Dari sekian pemain sepak bola kelas wahid, tentunya nama Roberto Carlos menjadi salah satu yang tidak lekang dalam ingatan. Apabila bagi penggemar konsol game bola tahun 2000-an, pria Brazil ini pastinya sangat diandalkan dalam masalah kemampuan. Berbicara skill Carlos, mungkin kalian akan setuju jika tendangannya menjadi salah satu yang didewakan.

Bahkan saking luar biasanya, ketika mantan pemain Real Madrid ini menendang bola banyak lawannya yang terlihat pucat ketakutan. Ya, bagaimana tidak was-was, memang tendangannya keras dan cukup bisa membuat pemain bola jalani perawatan. Masih terkait pesepakbola identik dengan kaki kidal tersebut berikut Boombastis berikan beberapa aksi Carlos dalam mengeksekusi bola yang berujung gol.

Tendangan jarak geledek Carlos di Piala Konfederasi 1997

Bila melihat kualitasnya, tentunya gol Carlos bersama Brazil di Piala Konfederasi 22 tahun silam, menjadi sesuatu yang banyak difavoritkan. Hal ini lantaran, saat itu proses ia menjebol gawang lawan dibuat dengan cara edan. Bahkan sampai membuat penjaga gawang Prancis Fabien Barthez tidak berkutik dibuatnya. Gol Roberto yang akhirnya dikenal dengan istilah ‘Banana Kick’ itu tercipta dari jarak bermeter-meter. Menggunakan kaki dalam bola yang ditendangnya mampu meluncur dengan kecepatan mencapai 137,1 km/jam.

Aksi Carlos di Piala Dunia 2002 melawan China

Seperti tidak pernah berhenti lakukan tendangan gledek, pada Piala Dunia tahun 2002 di Jepang dan Korea Selatan, pesepakbola sempat membela Inter Milan juga ukir kembali gol spektakuler. Meski saat itu jaraknya lebih dekat, namun tetap saja sukses membuat kiper lawan tidak kuasa menahannya. Ketika itu tendangan pemain berkaki kidal ini, dibuat lewat tendangan bola mati, sesaat setelah pemain Timnas China melakukan pelanggaran. Kembali menggunakan teknik menyepak dengan kaki dalam,eksekusinya langsung hadirkan malapetaka untuk gawang China.

Sepakan Carlos di ajang Copa Del Ray melawan Tennerife 1998

Selain di level Timnas, aksi gila Carlos dalam mencetak gol juga tersaji kala ia berseragam Real Madrid. Seperti salah satunya ketika El Real bermain menghadapi Tennerife di ajang Copa Del Ray tahun 1998. Saat itu pria 45 tahun ini, merobek gawang lawan dengan cara bisa dikatakan unik sekaligus menakjubkan. Pasalnya, gol yang ia kreasikan dibuat lewat sudut sangat sempit di ujung garis akhir lawan. Tidak percaya? Kalian bisa buktikan sendiri lewat di Video di atas. Awas jangan sampai melongo dibuatnya.

Gol debut Roberto Carlos saat berseragam Real Madrid

Masih terkait gol indah Carlos saat berbaju klub raksasa Spanyol. Pada laga ketiganya setelah bergabung dengan Real Madrid, pesepakbola asal Brazil ini juga hadirkan gol yang sukses buat lawan-lawan keteteran. Gunakan teknik yang sama seperti di dua ulasan awal tadi, tendangan Carlos berhasil membobol gawang Real Betis tanpa bisa dibendung, dan sekaligus menyamakan kedudukan menjadi (1-1). Usut punya usut, aksinya di musim kompetisi Liga Spanyol 1996/1997 tersebut, menjadi gol pertamanya untuk klub identik berkostum warna putih tersebut.

Kiper Malaga tahun 2003/2004 dibuat tak berdaya oleh Carlos

Selain Betis, penjaga gawang Malaga pada musim kompetisi 2003/2004 juga merasakan bagaimana edannya tendangan Carlos. Ketika itu, gol pemain Brazil itu dibuat lewat tendangan bebas dengan jarak lumayan dekat dengan gawang. Membidik sudut kiri gawang, sepakan Carlos layaknya rudal yang mengoyak pertahanan lawannya tanpa ampun. Bahkan aksi maksimal kiper Malaga juga tidak kuasa menghalau sepakan super kencang pemain 45 tahun ini.

BACA JUGA: Disebut Lamar Bali United, Beginilah Perjalanan Karier Roberto Carlos Menjadi Pelatih

Begitulah sobat Boombastis beberapa tendangan Roberto Carlos. Bagaimana sulit ditandingi buka, kira-kira mana nih menjadi favoritmu? Kalau aku sih, semua tendangannya. Soalnya bikin hampir selalu sukses membuat lawan-lawannya tak kuasa untuk membendung. Besar harapan nantinya di Indonesia juga ada pesepakbola sekelas pria Brazil tersebut.