in

Bisa Sebabkan Banyak Penyakit, Ini 5 Tips Alami Kalau Kamu Susah Buang Air Besar

Buang air besar sering disepelekan oleh masyarakat. Jika mereka tidak buang air besar hari ini, mereka akan berpikiran bisa buang air besar pada keesokan harinya. Padahal, menurut ilmu medis jika tidak buang air besar selama tiga hari sudah bisa dikatakan sebagai susah buang air besar. Setelah tiga hari, tekstur tinja akan mengeras dan susah untuk dikeluarkan.

Apa sih penyebab dari susah buang air besar? Ada bermacam-macam, mulai dari gaya hidup yang buruk, kehamilan, pengaruh obat-obatan, sampai hal sepele seperti menunda-nunda buang air besar. Nah untuk itu, bagaimana cara mengembalikan pola buang air besar yang benar? Yuk kita simak tips berikut.

Minum air putih lebih banyak atau mengkonsumsi kafein

 

Manfaat air putih juga kafein [sumber gambar]
Hal pertama untuk bisa melancarkan buang air besar adalah dengan minum air putih 8 gelas per hari. Hal ini bisa membuat kotoran yang mengeras di dalam saluran pencernaan melunak dan bisa dikeluarkan. Nah, untuk merangsang otot-otot di dalam saluran pencernaan sehingga bisa buang air besar, kamu bisa menggunakan kafein yang terkandung di dalam kopi, teh, atau cokelat hitam. Tidak perlu terlalu banyak kafein karena hal ini cukup tidak baik. Anda hanya perlu meminum secangkir kopi, teh, atau cokelat sehari sekali dan diimbangi dengan 8 gelas air putih sehari.

Hentikan kebiasaan menahan buang air besar

Jangan tunda buang air besar [sumber gambar]

Luangkan waktu yang agak lama untuk buang air besar. Misalkan bangun lebih pagi dan buang air besar, atau sepulang beraktivitas pada sore hari. Kebiasaan menunda-nunda buang air besar juga bisa membuat susah buang air besar, karena kotoran di dalam saluran pencernaan jika tidak dikeluarkan pun bisa mengeras di dalam.

Perbanyak aktivitas fisik atau olahraga rutin

olahraga [sumber gambar]
Kamu bisa mencoba untuk membuat jadwal rutin olahraga. Misalkan 20-30 menit di pagi hari setiap hari atau 3 kali seminggu. Olahraga ini bisa meningkatkan pergerakan otot-otot di saluran pencernaan atau usus sehingga membantu untuk melancarkan buang air besar setiap harinya.

Perbanyak konsumsi serat

Buah dan sayuran merupakan serat yang baik untuk tubuh [sumber gambar]
Salah satu tips yang mudah dilakukan ketika susah buang air besar adalah menambah asupan serat pada makanan yang kita makan. Dengan membuat tekstur kotoran menjadi sedikit lunak akan memudahkan saluran pencernaan mendorong kotoran tersebut. Untuk contoh serat yang bisa dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, juga biji-bijian. Selain itu kamu bisa mengurangi makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi, sehingga tidak akan membuat perut kembung dan susah buang air besar.

Konsumsi minyak zaitun

minyak zaitun [sumber gambar]
Kamu bisa menggunakan minyak zaitun karena kandungan minyak ini bisa membuat tekstur kotoran menjadi lebih lunak dan mudah didorong untuk keluar. Cukup tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam air jeruk untuk diminum. Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun ketika ingin memakan salad sayur jika tidak terbiasa mencampurkannya ke dalam air minum.

BACA JUGA: Dari Wasir Hingga Amnesia, Beginilah Akibat jika Mengejan Terlalu Kuat Saat Buang Air Besar

Jika kamu masih kesulitan buang air besar setelah melakukan tips-tips di atas, ada baiknya untuk pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan teratur agar masalah buang air besar tak lagi menghampiri.

Written by N. Fitriani

60 Persen Sungai di Dunia Mulai Mengering, Bisa Jadi Pemicu Perang di Masa Depan

Punya Uang Tak Berseri, 5 Orang Terkaya di Indonesia Ini Justru Hidup Sederhana