Tips

Dari Tuli Hingga Kematian, Inilah Akibat kalau Dengarkan Musik Pakai Headset Saat Tidur

Banyak dari kita yang suka banget mendengarkan musik pakai headset saat tidur. Bisa dibilang, hal ini sudah jadi hal wajib biar kita tidurnya nyenyak sampai pagi. Tapi tahu enggak sih kalian kalau misalnya perbuatan tersebut sebenarnya berbahaya bagi diri sendiri?

Ini sudah dibuktikan dengan beberapa peristiwa yang ada di dunia. Baik di negara luar maupun Indonesia sendiri. Jadi, sebenarnya apa sih dampaknya orang yang suka mendengarkan musik menggunakan headset saat tidur?

Mengakibatkan tuli sementara

Seorang remaja di Taiwan mengalami ketulian sementara pada pendengarannya karena dirinya mendengarkan musik menggunakan headset pada saat tertidur. Kalau dipikir-pikir sepertinya tidak masuk akal karena semacam tak ada hubungannya. Namun lain halnya dengan dokter yang memeriksa remaja tersebut, Tian Huiji.

Ilsutrasi tuli saat tidur [Sumber Gambar]
Menurutnya, mengenakan headset saat tidur jauh lebih berbahaya dibandingkan ketika kita masih tersadar. Ini disebabkan ketika kita tidur, sirkulasi darah di tubuh menjadi lambat. Jadi, sel-sel rambut pada telinga tidak dapat memasok darah yang cukup ketika dirangsang oleh suara dari headset. Hal inilah yang dapat mengakibatkan pendengaran menjadi tuli mendadak.

Dapat merusak otak

Siapa yang menyangka kalau menggunakan earphone ketika tidur bisa merusak otak? Dilansir dari laman halosehat.com, pemakaian headset untuk mendengarkan lagu yang terlalu lama bisa memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik.

Ilustrasi bisa merusak otak [Sumber Gambar]
Nah, gelombang elektromagnetik tersebut lama-kelamaan akan merusak sel-sel pada otak. Lalu, ketika mendengarkan musik menggunakan headset ketika tidur bisa membuat otak tidak benar-benar beristirahat. Sehingga otak akan bekerja terus sampai kalian tidak menggunakan headset atau lagu berhenti. Bisa dibayangkan lah kalau kalian melakukan ini setiap hari.

Telinga mengalami kelelahan dan berdampak ke pusing

Dampak yang tak kalah mengerikan selanjutnya adalah telinga mengalami kelelahan. Kondisi seperti ini akan kita temui pada saat mendengarkan musik menggunakan earphone dalam jangka waktu lama. Pada umumnya, daun telinga akan mengalami perih dan juga sakit. Kemudian ada juga yang diikuti dengan kesulitan menangkap gelombang suara.

Telinga sakit saat bangun tidur [Sumber Gambar]
Jika sudah terlalu parah, maka orang-orang yang mendengarkan musik pakai headset saat tertidur akan merasa pusing keesokan harinya. Dan parahnya itu akan berlangsung sangat lama. Biasanya, fenomena ini terkenal dengan sebutan ear fatigue.

Risiko kehilangan nyawa yang tidak dapat dihindarkan

Pria di Desa Cikande, Serang, Banten ditemukan meninggal di kamarnya. Dengan posisi menggunakan headset dan bagian telinga, hidung serta mulutnya mengeluarkan darah. Lalu wajahnya tampak gosong yang diperkirakan akibat dari setruman aliran listrik.

Meninggal saat tidur pakai headset [Sumber Gambar]
Dari kejadian ini disimpulkan bahwa pria yang berprofesi sebagai pegawai rumah makan tersebut kehilangan nyawa akibat tersetrum. Hal ini dapat terjadi lantaran ternyata smartphone yang ia gunakan untuk mendengarkan musik dalam kondisi di-charge. Sehingga kemungkinan besar diduga ponsel bekerja terlalu keras atau charger mengalami kerusakan. Akibatnya, lelaki tersebut menjadi tersetrum dan meninggal dunia saat itu juga.

BACA JUGA : Bagi Pengguna Headset, Lakukan 4 Cara Ampuh Ini untuk Mempertajam Pendengaranmu

Melihat beragam akibat di atas, pasti Sahabat Boombastis tahu dong apa yang harus dilakukan? Yap, adalah dengan tidak menggunakan headset pada saat tidur. Atau lebih tepatnya menggunakan earphone saat dibutuhkan saja. Supaya pendengaran kita tidak terganggu dan terhindar dari efek buruk lainnya. Yuk sayangi kesehatanmu mulai dari sekarang.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

17 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago