Bagi kalian yang mengaku anak zaman now pasti tidak pernah lepas dari mendengarkan lagu lewat headset. Kebanyakan mereka mendengarkan lewat headset karena selain lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana, pastinya akan terlihat keren di mata beberapa orang. Jadi, enggak heran deh kalau saat ini banyak anak menjelang remaja yang pakai headset di sekolah ataupu pas jalan-jalan di mall. Namun, mendengarkan musik lewat earphone itu secara terus menerus banyak risikonya lho.

Selain telinga pasti akan lebih banyak menumpuk kuman, si pemakai headset juga dapat kehilangan pendengarannya secara permanen lho. Ya itu karena volume langsung masuk ke saluran telinga dalam waktu yang berkepanjangan. Apalagi jika itu dipakai setiap hari, bisa-bisa penyakit tuli datang dengan tiba-tiba. Nah, untuk menghindari hal itu kita bisa kurangi pemakain headset dan juga menggunakan beberapa cara ini untuk mempertajam pendengaran. Mau tahu apa saja? Kita lihat saja yuk ulasan berikut ini.

Menggunakan ramuan dari bawang putih dan minyak zaitun

Mungkin beberapa di antara kalian masih belum tahu kalau pendengaran bisa dipertajam dengan cara-cara tertentu. Salah satunya adalah dengan membuat obat tetes telinga alami dari campuran bawang putih dan minyak zaitun. Kalau kalian mau menggunakan ramuan ini, harus siapkan dulu 3 siung bawang putih dan satu sendok minyak zaitun.

Obat tetes dari minyak zaitun dan bawang putih [Sumber Gambar]
Kalau sudah, kupas bawang putihnya lalu cuci bersih dan kemudian dihancurkan. Nah, setelah itu tambahkan dengan satu sendok minyak zaitun. Selanjutnya masukkan campuran keduanya ke toples kecil dan biarkan selama 24 jam. Lalu, jika sudah didiamkan selama satu hari, maka teteskan sebanyak dua atau 3 ke telinga dengan menggunakan pipet dan tutup telinga dengan kapas.

Banyak mengonsumsi sayur brokoli

Ada lagi nih cara untuk mempertajam pendengaran kita. Yakni mengonsumsi sayur brokoli secara teratur. Nah, bagi yang enggak suka dengan sayur yang satu ini mending lupakan deh. Mulai sekarang wajib unttuk makan brokoli paling tidak satu minggu sekali.

Harus konsumsi brokoli [Sumber Gambar]
Brokoli bisa membuat pendengaran kalian lebih peka karena banyak mengandung antioksidan. Bahkan, jika kalian makan sayur ini secara teratur, indra pendengaran kalian akan meningkat sebanyak 20 persen. Hayo, masih enggak mau nih makan sayur brokoli setelah tahu manfaatnya sangat besar?

Memakan buah pisang secara teratur

Kalau kalian tidak minat mengonsumsi brokoli, bisa juga dengan cara lain kok. Metodenya adalah dengan makan buah pisang. Dengan buah yang satu ini, dijamin telinga akan terhindar dari yang namanya kehilangan pendengaran. Jadi jangan pernah ragu makan buah satu ini.

Makan buah pisang [Sumber Gambar]
Hal tersebut bisa terjadi lantaran magnesium yang terkandung dalam pisang bekerja melindungi sel-sel dalam telinga. Sel yang dimaksud adalah rambut-rambut halus yang ada pada indra pendengaran bagian dalam. Kemudian pisang juga bisa melindungi telinga dari efek radikal bebas yang dipancarkan oleh suara keras. Wah banget enggak tuh?

Dark chocolate pun bisa menghindari gangguan pendengaran

Siapa yang menyangka kalau dark chocolate ternyata bisa mempertajam pendengaran. Ya, walaupun makanan satu ini sering dianggap negatif karena bisa merusak gigi, namun khasiatnya sungguh luar biasa. Dark chocolate dianggap bisa membuat indra pendengaran lebih peka karena ada zat seng di dalamnya.

Konsumsi Dark Chocolate [Sumber Gambar]
Nah, zat seng ini bertanggung jawab atas kesehatan dari telinga. Jadi, jika telinga sudah mulai menampakkan tanda-tanda infeksi, senyawa tersebut akan berusaha melawannya. Alhasil, telinga kita tidak akan mengalami yang namanya tuli permanen. Yuk deh yang suka makanan dari bahan dark chocolate jangan dihentikan. Teruskan saja karena ia membawa manfaat. Tapi, jangan dikonsumsi berlebihan ya karena nanti gigi kalian bisa sakit.

Itulah cara-cara untuk menghindari tuli permanen bagi telinga kita, terutama yang hobi mendengarkan musik lewat headset. Nah, kalian yang sampai sekarang masih suka mendengarkan lagu menggunakan earphone alangkah lebih baik harus dikurangi ya. Itu dilakukan supaya pendengaran kita tidak menurun. Paati kalian tidak mau kan pendengarannya menurun?