in

Dari Wasir Hingga Amnesia, Beginilah Akibat jika Mengejan Terlalu Kuat Saat Buang Air Besar

Ketika buang air besar, pastinya ada momen yang membuat kita keringat dingin. Ya apalagi kalau bukan mengejan dengan kekuatan yang cukup ekstra. Dan inilah yang membuat orang-orang jadi menghabiskan waktu cukup banyak di dalam kamar mandi.

Omong-omong soal mengejan, ternyata ada yang perlu kita ketahui lebih lanjut nih. Adalah mengejan yang terlalu keras bisa bikin berabe alias membahayakan diri sendiri. Jika tidak percaya, sok atuh simak ulasan dari Boombastis.com berikut.

Bisa mengakibatkan wasir

Mengalami wasir [Sumber Gambar]
Efek samping yang paling umum ketika mengejan terlalu keras adalah mengakibatkan wasir. Menurut Dr. Shilpa Ravella dari Columbia Medical Centre, Amerika Serikat, hal ini sangat mungkin terjadi jika kalian sering mengejan ketika buang air besar. Hal ini bisa membuat wasir terjadi di dalam usus (internal) atau di sekitar anus (eksternal) lho gengs. Jika tak ditangani, wasir internal bisa terdorong keluar melalui anus dan jadi wasir eksternal.

Hernia yang tidak dapat dihindarkan

Mengakibatkan hernia [Sumber Gambar]
Efek kedua yang sangat mungkin terjadi yakni hernia. Gangguan yang kerap disebut turun berok ini merupakan fenomena ketika usus menonjol di pangkal paha. Dilansir dari laman Live Strong, hernia akan semakin menjadi-jadi saat kalian mengejan terlalu keras. Apalagi ditambah kalian melakukan ini di setiap buang air besar.

Serangan jantung yang bisa berujung kematian

Serangan jantung mendadak [Sumber Gambar]
Dampak lainnya yang dapat terjadi adalah serangan jantung tiba-tiba. Dr Isman Firdaus, SpJP-FIHA, ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita menyebutkan, bahwa sebenarnya mengejan terlalu kuat ketika buang air besar ini tidak pernah menjadi penyebab serangan jantung. Namun itu termasuk aktivitas fisik yang berat dan mendadak. Sehingga berisiko terjadi khususnya untuk orang yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Dapat membuat hilang ingatan

Bisa hilang ingatan [Sumber Gambar]
Seorang wanita di China yang tidak disebutkan namanya mendadak hilang ingatan karena mengejan terlalu keras. Dikutip dari laman World of Buzz, wanita ini awalnya merasakan sembelit dan mencoba untuk buang air besar. Namun, setelah beberapa jam kemudian, ia tidak bisa mengingat kejadian 10 tahun ke belakang. Setelah diperiksakan ke dokter, ini terjadi karena mengejan terlalu keras sehingga tidak ada oksigen yang mengalir ke otaknya. Sang dokter pun menjelaskan jika amnesia ini rawan terjadi kepada orang yang emosional dan sering bekerja mengangkat beban berat.

BACA JUGA : Dari Wasir Sampai Penyakit Menular, Inilah 5 Bahaya Jika Berlama-lama di Toilet Duduk

Hayo, pasti kalian semua terkejut melihat dampak buruk dari mengejan terlalu kuat kan? Yup, maka dari itu, sebisa mungkin kita menghindari mengejan saat buang air besar mulai sekarang ya. Satu-satunya cara adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, supaya aktivitas buang air besar menjadi lancar.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tidak Banyak Diketahui, 10 Pemain Liga Eropa Ini Diam-diam Punya Nama Indonesia Banget

Perempuan Ini Jual Mobil Beserta Dirinya Sendiri, Netizen: Buy 1 get 2 Nih