Lucu

Ini Loh Alasan Mengapa Jokowi Suka Bagi-bagi Hadiah Sepeda, Ternyata Ada Filosofinya

Selama menjabat sebagai Presiden Indonesia, sudah tidak terhitung lagi berapa sepeda yang sudah diberikan kepada masyarakat. Yap, Pak Jokowi memang selalu membagikan hadiah berupa sepeda ketika mampir di sebuah daerah. Cukup dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ringan yang beliau ajukan, jika benar satu unit sepeda akan diberikan untuk sang pemenang.

Permasalahannya, ada yang penasaran dan bertanya ‘mengapa kok harus sepeda, mengapa tidak yang lain saja?’ atau mungkin ‘setiap berkunjung selalu memberi sepeda, memang uangnya dari mana?’ Nah, kali ini Boombastis.com akan mengulik beberapa alasan Pak Jokowi selalu bagi-bagi sepeda. Cekidot!

Filosofi kerja keras dengan mengayuh sepeda

Jokowi naik sepeda [Sumber gambar]
Nah, alasan pertama adalah filosofi dari bersepeda itu sendiri Sahabat. Melansir dream.co.id, dari Facebook pribadinya, Jokowi mengatakan bahwa  bersepeda ibarat mandiri dan bekerja keras. Presiden RI ini juga mengatakan bahwa dirinya sudah menyukai sepeda sejak dulu. Ia menambahkan bahwa kecepatan laju sepeda ini bergantung pada gerak tumbuh sendiri. Jika ingin cepat sampai ke tujuan, maka kayulah tanpa henti. Bersepeda itu juga bergerak maju dalam keseimbangan. Saat lewat turunan maka harus membungkuk, ketika belok ke kanan tubuh juga mengikutinya. Intinya, bersepeda itu adalah bentuk dari bekerja keras dan mandiri.

Tujuan diberikannya sepeda agar masyarakat lebih mengenal Indonesia

Siswa yang mendapat pertanyaan [Sumber gambar]
Pemberian sepeda ini ternyata ada tujuan tersendiri dan tidak bisa didapat dengan cuma-cuma. Untuk bisa mendapatkannya seseorang harus bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Pertanyaannya sangat mudah, seputar budaya dan pengetahuan seputar Indonesia. Contohnya saja, nama pulau, nama pahlawan, bahkan nama-nama suku di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat akan belajar mengenai budaya mereka secara tidak langsung bukan? Sasaran utama dari Jokowi sebenarnya adalah anak-anak usia sekolah karena untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini. Namun, tak menutup kemungkinan siapapun bisa dapat sepeda. Lho wong Raisa yang artis aja bisa dapat kok.

Rencana untuk mengadakan ‘Car Free Day’ di setiap sudut Indonesia

Peserta yang dapat sepeda [Sumber gambar]
Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Inilah kata-kata yang menjadi pedoman bagi-bagi sepeda setiap mengunjungi daerah blusukannya ini. Jokowi ternyata punya program untuk menerapkan ‘Car Free Day’ di seluruh kota di Indonesia, makanya dicicil sedikit demi sedikit. Menurut mantan Walikota Solo ini, sepeda adalah cara paling mudah untuk mengurangi polusi, ramah lingkungan, dan bisa menghemat uang. Kegiatan transportasi dengan sepeda juga tak cuma baik untuk lingkungan, tetapi juga menyehatkan yang mengayuh.

Lalu dari mana uang sepeda ini didapatkan, apa merogoh koceknya sendiri atau bagaimana? Dilansir dari laman Kompas.com, Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala mengatakan, sepeda yang dibagikan Jokowi berasal dari anggaran bantuan sosial untuk Presiden. Djumala melanjutkan kalau dalam satu sesi kunjungan, Jokowi menyediakan maksimal 7 buah sepeda untuk dibagikan. Jadi memang ada dananya sendiri ya Sahabat semua.

Yang sudah mendapat hadiah sepeda ini juga sudah banyak ya, mulai dari jajaran artis top seperti Raisa, TKI yang bekerja di luar negeri, anak-anak sekolah, bahkan ibu-ibu rumah tangga. Kalau kamu mau seperti mereka, jangan lupa hafalin dulu nama-nama ikan! Eits, maksudnya semua yang berhubungan dengan Indonesia.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

18 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago