5 Fakta Tentang Banyuwangi yang Akan Membuatmu Takut Tapi Pengen ke Sana

oleh Rizal
12:58 PM on Nov 2, 2015

Entah kenapa ketika mendengar kata Banyuwangi, tiba-tiba saja bulu kuduk berdiri. Terkenang akan cerita-cerita horor tentang kota di ujung timur Jawa ini. Entah dahsyatnya teluh atau santetnya, hingga sederet tempat-tempat angker yang kini pamornya masih begitu kuat. Alhasil, mengunjungi kota ini pun rasanya seperti meminum jamu pahit. Malas, ogah dan tidak akan pernah.

Baca Juga : 3 Tokoh Besar yang Pernah Menyatukan Nusantara

Baca Juga
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas
10 Potret Cantiknya Lucinta Luna, Pedangdut ‘Duo Bunga’ yang Diisukan Transgender

Ya, rumor tentang Banyuwangi memang seperti itu di masyarakat. Walaupun sebenarnya ketakutan-ketakutan itu hanyalah opini pribadi yang tercipta gara-gara cerita-cerita miring. Padahal aslinya tempat ini jauh dari kata-kata suram, menyeramkan dan lain sebagainya. Ada begitu banyak hal yang akan membuatmu betah di sini. Entah lantaran deretan tempatnya yang unik, makanannya yang enak-enak, atau gadis-gadis Banyuwangi yang menyejukkan mata.

Nah, berikut adalah beberapa fakta tentang Banyuwangi. Memang kota ini menyimpan misteri dan kengerian namun keindahannya pasti akan bisa mengalahkan hal tersebut. Berikut ulasannya.

1. Teluh Lima Ribu Rupiah

Teluh atau santet sudah jadi trademark Banyuwangi. Hal ini memang benar adanya mengingat santet sudah jadi hal yang lumrah di masyarakat yang agaknya sudah sangat terbiasa dengan hal tersebut. Bahkan saking familiarnya santet, dulu ada sebuah jargon yang mengatakan cukup lima ribu rupiah saja sudah bisa pesan santet.

Santet adalah mindset kebanyakan orang tentang Banyuwangi [Image Source]
Santet adalah mindset kebanyakan orang tentang Banyuwangi [Image Source]
Unsur klenik di kota ini makin santer ketika terjadi tragedi dukun tahun 1998 lalu. Kejadian ini adalah pembantaian 100an orang dukun yang dicurigai menyebarkan santet untuk membunuhi orang-orang alim dan masyhur lewat pasukan ‘ninja’ -nya. Guru-guru ngaji, imam masjid atau ketua RT dan RW sering jadi korban para ninja ini. Fenomena tersebut menguap begitu saja dengan tidak ada kelanjutannya hingga saat ini.

Untungnya hal-hal mengerikan tentang santet dan sejenisnya yang ada di sini perlahan sudah mulai memudar. Ya, masyarakat Banyuwangi ingin menghapus stigma yang sudah lekat itu.

Selanjutnya :  Punya Tempat Paling Angker

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA