Tips

Mata Perih Terkena Pedasnya Cabai? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Setelah makan pedas, biasanya orang-orang langsung saja mencuci tangannya. Ini dilakukan supaya tangan tidak panas dan menghindari perih pada mata ketika kita tak sengaja menyentuh organ vital tersebut. Namun terkadang cuci tangan enggak sepenuhnya bisa untuk menghilangkan pedas tersebut. Jadinya, saat menyentuh mata, akhirnya indra penglihatan kita tersebut ikut perih terkena pedasnya cabai.

Nah, kalau sudah begitu, rasanya bingung ingin berbuat apa. Alasannya karena kalau kita mencoba untuk menggosok mata, alhasil salah satu organ vital tersebut semakin perih. Akan tetapi, ternyata ada cara-cara tertentu nih untuk menghilangkan rasa perih di mata akibatnya pedasnya cabai yang sangat mengganggu tersebut.

Mata perih kena pedas cabai [Sumber Gambar]
Pertama-tama, cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan susu. Loh, kok bisa? Ya itu karena minuman sehat tersebut bisa membantu menetralisir zat capsaicin yang ada pada cabai. Nah, zat capsaicin itu merupakan senyawa pada cabai yang memunculkan sensasi seperti terbakar. Kemudian, susu juga akan menghilangkan minyak yang menyebabkan rasa perih pada mata. Untuk menggunakannya, kita bisa membilas mata secara perlahan dengan susu sampai indra penglihatan sudah tidak merasakan perih kembali. Eits, tapi jangan lupa juga untuk membersihkan tangan dahulu sebelum membilas mata ya. Lalu pakai susu tawar atau UHT untuk membilas mata kita.

Menggunakan susu tawar [Sumber Gambar]
Kemudian, cara selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan memakai larutan garam. Mungkin kalian mengira, ini akan menjadikan mata semakin perih. Padahal, itu tidak benar Sahabat Boombastis, karena memang larutan garam sudah digunakan sejak dulu untuk menghilangkan rasa pedas di mata akibat cabai. Kalau ingin menggunakan cara ini, cukup dengan membilasnya saja dengan air garam. Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah gunakan handuk atau lap bersih sebagai perantara antara tangan dan mata. Jika langsung menggunakan tangan, bisa membuat kapiler aktif, sehingga mata bisa menjadi lebih perih.

Memakai larutan garam [Sumber Gambar]
Lalu, ada alternatif lain yang paling mudah jika ingin menghilangkan pedas di mata. Adalah menggunakan air dingin. Caranya cukup dengan membilas mata dengan air dingin. Atau bisa juga dengan menaruh air di dalam tempat, misalnya baskom, lalu tenggelamkan wajah dan membuka mata. Niscaya, mata tidak akan merasakan perih lagi.

Cara-cara di atas cukup mumpuni untuk menghilangkan rasa pedas di mata akibat cabai. Tapi, untuk melakukannya harus sabar dan jangan terburu-buru. Supaya mata bisa diobati dengan baik dan memperkecil risiko terjadinya kesalahan. Kemudian, untuk menghindari terkena pedasnya cabai, cuci tangan dengan benar dan agak lama supaya zat capsaicin benar-benar hilang. Lalu, jika ingin memotong cabai atau lain sebagainya, harus dilakukan dengan perlahan supaya tidak menciprati mata.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

8 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago