyi Indonesia tengah berbahagia, tepatnya Rizky Febian dan Mahalini, sebab mereka baru saja mengikat…

1 week ago

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

2 weeks ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

2 weeks ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

3 weeks ago