Categories: Tips

5 Jasa Besar Mao Zedong ini Berhasil Membuat Tiongkok Merajai Dunia

Layaknya Soekarno bagi kita, begitulah orang-orang Tiongkok memandang sosok bernama Mao Zedong. Pria ini dianggap sebagai kunci titik balik Tiongkok, di mana dulu mereka begitu lemah dan gampang ditindas, perlahan menjadi bangsa besar yang seolah tak terbendung kekuatannya. Mao, orang-orang Tiongkok sangat berterima kasih untuk apa yang sudah dilakukan sosok ini.

Begitu dielu-elukan bukan berarti Mao adalah orang yang sempurna. Tercatat ia pernah melakukan berbagai macam kegilaan yang sadis. Salah satunya yang paling terkenal adalah matinya jutaan orang Tiongkok ketika negeri tirai bambu itu ada di tangannya. Meskipun demikian, jasanya dianggap lebih besar dan penting karena memang berhasil mengubah Tiongkok yang lemah menjadi digjaya.

Ada begitu banyak hal sangar yang dilakukan seorang Mao Zedong kepada Tiongkok dan bikin negara satu itu menggila seperti hari ini. Simak ulasannya berikut.

1. Mao Berperan Aktif Menyudahi Penjajahan Jepang Atas Tiongkok

Penjajahan Jepang atas Tiongkok adalah salah satu kolonialisme paling kejam sepanjang sejarah. Tercatat kala itu Jepang benar-benar melampiaskan kebiadabannya dengan sangat parah. Mereka membunuh orang-orang Tiongkok seperti binatang, dan memperkosa wanita-wanitanya seperti mainan usang. Tak heran, sampai hari ini orang-orang Tiongkok masih menyimpan dendam kesumat meskipun pemerintah Jepang pernah meminta maaf.

Mao Zedong ketika bersama Pasukannya [Image Source]
Nah, di masa penjajahan yang mencekam itu, banyak terjadi perlawanan. Salah satunya dilakukan oleh Pasukan Merah yang diprakarsai oleh Mao Zedong. Ketika itu Mao dan tentaranya ini menyusuri daerah-daerah yang dikuasai Jepang. Usaha ini bisa dibilang berhasil, hingga akhirnya di tahun 1945 Jepang benar-benar minggat dari Tiongkok.

2. Mengurangi Jumlah Penduduk Miskin Dengan Cara yang Sangar

Tiongkok di masa lalu benar-benar lemah secara ekonomi. Mungkin memang ada orang kaya di sana, tapi tidak sebanyak seperti sekarang jumlahnya. Hal ini pun jadi perhatian besar Mao. Alhasil, sang pemimpin ini kemudian memberlakukan aturan yang bisa dibilang sadis, namun memberikan dampak yang lumayan besar.

Sosok Mao yang diagungkan rakyat [Image Source]
Ketika itu, Mao menyatakan jika para tuan tanah yang kaya harus membagi kekayaannya kepada sesama yang miskin. Kalau enggan, mereka akan dieksekusi. Sangat ekstrem caranya, tapi berhasil cukup besar. Ketika cara ini diberlakukan memang banyak orang-orang yang tak benar-benar bersalah mati, tapi hasilnya luar biasa.

3. Kesalahan yang Dibayar Dengan Perbaikan Mencengangkan

Pernah pada suatu ketika Mao pernah melakukan kesalahan besar. Saat itu ia menciptakan semacam program untuk menggenjot tinggi hasil pertanian. Sayangnya, ia lupa tidak memperhatikan banyak aspek penting. Langkah ini adalah sejarah terburuk dalam kepemimpinan Mao. Rakyat malah sengsara karena pertanian justru anjlok.

Kesalahan besar Mao di bidang pertanian [Image Source]
Tak seperti diktator lain, Mao kemudian mengakui kalau langkah ini adalah kesalahan. Segera ia meminta maaf untuk apa yang telah terjadi, dan berjanji akan segera melakukan perbaikan untuk menebusnya. Kata-kata ini bukan cuma pemanis bibir dan pepesan kosong saja, setelah itu memang Mao merevolusi banyak hal di bidang ekonomi dan akhirnya sukses membangunkan Tiongkok dari tidur panjangnya.

4. Mao Mengawali Kesukaan Tiongkok Mengeksekusi Koruptor

Tiongkok yang sekarang sangat anti dengan koruptor. Ya, seperti yang kamu tahu, di sana sudah banyak sekali oknum koruptor yang berakhir di gantungan. Dunia pun kagum dengan langkah hebat Tiongkok ini. Nah, jika dilihat lagi ke belakang, sebenarnya Tiongkok adalah negara korup, bahkan ketika bangsa ini masih berbentuk dinasti. Hingga akhirnya kemunculan Mao Zedong mengubah banyak hal.

Hukuman mati di Tiongkok sudah dilakukan sejak zaman Mao [Image Source]
Ya, Mao lah pioner untuk pemberantasan korupsi di Tiongkok. Ia mengawali langkah-langkah pemberantasan korupsi dengan menggantung orang-orang yang terbukti menyimpan apa yang bukan haknya. Siapa sangka jika hal ini kemudian ditiru oleh para pemimpin-pemimpin setelahnya sampai hari ini.

5. Membangun Militer Tiongkok Menjadi Gila

Tiongkok di masa lalu sama sekali tidak ada hebat-hebatnya soal militer. Ketika masih menjadi dinasti, mereka gampang sekali dibikin mainan oleh Mongol. Bahkan di era 1900an mereka juga dengan gampangnya dilumat oleh Jepang. Namun, hari ini semuanya berubah. Tiongkok yang dulu cupu, kini menjadi salah satu kekuatan militer paling disegani di muka Bumi.

Militer Tiongkok di masa Mao Zedong [Image Source]
Tiongkok tidak tiba-tiba melejit, mereka melewati satu titik balik dan hal itu terjadi saat Mao Zedong memimpin. Di masanya, Mao mulai merevolusi total militer Tiongkok. Ia membangun segala aspek dengan dalam dan juga menyeluruh. Di masanya pula Tiongkok pada akhirnya memiliki nuklir.

BACA JUGA: 5 Desa Paling Edan di Dunia Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Tiongkok

Inilah hal-hal hebat yang dilakukan Mao kepada Tiongkok. Sangat besar, bahkan bisa dibilang tanpa dirinya negeri tirai bambu pasti masih ecek-ecek hingga hari ini. Terlepas dari kegilaan apa yang juga pernah dilakukannya, Mao sampai kapan pun akan selalu diingat sebagai sosok pahlawan yang sangat berjasa.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago