Tips

Bisa Sebabkan Banyak Penyakit, Ini 5 Tips Alami Kalau Kamu Susah Buang Air Besar

Buang air besar sering disepelekan oleh masyarakat. Jika mereka tidak buang air besar hari ini, mereka akan berpikiran bisa buang air besar pada keesokan harinya. Padahal, menurut ilmu medis jika tidak buang air besar selama tiga hari sudah bisa dikatakan sebagai susah buang air besar. Setelah tiga hari, tekstur tinja akan mengeras dan susah untuk dikeluarkan.

Apa sih penyebab dari susah buang air besar? Ada bermacam-macam, mulai dari gaya hidup yang buruk, kehamilan, pengaruh obat-obatan, sampai hal sepele seperti menunda-nunda buang air besar. Nah untuk itu, bagaimana cara mengembalikan pola buang air besar yang benar? Yuk kita simak tips berikut.

Minum air putih lebih banyak atau mengkonsumsi kafein

 

Manfaat air putih juga kafein [sumber gambar]
Hal pertama untuk bisa melancarkan buang air besar adalah dengan minum air putih 8 gelas per hari. Hal ini bisa membuat kotoran yang mengeras di dalam saluran pencernaan melunak dan bisa dikeluarkan. Nah, untuk merangsang otot-otot di dalam saluran pencernaan sehingga bisa buang air besar, kamu bisa menggunakan kafein yang terkandung di dalam kopi, teh, atau cokelat hitam. Tidak perlu terlalu banyak kafein karena hal ini cukup tidak baik. Anda hanya perlu meminum secangkir kopi, teh, atau cokelat sehari sekali dan diimbangi dengan 8 gelas air putih sehari.

Hentikan kebiasaan menahan buang air besar

Jangan tunda buang air besar [sumber gambar]
Luangkan waktu yang agak lama untuk buang air besar. Misalkan bangun lebih pagi dan buang air besar, atau sepulang beraktivitas pada sore hari. Kebiasaan menunda-nunda buang air besar juga bisa membuat susah buang air besar, karena kotoran di dalam saluran pencernaan jika tidak dikeluarkan pun bisa mengeras di dalam.

Perbanyak aktivitas fisik atau olahraga rutin

olahraga [sumber gambar]
Kamu bisa mencoba untuk membuat jadwal rutin olahraga. Misalkan 20-30 menit di pagi hari setiap hari atau 3 kali seminggu. Olahraga ini bisa meningkatkan pergerakan otot-otot di saluran pencernaan atau usus sehingga membantu untuk melancarkan buang air besar setiap harinya.

Perbanyak konsumsi serat

Buah dan sayuran merupakan serat yang baik untuk tubuh [sumber gambar]
Salah satu tips yang mudah dilakukan ketika susah buang air besar adalah menambah asupan serat pada makanan yang kita makan. Dengan membuat tekstur kotoran menjadi sedikit lunak akan memudahkan saluran pencernaan mendorong kotoran tersebut. Untuk contoh serat yang bisa dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, juga biji-bijian. Selain itu kamu bisa mengurangi makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi, sehingga tidak akan membuat perut kembung dan susah buang air besar.

Konsumsi minyak zaitun

minyak zaitun [sumber gambar]
Kamu bisa menggunakan minyak zaitun karena kandungan minyak ini bisa membuat tekstur kotoran menjadi lebih lunak dan mudah didorong untuk keluar. Cukup tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam air jeruk untuk diminum. Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun ketika ingin memakan salad sayur jika tidak terbiasa mencampurkannya ke dalam air minum.

BACA JUGA: Dari Wasir Hingga Amnesia, Beginilah Akibat jika Mengejan Terlalu Kuat Saat Buang Air Besar

Jika kamu masih kesulitan buang air besar setelah melakukan tips-tips di atas, ada baiknya untuk pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan teratur agar masalah buang air besar tak lagi menghampiri.

Share
Published by
N. Fitriani

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

16 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago