Categories: Tips

5 Fakta Tentang Banyuwangi yang Akan Membuatmu Takut Tapi Pengen ke Sana

Entah kenapa ketika mendengar kata Banyuwangi, tiba-tiba saja bulu kuduk berdiri. Terkenang akan cerita-cerita horor tentang kota di ujung timur Jawa ini. Entah dahsyatnya teluh atau santetnya, hingga sederet tempat-tempat angker yang kini pamornya masih begitu kuat. Alhasil, mengunjungi kota ini pun rasanya seperti meminum jamu pahit. Malas, ogah dan tidak akan pernah.

Baca Juga : 3 Tokoh Besar yang Pernah Menyatukan Nusantara

Ya, rumor tentang Banyuwangi memang seperti itu di masyarakat. Walaupun sebenarnya ketakutan-ketakutan itu hanyalah opini pribadi yang tercipta gara-gara cerita-cerita miring. Padahal aslinya tempat ini jauh dari kata-kata suram, menyeramkan dan lain sebagainya. Ada begitu banyak hal yang akan membuatmu betah di sini. Entah lantaran deretan tempatnya yang unik, makanannya yang enak-enak, atau gadis-gadis Banyuwangi yang menyejukkan mata.

Nah, berikut adalah beberapa fakta tentang Banyuwangi. Memang kota ini menyimpan misteri dan kengerian namun keindahannya pasti akan bisa mengalahkan hal tersebut. Berikut ulasannya.

1. Teluh Lima Ribu Rupiah

Teluh atau santet sudah jadi trademark Banyuwangi. Hal ini memang benar adanya mengingat santet sudah jadi hal yang lumrah di masyarakat yang agaknya sudah sangat terbiasa dengan hal tersebut. Bahkan saking familiarnya santet, dulu ada sebuah jargon yang mengatakan cukup lima ribu rupiah saja sudah bisa pesan santet.

Santet adalah mindset kebanyakan orang tentang Banyuwangi [Image Source]
Unsur klenik di kota ini makin santer ketika terjadi tragedi dukun tahun 1998 lalu. Kejadian ini adalah pembantaian 100an orang dukun yang dicurigai menyebarkan santet untuk membunuhi orang-orang alim dan masyhur lewat pasukan ‘ninja’ -nya. Guru-guru ngaji, imam masjid atau ketua RT dan RW sering jadi korban para ninja ini. Fenomena tersebut menguap begitu saja dengan tidak ada kelanjutannya hingga saat ini.

Untungnya hal-hal mengerikan tentang santet dan sejenisnya yang ada di sini perlahan sudah mulai memudar. Ya, masyarakat Banyuwangi ingin menghapus stigma yang sudah lekat itu.

Selanjutnya :  Punya Tempat Paling Angker

2. Banyuwangi Punya Tempat Paling Angker Se-Indonesia

Keangkeran Banyuwangi tak cuma santet, di sini juga menyimpan satu lagi misteri yang juga tak kalah mengerikan pamornya. Di kota ini ada sebuah tempat yang bisa dibilang paling angker se-nusantara. Ya, apa lagi namanya kalau bukan Alas Purwo.

Alas Purwo, sekali tersesat jangan harap bisa kembali [Image Source]
Tempat ini konon dihuni oleh kerajaan gaib. Kadang pula diartikan sebagai tempat para setan, jin dan makhluk halus berkumpul. Tak hanya itu, tempat ini kondang sebagai spot semedi bagi orang-orang yang ingin menimba ilmu hitam. Alas Purwo berupa cagar alam yang masih alami. Di dalamnya masih banyak hewan-hewan buas, misalnya macam Jawa.

Tempat ini juga terkenal dengan kepercayaan barang siapa yang masuk ke dalamnya pasti takkan bisa keluar lagi. Kalaupun bisa keluar, maka hidupnya dijamin penuh kesialan. Tapi fakta Alas Purwo yang misterius ini justru memancing rasa penasaran bagi mereka yang suka beruji nyali dan melakukan hal-hal ekstrem.

Selanjutnya :  Plengkung Spot Selancar Kelas Dunia

3. Plengkung, Spot Selancar Kelas Dunia

Tinggalkan santet dan tempat angker, kini jelajahi megahnya Banyuwangi dengan mengunjungi spot-spot kerennya. Salah satu yang paling direkomendasikan ketika kamu ke sini adalah Pantai Plengkung. Tergabung dalam cagar alam Alas Purwo, Plengkung adalah pantai selancar kelas dunia yang namanya sudah sangat terkenal.

Plengkung jadi salah satu pantai dengan ombak paling keren se Dunia [Image Source]
Plengkung juga disebut G-Land, pasalnya ombak yang dihasilkannya berbentuk huruf G dan bisa setinggi 4-6 meter. Hanya tempat-tempat khusus yang bisa mempunyai ombak sebagus ini, salah satunya adalah Hawaii. Meskipun tak bisa bermain selancar, kamu bisa menikmati pantai yang masih asri ini dengan sekedar berjalan-jalan atau bermain di bibir pantainya. Atau bisa juga dengan menantikan sunset Plengkung yang katanya jadi salah satu spot paling indah di Indonesia.

Selanjutnya : Gadis Banyuwangi

4. Gadis Banyuwangi

Banyak yang mengatakan jika gadis Banyuwangi itu cantik-cantik, terutama penduduk aslinya yang bernama Osing itu. Sepertinya kamu tidak perlu meragukannya karena memang apa yang ada ya seperti itu. Gadis-gadis Banyuwangi terkenal sangat cantik dan mereka ibarat permata di dalam pasir, alias cantiknya alami.

Cantik dan menjaga adat, cuma gadis Banyuwangi yang bisa seperti itu [Image Source]
Tak hanya cantik, para gadis Banyuwangi juga sangat menjaga adat mereka. Entah tembang-tembang atau tarian-tarian tradisional. Sayangnya September sudah lewat, di bulan ini ada semacam acara adat bernama Gandrung. Acara ini mempertontonkan sekitar 1000an gadis Banyuwangi yang menari asyik di sebuah tepi pantai bernama Boom. Cantik dan masih sangat menjunjung adat, tidak banyak kan yang seperti ini di zaman sekarang?

Selanjutnya :  Kuliner Yang Sempurna

5. Kuliner Banyuwangi yang Sempurna

Selain tempat asyik dan gadis cantik, makanan adalah alasan kenapa seseorang menyukai suatu tempat. Kabar baiknya, di Banyuwangi kamu juga bisa mendapatkan yang satu itu. Yup, banyak makanan enak dan lezat di sini. Mulai sego tempong-nya yang mantap, sampai pecel pitiknya yang legendaris.

Pecel Pitik, salah satu kuliner Banyuwangi yang harus kamu coba [Image Source]
Soal kudapan, Banyuwangi juga punya jagoannya bernama kue bagiak. Bentuknya lonjong dengan ukuran 5 sentimeter, rasanya manis dan bikin ketagihan. Perjalananmu ke Banyuwangi takkan pernah sah tanpa membawa makanan ini sebagai oleh-oleh orang di rumah.

Baca Juga : 7 Tradisi Unik Mencari Jodoh yang Hanya Ada di Indonesia

Nah, lihat sendiri kan jika Banyuwangi tidak semenakutkan yang dikira. Memang tempat ini identik dengan hal-hal menyeramkan, namun lambat laun hal tersebut mulai memudar. Berganti Banyuwangi yang eksotis dan indah. Tak hanya tentang tempat dan makanan, tapi juga gadis-gadisnya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago