Satu lagi eksperimen sosial dilakukan oleh seorang YouTuber. Kali ini, bukan YouTuber baru ataupun mereka yang sudah terkenal di bidangnya, tetapi ia merupakan seorang artis yang ikut-ikutan trend untuk jadi YouTuber. Ya, dialah Baim Wong, si Presiden Jomblo yang melepas gelarnya dengan cepat.

Beberapa waktu lalu, subscribers-nya naik dengan cepat gara-gara peperangannya dengan Rafathar. Merayakan 1 juta subscribers yang telah dimilikinya, ia menyamar sebagai gembel yang budiman. Ngeprank sambil bagi-bagi duit kepada mereka yang memberikan simpati kepada Baim, yang menyamar sebagai gembel.

Transformasi Baim Wong

Suami Paula Verhoeven ini tak semena-mena keluar rumah tanpa persiapan. Ia bertransformasi menjadi tampang-tampang gembel di jalanan berkat bantuan tangan ajaib sang make up artist yang bernama Novie dan Nanda. Mulai dari jenggot, kumis, hingga rambut palsu pun dipasang.

Transformasi Baim Wong jadi gembel budiman [sumber gambar]
Tak lupa pula sedikit ornamen warna yang membuat kesan tubuh Baim Wong tak mandi berhari-hari. Selain itu, properti pendukung seperti kostum dan barang yang dibawa oleh Baim pun tak ketinggalan. Setengah telanjang, Baim Wong hanya ditutupi oleh sarung kotak-kotak dan beberapa helai kardus.

Melancarkan misi: trial prank tetangga

Setelah penampilan Baim Wong sudah bisa dibilang sempurna, ia mencoba melancarkan misi. Orang pertama yang menjadi target adalah tetangganya sendiri. Kaget, tetangga Baim malah mencoba mengusir dan tidak menggubrisnya.

Baim Wong ngeprank tetangga sendiri [sumber gambar]
Sampai akhirnya Baim Wong membuka penyamarannya dan mengatakan “ini Baim, tetangga bapak.” Barulah sang tetangga menyadarinya dan mereka berdua tertawa bersama. Melihat reaksi tetangganya, Baim Wong mcqueen yaqueen (makin yakin) bahwa prank-nya akan berhasil.

Semua orang ngacir melihat “gembel budiman”

Transformasi Baim Wong menjadi gembel bisa dibilang parah. Image Baim Wong benar-benar bersih tak tersisa—hanya jahilnya saja. Pantas saja semua orang yang ia dekati memilih pergi, karena ketakutan akan visualnya.

Baim Wong diberi roti oleh orang baik [sumber gambar]
Namun, pada percobaan kedua, dalam video Baim Wong, sebuah mobil Honda Jazz memberikan dua buah roti kepada Baim. Sayangnya, ketika Baim Wong akan memberikan imbalan berupa “uang kaget,” mobil tersebut sudah pergi saking takutnya diikuti oleh “gembel budiman.” Alhasil, Baim Wong hanya bisa mendoakan dan berkata “semoga rezekinya lancar.” Masih banyak orang baik ternyata di negara ber-flower ini.

Main ke kawasan paling elite se-Jakarta Selatan

Totalitas Baim Wong dalam kejahilannya berujung pada mengunjungi kawasan Pondok Indah—kawasan elite lawas di Jakarta Selatan. Seperti yang sudah ia bayangkan, dirinya tak bakal bisa masuk dan berbuat nekat di sana, sebab banyak satpam. Namun, ia justru mendapat “mangsa” supir taksi serta driver ojek online di sana.

Baim Wong bagi-bagi duit [sumber gambar]
Satu per satu orang yang dilewati Baim lebih memilih menjalankan motornya dan pindah ke tempat lain. Lalu, seorang supir taksi bernama Ari tiba-tiba memberikan selembaran uang. Diterima oleh Baim, tapi dikembalikan dengan jumlah yang lebih besar. Tak menyangka, supir taksi lainnya pun mulai berdatangan dan tertegun melihat aksi “gembel budiman” ini.

“Enggak papa, saya ikhlas,” kata seorang penjual pisang yang di-prank Baim Wong

Satu hal yang ditekankan Baim Wong dalam video episode kejahilannya, ia tak hanya akan membuat orang tertawa tapi juga menerima pesan yang ingin disampaikannya. Seorang wanita penjual pisang yang didatangi Baim Wong membuat mereka yang menonton ikut merasakan keberhasilan Baim menjadi “gembel budiman.”

Baim Wong dan si penjual pisang [sumber gambar]
Berhenti di depan gerobaknya, ibu penjual pisang langsung memberinya satu sisir tanpa basa-basi. Setelah jalan sedikit untuk menyempurnakan penyamarannya, ia pun kembali, si penjual mengira Baim membutuhkan kantong kresek—padahal akan melancarkan misi bagi-bagi duitnya. Tak percaya, si penjual bilang “enggak papa saya ikhlas.” Baim pun menjelaskan siapa dirinya hingga ibu penjual pisang menangis tersedu-sedu sambil berkali mengucap terima kasih.

BACA JUGA: Heboh Pengin Punya Suami Gaji Rp30 Juta, Masuk Akal Enggak Sih?

Eksperimen sosial dan niat baik Baim Wong akhirnya terlaksana. Ternyata masih banyak orang baik di negara yang sedang semrawut gara-gara politik. Terlebih, mereka dari kalangan “wong cilik” pula yang kebanyakan bersimpati dengan orang-orang yang hidup di jalanan seperti karakter yang sedang dimainkan Baim. Semoga masyarakat Indonesia enggak semakin mabuk agama di hari Jumat yang berkah ini, ya.