Categories: Tips

9 Alasan Bangga Menjadi Orang Surabaya

Setiap kota di Indonesia pasti memiliki keunikannya masing-masing. Itulah yang membuat Indonesia kaya akan perbedaan. Namun, perbedaan itu bukan halangan bagi kita untuk tetap hidup harmonis.

Baca Juga : Angkot Paling Nyentrik Khas Negara Asia, Traveler Sejati Wajib Coba.!

Kali ini, Boombastis akan mengulas tentang sejumlah prestasi yang diraih Kota Surabaya. Berikut ini adalah sejumlah fakta keren dan pencapaian yang ada di kota terbesar kedua di Indonesia itu.

1. Punya Walikota yang Keren

Siapa yang tidak kenal Walikota Surabaya Tri Rismaharini? Dia adalah sosok pemimpin perempuan yang demikian tegas sekaligus bersahaja. Meski menjabat sebagai Walikota, Ibu Risma tidak pernah segan ikut bantu-bantu menyapu di jalan.

Punya Walikota yang Keren (c) dekandidat

Ibu Risma mendapat banyak sekali penghargaan. Tahun 2014 lalu, dia terpilih menjadi walikota terbaik ke 3 diantara seluruh walikota-walikota di Dunia. Selain banyaknya prestasi yang dimiliki beliau, profilnya yang sederhana membuatnya dicintai oleh warga Surabaya hingga daerah lainnya.

2. Memiliki Salah Satu Taman Kota Terbaik di Dunia

Taman Bungkul adalah taman asri yang terletak di jantung Kota Surabaya. Taman ini mendapat penghargaan sebagai salah satu taman yagn memiliki fungsi paling optimal menurut PBB. Penghargaan tersebut juga didukung oleh organisasi seperti UN Habitat Regional Office Asia.

Memiliki Taman Kota Terbaik (c) kelilingnusantara

Taman ini dinilai layak mendapat penghargaan itu karena memiliki fungsi sosial, budaya, rekreasi, dan pendidikan. Selain itu taman juga dilengkapi berbagai sarana pendukung, seperti jogging track, taman bermain anak, akses Internet nirkabel, amfiteater, dan arena skateboard.

3. Menjadi Salah Satu Kota dengan Manajemen Terbaik

Pada April 2014 Kota Surabaya memenangkan Socrates Awards dalam kategori City of The Future alias Kota Masa Depan. Penghargaan yang diprakarsai oleh Europe Business Assembly itu menganggap Surabaya memiliki manajemen kota yang terus menerus membaik.

Kota dengan Manajemen Terbaik (c) photobucket

Para wargapun menyambut meriah pemberian penghargaan ini. Pada hari Minggu, 20 April 2014 Piala Socrates tersebut diarak keliling Kota Surabaya. Ibu Risma yang membawa tropi membanggakan itu di tangannya sendiri.

4. Kota Pahlawan

Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Kota ini adalah saksi sejarah bahwa Indonesia memiliki pemuda-pemuda yang memiliki semangat luar biasa untuk kemerdekaan bangsanya. Masih ingat kan dengan perobekan bendera merah putih biru di atas Hotel Yamato? Surabaya juga pernah menjadi pusat pertahanan Indonesia kala itu.

Kota Pahlawan (c) indonesia.travel

Hingga kini, semangat para pahlawan masih tampak menggeliat di Kota Surabaya. Pemuda-pemudi di Kota ini selalu kreatif dan menghasilkan prestasi baru yang unik.

5. Gudangnya Tokoh-Tokoh Penting

Banyak tokoh penting yang berasal dari Jawa Timur. Kota ini memang tidak hentinya mencetak generasi unggulan dengan segudang prestasi. Mulai dari ulama, politisi, atlet hingga selebiriti.

Penuh Tokoh Penting (c) pajak

Di kalangan agamawan ada Hasyim Muzadi, Mustofa Bisri dan Ahmad Sahal. Di kalangan selebriti ada Ahmad Dhani, Joshua, hingga pedangdut fenomenal Inul Daratista. Dan di kalangan seniman, siapa yang tidak kenal Sudjiwo Tejo dan Didi Petet?

6. Meraih Penghargaan Future Gov Award 2013

Kota Surabaya terbukti mampu mengungguli kota lain dengan meraih prestasi di tingkat Asia Pasifik melalui ajang penghargaan Future Gov Awards 2013. Ini membuktikan bahwa kota di Indonesia tidak kalah dengan kota di negara lain.

Meraih Penghargaan Future Gov Award (c) alanahotels

Pemkot Surabaya meraih gelar di dua kategori yaitu, Data Center dan Data Inclusion. Kategori Data Center diraih melalui Media Center Pemerintah Kota Surabaya, sedangkan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC).

7. Makanan-Makanan Super Enak

Siapa yang tidak kenal Rawon Setan yang rasanya menggelora? Atau Rujak Petis yang menggugah selera itu? Bebek tebal dan empuk berbumbu kuning yang berpasangan dengan lalapan pun hanya di Surabaya yang berasa enaknya. Dan masih banyak lagi sederet makanan nikmat yang bisa anda dapatkan di Surabaya.

Penuh Makanan Enak (c)Panduanwisata

Perpaduan antara budaya Jawa, tionghoa dan etnis lain membuat kuliner di Surabaya semakin beragam. Wisata kuliner di Surabaya akan memberi kesan terlezat di lidah Anda.

8. Tidak Hanya Kota, Kampungnyapun Berprestasi

Japan Housing Associations-IYSH Matsushita Award (1988), UNEP Award (1990), UNCED Local Government Honour Programme (1992), dan The World Habitat Award (1992) adalah sederet penghargaan internasional untuk kampung-kampung di Kota Surabaya.

Kampung dan Kotanya Berprestasi (c) wikipedia

Ini membuktikan bahwa kota dan kampung bisa dibangun secara harmonis tanpa adanya kesenjangan. Sehingga, Surabaya bisa menjadi kota yang modern, namun berpegang pada budayanya.

9. Selera Humor

Selera Humor orang Surabaya memang sudah tidak diragukan lagi. Orang Surabaya dikenal sebagai sosok yang lucu sekaligus cerdas. Dengan bahasa Jawa Timuran yang lugas tapi kerap bisa menggelak tawa. Tidak heran banyak pelawak yang berasal dari kota Pahlawan tersebut.

Selera Humor (c)uniqpost

Tidak hanya selebriti, namun para agamawan dari Surabaya seringkali menyampaikan dakwahnya dengan cara yang penuh humor. Ini membuktikan bahwa orang surabaya menghargai kebahagiaan dan hidup.

Baca Juga : Kelakuan Oknum Pelajar Jaman Sekarang

Demikianlah beberapa fakta membanggakan tentang Surabaya. Semoga ini akan menambah kecintaan kita pada kota terbesar kedua di negara kita tersebut. (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago