5 Fakta Unik Macedonia, Mantan Negara Penguasa Dunia yang Kini Hanya Selebar Jawa Tengah

oleh Rizal
14:03 PM on Jul 19, 2016

Hari ini tak banyak orang yang begitu tahu tentang Macedonia. Masuk akal memang, karena negara ini sangat kecil jika dibandingkan dengan negeri-negeri Eropa lainnya. Ya, dengan luas hanya sekitar 25 ribu kilometer, mayoritas orang pasti melewatkannya ketika membaca peta. Ironis sebenarnya apalagi jika ingat masa lalu negara ini yang benar-benar jemawa di dunia.

Ya, mereka dulu adalah salah satu kerajaan paling hebat di muka Bumi. Mereka menguasai wilayah yang sangat luas meliputi Yunani memanjang hingga persia dan India. Namun, kini cerita hebat mereka sudah usai dan berganti sebagai Macedonia yang kita tahu sekarang. Meskipun tidak lagi jumawa, namun negara ini tetap tak bisa diacuhkan sebagai salah satu destinasi oke dunia.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Ada begitu banyak hal unik yang bisa kita jumpai di negerinya Alexander The Great ini. Mulai dari tempat sampai kejadian-kejadian mencengangkan yang pernah terjadi di sana. Apa saja hal tersebut? Simak ulasannya berikut.

1. Macedonia Punya Salib Terbesar di Dunia

Setiap negara pasti punya landmarknya sendiri. India dengan Taj Mahal-nya, Malaysia dengan Petronas dan sebagainya. Macedonia pun juga punya bangunan landmark seperti ini. Bentuknya sendiri adalah salib alias cross. Tentu bukan salib biasa lantaran ukurannya yang benar-benar besar.

Millenuim Cross [Image Source]
Millenuim Cross [Image Source]
Bernama Millenium, salib ini punya tinggi hingga 66 meter. Dengan tinggi seperti ini, Millenium pun digelari sebagai cross paling tinggi di dunia. Soal bangunan ini, sepertinya masih belum banyak orang yang tahu.

2. Salah Satu Negara di dunia yang Tak Punya Pantai

Pantai adalah satu obyek wisata yang bisa dibilang penting. Sayangnya, Macedonia tak memilikinya. Ya, jadi jika kamu ke sana dan mencari pantai, maka pihak agensi travel akan menertawaimu. Macedonia secara geografis memang tak memiliki pantai. Mereka berbatas darat dengan negara-negara di sekitarnya seperti Yunani dan Albania.

Peta Macedonia [Image Source]
Peta Macedonia [Image Source]
Meskipun pantai tak punya, Macedonia memiliki banyak sekali bukit-bukit yang indah. Uniknya lagi, saking banyaknya bukit yang ada di sana, tak semuanya pernah dijejaki oleh manusia. Bisa tuh kita ke sana kemudian memberi nama puncaknya.

3. Macedonia Pemilik Danau Paling Dalam Se-Eropa

Danau Ohrid adalah salah satu yang paling dicari para traveler ketika mereka menginjakkan kaki di Macedonia. Alasan kenapa danau ini begitu populer karena ia menampilkan pemandangan yang luar biasa. Lansekap danau yang luas dipadu dengan bukit-bukit yang indah.

Danau Ohrid [Image Source]
Danau Ohrid [Image Source]
Tak hanya pemandangan, alasan kenapa banyak orang ke sini adalah ingin tahu satu hal. Ya, membuktikan kedalaman Danau Ohrid. Dikatakan jika Ohrid adalah salah satu danau paling dalam di Eropa. Akan jadi pengalaman sendiri jika bisa melihat kedalaman danau ini secara langsung.

4. Pengangguran di Macedonia Lebih Parah daripada Indonesia

Dari alam kita beralih ranah sosial. Soal pengangguran misalnya, ternyata Macedonia adalah salah satu pemilik penduduk nganggur terbanyak. Kalau dilihat dari statistiknya, jumlah orang-orang Macedonia yang nganggur begitu banyak, bahkan sampai 55 persen dari total populasinya.

Pengangguran di Macedonia [Image Source]
Pengangguran di Macedonia [Image Source]
Ngerinya lagi dari prosentase pengangguran itu, rata-rata masih berusia sangat produktif yakni antara 15 sampai 24 tahun. Fakta ini menjadikan Macedonia salah satu negara paling banyak pengangguran di Eropa.

5. Macedonia Pernah Mengalami Kiamat Kecil

Meskipun terkesan adem ayem lantaran jarang pemberitaan, Macedonia ternyata pernah mengalami kejadian besar yang sangat diingat oleh warganya hingga hari ini. Ya, kejadian ini adalah tentang gempa yang terjadi di Skopje, ibukota Macedonia.

Gempa Skopje [Image Source]
Gempa Skopje [Image Source]
Di tahun 1963, kota ini diguncang oleh gempa dengan kekuatan 6,1 SR. Gempa ini pun langsung membuat Skopje kolaps. Sekitar 1.000 orang tewas seketika, 4.000 orang terluka serta 200 ribu orang kehilangan tempat tinggal. Yang paling parah, gempa ini menghancurkan sekitar 80 persen Skopje. Ngeri!

Nasib Macedonia ini kurang lebih sama seperti Mongolia. Ya, dua negara ini dulunya adalah penakluk dunia, namun hari ini kejemawaannya hanya tinggal cerita. Ditambah lagi wilayah Macedonia yang hanya seuplik kalau dibandingkan zaman Alexander dulu. Terlepas dari kisah kejayaan mereka di masa lalu, Macedonia tetap jadi salah satu negara yang layak untuk dikunjungi karena keindahannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA