Tips

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Akibat Jika Terlalu Sering Pakai Semir Ban Motor

Demi terlihat oke di jalanan, banyak pengendara motor yang rela lakukan perawatan mahal untuk kuda besinya. Mulai dari spion, body dan juga knalpotnya yang dimodifikasi sesuai keinginan hati. Bahkan, bagian bawah juga tak luput untuk diperhatikan. Apalagi kalau bukan tentang ban.

Nah, biasanya para pemilik motor akan menggunakan semir ban. Tujuannya untuk membuat warna ban menjadi kinclong dan lebih hitam. Sehingga roda terlihat keren dan juga enak dipandang mata. Tapi apa Sahabat Boombastis tahu kalau sebenarnya semir ban ini memiliki dampak buruk?

Warnanya akan menjadi lebih kusam dari aslinya

Pada awalnya, warna ban ketika disemir sangatlah bagus. Ia akan menghasilkan warna mengkilap dan lebih hitam dari biasanya. Namun, jika semir digunakan secara berlebih atau terlalu sering akan mengakibatkan dampak buruk bagi ban itu sendiri lho Sahabat Boombastis.

Warna jadi kusam [Sumber Gambar]
Seperti yang dikatakan oleh Jonny Anwar selaku pemilik dari Era Ban Service Station. Menurutnya, ban akan terlihat kusam dan bahkan belang jika tidak rata penggunaannya. Ini disebabkan unsur kimia pada semir memang berbahaya jika digunakan pada roda kendaraan. Sehingga Jonny menuturkan jika pemakaian semir ini hanya boleh dilakukan sesekali saja, jangan terlalu sering.

Ban lebih cepat getas atau mudah retak

Siapa sangka, semir yang kita kira bisa memperindah tampilan ban ternyata punya efek buruk. Salah satunya adalah roda lebih cepat getas atau mudah retak. Hal ini pun juga disampaikan oleh Andreas Aldrin selaku pemilik Rumah Ban Motor.

Ban mudah retak [Sumber Gambar]
Kepada gridoto.com, ia menyebutkan jika ban mudah retak bisa terjadi jika kualitas semir kurang bagus. Oleh karena itu, Andreas menyarankan untuk memilih semir yang mereknya tidak sembarangan. Nah, supaya lebih aman, belilah di toko yang terpercaya atau berkonsultasi dulu kepada ahli otomotif.

Ban menjadi lebih licin daripada biasanya

Efek selanjutnya dari pemakaian semir adalah ban menjadi lebih licin dari biasanya. Menurut Dedi Junaedi selaku salah satu mekanik di Planet Ban Kebayoran, hal ini dapat terjadi ketika si pemilik menggunakan semir dengan asal. Contohnya seperti memakai semir sampai telapak ban.

Motor mudah jatuh [Sumber Gambar]
Padahal, tindakan seperti itu sangat tidak dianjurkan lantaran semir hanya diperuntukkan pada bagian dinding ban saja Sahabat Boombastis. Jika semir diaplikasikan sampai ke telapak ban, maka roda akan kehilangan daya cengkeramnya di jalan. Akibatnya, si pengemudi akan mudah kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh.

Jadi, sudah tahu kan apa saja efek dari penggunaan semir ban? Maka dari itu, sebaiknya Sahabat Boombastis tidak terlalu sering menggunakannya. Nah, menurut beberapa ahli, untuk memperindah tampilan ban lebih baik cuci saja memakai sabun colek. Ya meskipun hasilnya tak sebagus semir, tapi ban bisa bertahan lama. Namun, jika kalian masih ingin memakai semir ban, alangkah lebih baik untuk memilih yang kualitasnya bagus. Selain itu, pilih merek semir yang mudah hilang ketika dicuci. Dengan begitu, ban pada motor kalian akan berumur panjang.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago