Trending

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat banyak pihak kecewa. Sebelumnya, ia disanjung karena kepeduliannya terhadap sang ibu yang tengah sakit dan kondisi anaknya yang mengalami keterlambatan berbicara. Namun kini berbalik menjadi bahan kritik netizen setelah terlibat dalam kontroversi dugaan penipuan uang donasi ratusan juta. Berikut ulasan selengkapnya.

Buka Penggalangan Dana

Sejak 2021, Singgih membuka penggalangan dana melalui Kitabisa untuk pengobatan ibunya yang tengah sakit gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah. Selain itu, ia juga membuka galangan dana lain untuk membantu anaknya yang mengalami kesulitan berbicara (speech delay).

Penggalangan dana yang dibuka Singgih Sahara [Sumber Gambar]
Namun, netizen mulai curiga karena Singgih meminta bantuan di platform lain juga. Tidak hanya melalui penggalangan dana di Kitabisa, Singgih juga kerap meminta donasi secara pribadi melalui direct message (DM) di X. Ke beberapa pihak, ia disebut bisa meminta 20-30 juta.

Mendapat Dana Bantuan 250 Juta

Zulfikar, salah satu pihak yang menjembatani antara para korban dan Singgah, menemui Singgah pada Rabu (20/3) untuk melakukan mediasi, bersama dengan pihak Kitabisa. Dalam mediasi tersebut, terkuaklah bahwa Singgih memang menyalahkan sebagian donasi yang sebenarnya diperuntukkan ibu dan anaknya.

Singgih Sahara, keluarga, dan pihak Kitabisa [Sumber Gambar]
Sejak tahun 2021, Singgah telah mendapatkan dana bantuan hingga Rp250 juta. Beberapa memang digunakan untuk biaya pengobatan dan penunjangnya, seperti transportasi ke rumah sakit, pembelian susu, hingga mainan untuk terapi anak. Namun, sisanya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Menyalahgunakan Dana Bantuan

Singgih pun mengaku bahwa ibunya hanya mendapat sebesar Rp50 juta untuk biaya pengobatan. Selain itu, ternyata pengobatan sang ibu juga sudah tertutup BPJS. Sebanyak Rp200 juta ia gunakan untuk biaya pribadi. Di antaranya untuk membeli game PlayStation, membayar pinjaman online yang dilakukan sebelum membuka donasi, membayar kontrakan, hingga membeli iPhone. Saat disebut untuk judi online, Singgih menyanggahnya.

Mediasi dengan Singgih Sahara [Sumber Gambar]
Awalnya, ia memang membuka galangan donasi untuk kebutuhan biaya ibunya yang sakit. Tapi karena melihat banyak yang membantu, akhirnya ia tergiur menggunakannya untuk menutup utang dan membeli barang pribadi. Akun Kitabisa milik Singgah pun ditutup dan sisa uang donasi yang belum ditarik akan disalurkan ke penerima bantuan lain.

BACA JUGA: 9 Artis Ini Rela Blusukan Demi Galang Dana dan Lakukan Aksi Sosial

Singgih pun diminta untuk membuat pernyataan tertulis bermaterai untuk memastikan bahwa ia akan mengembalikan selisih donasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, imbas dari penyalahgunaan dana donasi ini, membuat Singgih dikeluarkan dari Komunitas Stand Up Comedy kota Semarang sejak Sabtu (23/3). Ia juga masuk dalam daftar hitam dari segala kegiatan komunitas karena dianggap telah melanggar etika dan moral.

Share
Published by
H

Recent Posts

Kecelakaan Bus Siswa SMK Lingga Kencana Depok, Diduga Rem Blong

Kecelakaan maut yang melibatkan bus, mobil, dan motor terjadi di Subang, Jawa Barat. Bus tersebut…

6 days ago

Epy Kusnandar Ditangkap karena Penyalahgunaan Narkoba, Ia Diduga Mengalami Depresi

Penyalahgunaan narkoba di kalangan artis sudah berkali-kali terungkap, salah satunya yang baru saja terjadi adalah…

1 week ago

3 Fakta Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Cincin hingga Mualaf

Dua penyanyi Indonesia tengah berbahagia, tepatnya Rizky Febian dan Mahalini, sebab mereka baru saja mengikat…

1 week ago

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

2 weeks ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

2 weeks ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

3 weeks ago