Categories: Tips

5 Fakta Sangar DEVGRU, Pasukan Spesial Rahasia AS yang Ditakuti Dunia

Ada begitu banyak alasan kenapa Amerika menjadi negara dengan militer nomor wahid di muka Bumi. Tak cuma lantaran alutsista yang melimpah atau banyaknya jumlah tentara, mereka sangar juga karena memiliki banyak pasukan spesial yang terbukti mengerikan, mulai dari Navy Seal sampai Delta Force.

Masih soal pasukan elit AS, dalam tubuh militer mereka juga ada satu pasukan yang sangat rahasia, entah jumlah ataupun kemampuannya. Ya, namanya adalah United States Naval Special Warfare Development Group (NSWDG), atau yang dikenal pula dengan Seal Team Six ataupun DEVGRU. Pasukan satu ini adalah salah satu yang paling mematikan milik AS. Hal tersebut terbukti dengan puluhan misi yang pernah dilakukannya dan rata-rata sukses besar.

Baca Juga :5 Fakta Unik Macedonia, Mantan Negara Penguasa Dunia yang Kini Hanya Selebar Jawa Tengah

Tak seperti Navy SEAL atau Delta Force, DEVGRU cukup dirahasiakan. Meskipun begitu, pamornya sendiri justru makin mencuat. Lebih jauh soal pasukan spesial super rahasia ini, berikut adalah fakta-fakta DEVGRU yang mungkin belum kamu ketahui.

1. DEVGRU Diisi Oleh Orang-Orang Gila

Kalau dilihat dari hierarkinya, DEVGRU merupakan turunan dari Navy SEAL. Maka secara tak langsung kita bisa tahu orang-orang macam apa yang ada di dalamnya. Ya, pasukan super duper spesial ini berisikan anggota terbaik Navy SEAL yang sudah mengikuti berbagai seleksi dan latihan. Best of the best of the best, kata inilah yang paling pas untuk mendefinisikan DEVGRU.

Anggota DEVGRU [Image Source]
Anggota DEVGRU adalah level up dari pasukan Navy SEAL. Artinya, dalam segala hal mereka sangat berbeda dan jauh lebih mematikan. Salah seorang mantan Navy SEAL mengatakan jika anggota DEVGRU itu adalah orang-orang gila. Secara fisik mereka lebih tangguh, intelijensi juga di atas rata-rata, serta kemampuan berperang yang sangat mematikan. Dari sini kita bisa bayangkan mereka seperti apa, kan?

2. DEVGRU Sangat-Sangat Rahasia

Tidak salah menyebut DEVGRU sama seperti setan, ada tapi tidak ada, tidak ada tapi ada. Ya, hal ini dikarenakan segala hal tentangnya adalah sesuatu yang sangat rahasia. Tak hanya soal berapa jumlah anggotanya, kemampuan, peralatan tempur yang dipakai dan lainnya, semua tak pernah diketahui dengan jelas.

DEVGRU sangat rahasia [Image Source]
Tak hanya rahasia bagi masyarakat umum, DEVGRU sendiri juga cukup rahasia di kalangan para tentara AS. DEVGRU juga sangat dijaga kerahasiaannya oleh para elit politik AS termasuk petinggi militer. Hal ini terlihat dari bagaimana ketika orang-orang elit militer selalu menjawab dengan sangat berhati-hati ketika ditanya soal DEVGRU.

3. Latihan DEVGRU Bagai di Neraka

Meskipun sangat rahasia, namun setidaknya masih ada beberapa hal yang bisa kita kulik tentang pasukan mematikan ini, termasuk bagaimana mereka latihan. Ya, sebagai pasukan super elit, mereka tentu punya menu latihan yang tak main-main. Tak seperti Hell Week-nya Navy SEAL, latihan yang dilakukan DEVGRU jauh lebih mematikan.

Latihan seperti perang nyata [Image Source]
Tak lagi soal fisik, yang dilakukan DEVGRU kebanyakan adalah simulasi-simulasi. Tapi, mereka melakukan ini seperti asli. Makanya, cukup sering tersebar kabar anggota-anggota DEVGRU yang tewas dalam latihan. Mereka melakukan training ketat dalam waktu yang cukup sering. Alhasil, kemampuan mematikan mereka terus bisa ter-maintain.

4. Misi-Misi Gila yang Pernah Dilakukan DEVGRU

Dibentuk pada tahun 1980, tentu saja DEVGRU sudah melakukan banyak misi. Akan sangat panjang kalau kita membahas apa-apa saja yang sudah mereka lakukan. Namun yang jelas, kalau dihitung satu-satu, jumlah misi yang sudah mereka jalankan berjumlah puluhan. Dan rata-rata berhasil sangat memuaskan.

Foto penyerangan markas Osama [Image Source]
Salah satu misi yang paling terkenal adalah penyergapan dedengkot Al Qaeda, Osama Bin Laden yang berakhir dengan tewasnya sang pemimpin itu. Banyak diberitakan jika Osama tewas oleh Navy SEAL, padahal ia dimatikan oleh DEVGRU. Hal ini memang disengaja agar tak banyak orang yang bakal penasaran dengan DEVGRU mengingat kerahasiaannya yang dijaga sangat ketat.

5. DEVGRU Terbagi Jadi Tim Kecil dengan Tugas yang Berbeda

Dalam melakukan misinya, DEVGRU ternyata tak seperti satuan lain yang seringnya raid alias serbu beramai-ramai. Komandan DEVGRU selalu menugaskan satuan ini untuk dipecah lagi menjadi tim-tim kecil. Masing-masing tim ini sendiri punya tugas yang berbeda. Mulai dari tim serbu, sampai intai.

Tim kecil DEVGRU [Image Source]
Hal yang unik dari pembagian tim ini adalah masing-masing anggotanya yang berjumlah sangat sedikit. Satu tim setidaknya hanya diisi tiga orang saja yang dikepalai seorang ketua. Tapi, meskipun hanya sedikit seperti itu, mereka justru lebih cekatan dan tangkas dalam melakukan misinya.

Baca Juga :5 Fakta Mengejutkan Dibalik Penjajahan Belanda yang Wajib Kamu Ketahui

Inilah fakta mematikan tentang DEVGRU, pasukan paling mematikan AS yang sangat rahasia. Sekilas kalau dilihat dan dikomparasikan dengan militer Indonesia, DEVGRU ini kurang lebih sama seperti Denjaka yang mana mereka merupakan pasukan khusus di dalam pasukan khusus. Denjaka sendiri juga sangat rahasia, informasi yang ada pun juga yang umum saja.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago