Categories: Tips

7 Fakta Tentang India yang Harus Anda Tahu

Setahun terakhir ini, ‘serangan’ serial India di Indonesia telah berhasil mengalihkan perhatian pemirsa televisi dari program-program joget ke drama-drama menarik seputar sejarah dan juga percintaan. Artis-artis drama India jadi populer di Indonesia bahkan beberapa di antaranya kini tinggal di tanah air dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Cara Ekstrim Orang Tua di India Memberikan Anaknya Contekan Saat Ujian

Di balik kejayaan film-filmnya, ternyata negeri yang kaya dengan warna dan budaya ini juga memiliki banyak fakta ironis. Tahukah Anda bahwa tingkat aborsi di India itu paling tinggi di dunia? Wow, apa ya penyebabnya? Tidak hanya itu, masih ada fakta-fakta lain yang akan membuat Anda terkejut:

1. Bernafas di Mumbai Sama Dengan Merokok 100 Batang Sekaligus

Masalah utama di negara-negara berkembang selain ledakan penduduk adalah kualitas lingkungan dan tempat tinggal. Mumbai sebagai salah satu kota besar di India, memiliki kualitas udara yang luar biasa buruk. Polusinya membuat oksigen untuk bernapas jadi tercemar dan tidak layak hirup.

Mumbai (c) thefridaytimes

Menurut penelitian, jika Anda tinggal di Mumbai maka tiap harinya Anda menghirup udara itu sama dengan merokok 100 batang sekaligus. Bisa dibayangkan bukan betapa beratnya polusi di sana?

2. Tiap Jam, Perempuan di India Meninggal Karena Kekerasan

Jika Anda kerap membaca berita mengenai angka pemerkosaan di India yang tinggi, rupanya kaum wanita di sana memang susah sekali untuk hidup tenang. Menurut statistik, tiap jamnya ada 1 wanita di negeri bollywood ini meninggal dunia karena kekerasan.

Meninggal Karena Kekerasan (c) ibtimes

Entah itu kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual bahkan juga penjambretan serta pencurian. Ini jadi PR besar bagi pemerintah India untuk menjamin keselamatan warganya.

3. Angka Aborsi di India Paling Tinggi di Dunia

Aborsi adalah tindakan yang dilarang di Indonesia, kecuali jika memang sang janin sudah tidak tertolong lagi atau mengancam nyawa ibu yang mengandungnya. Di India, angka menggugurkan kandungan secara paksa ini sangat tinggi dan terbanyak di dunia. Sedihnya, para Ibu yang hamil anak perempuanlah yang sering melakukannya.

Aborsi di India (c) npr

Saat mereka tahu bahwa anak yang ada di dalam kandungan adalah perempuan, pasangan di India banyak yang memilih untuk mengaborsi anak tersebut. Kasihan sekali ya? Padahal apapun gendernya, kita semua berhak hidup di dunia ini.

4. Pernikahan dengan Anjing Jadi Hal Biasa di India

Wah, mengejutkan sekali bukan? Padahal harusnya manusia juga menikah dengan sesama manusia. Namun di India sepertinya memiliki kultur yang berbeda. Di sana, baik pria ataupun wanita menikahi seekor anjing bukanlah hal yang aneh.

Wanita Menikah Dengan Anjing (c) youtube

Bagi pria, menikah dengan anjing adalah salah satu cara penebusan dosa. Sedangkan bagi wanita, biasanya jika seorang tetua mengatakan bahwa desa yang mereka tinggali akan dilanda bencana maka salah satu cara menghindarinya adalah menikahkan gadis muda dengan anjing kampung sebagai bentuk persembahan agar dijauhkan dari hal buruk. Wow, bagaimana ya rasanya menikah dengan binatang?

5. Orang di India Lebih Banyak Punya Handphone daripada Toilet

Sanitasi di India terkenal buruk dan menjadi masalah sejak dulu. Banyak anak-anak India yang jatuh sakit akibat tangannya kotor dan tidak membersihkan diri menggunakan sabun. Tapi ada 1 fakta yang mengejutkan, warga India lebih memilih memiliki handphone daripada toilet yang bersih!

Toilet di India (c) jeevika

Dalam 1 rumah di India belum tentu ada toilet yang memadai namun rata-rata penghuninya memiliki HP. Wah padahal biaya membangun sanitasi dan toilet yang layak itu tidak jauh beda dengan harga ponsel ya?

6. Tenaga IT di Seluruh Dunia, Separuhnya adalah Orang India

Walau banyak memiliki masalah seputar lingkungan dan perekonomian, ada 1 hal yang membanggakan dari India. 50% dari pekerja yang bergerak di bidang IT, adalah orang India dan sebagian besar tinggal di India. Tidak heran jika banyak developer software dan aplikasi yang memiliki wajah layaknya pemeran pandawa lima di serial Mahabarata.

Developer IT 50% adalah orang India (c) androidpolice

Perputaran uang di bidang IT yang digeluti oleh orang India juga sangat besar. 47 Milyar dollar Amerika pertahunnya, bukan angka yang main-main bukan.

7. Cherrapnuji, Kota Terbasah di Dunia

Saat musim hujan datang, segala hal di sekeliling kita terasa basah dan becek. Terlebih jika matahari tak kunjung bersinar, ada genangan air di mana-mana. Nah walau India terkesan ‘panas’ tapi ternyata ada satu kota yaitu Cherrapnuji yang curah hujan pertahunnya sangat tinggi.

Cherrapunji (c) wikipedia

Tiap tahun, kota ini menerima total 425 inchi curah hujan tiap tahunnya. Bisa dibayangkan jika sistem pengairannya buruk, wah bisa banjir banda tiap hari dong.

Baca Juga : Bocah India Yang Disebut Google Karena Tau Segalanya

Itulah beberapa fakta yang mencengangkan tentang negara asal Shahrukh Khan ini. Ternyata, banyak fakta yang ironis dan dramatis seperti film-filmnya ya.

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago