Membersihkan telinga dengan cara mengorek adalah hal yang paling umum dilakukan. Cara ini disebut paling ampuh lantaran kotoran bisa terangkat dengan mudahnya. Dengan begitu, telinga menjadi lebih bersih dan pendengaran kita tidak terganggu. Jadi tak heran, dari dulu sampai sekarang orang-orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinganya.

Akan tetapi, sebenarnya menggunakan cotton bud itu tidak dianjurkan Sahabat Boombastis. Alasannya karena berbahaya bagi telinga kita sendiri. Contohnya adalah bisa membuat gendang telinga rusak. Bahkan, parahnya lagi dapat meningkatkan risiko munculnya kanker telinga. Pasti kalian enggak mau kan seperti itu? Jadi, simak saja ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga yang baik dan benar.

Menggunakan larutan garam sebagai pengganti cotton bud

Cara pertama yang paling ampuh untuk membersihkan telinga adalah dengan air garam. Mungkin itu terlihat tidak mungkin, tapi cara tersebut sangat dianjurkan oleh para dokter THT di seluruh dunia. Cara menggunakannya pun cukup mudah kok. Mulanya, kita siapkan satu sendok teh garam dan air hangat secukupnya.

Bisa pakai larutan garam [Sumber Gambar]
Kemudian masukkan garam tadi ke air hangat dan aduk hingga larut. Selanjutnya ambil kapas dan rendam di larutan garam tersebut. Jika sudah ambil dan peras kapas itu di telinga yang ingin dibersihkan. Tunggu beberapa menit dan kemudian miringkan kepala ke arah berlawanan supaya larutan garam tersebut keluar bersama kotoran telinganya.

Kalau punya baby oil, bisa dimanfaatkan juga

Metode selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk membersihkan telinga adalah memakai baby oil. Biasanya para ladies nih yang punya benda satu ini. Untuk memakainya bisa langsung teteskan saja ke bagian telinga.

Menggunakan baby oil [Sumber Gambar]
Tapi tetesan tersebut tidak boleh terlalu banyak ya, cukup tiga sampai lima kali saja. Kemudian tutup telinga dengan kapas supaya baby oil tidak menetes keluar. Lalu tunggu kira-kira lima menit dan keluarkan baby oil dengan cara memiringkan kepala ke arah yang berlawanan.

Bagi yang punya minyak kelapa, dapat digunakan untuk membersihkan telinga

Kemudian cara selanjutnya yang bisa dipakai yakni minyak kelapa. Yap, bahan yang biasanya digunakan untuk memasak ini dapat dmanfaatkan untuk mengeluarkan kotoran telinga. Minyak kelapa bisa mengeluarkan kotoran telinga karena suhunya yang hangat ketika sudah dipanaskan.

Bisa dengan minyak kelapa [Sumber Gambar]
Jika ingin mengeluarkan kotoran dengan minyak kelapa caranya sangat mudah. Caranya dengan menuangkan minyak kelapa di wadah kecil dan selanjutnya dipanaskan. Lalu, tunggu minyak kelapa sampai suhunya hangat dan jangan lupa untuk celupkan kapas. Selanjutnya peras kapas tersebut ke telinga yang ingin dibersihkan. Jika sudah, keluarkan minyak kelapa tersebut dengan memiringkan kepala ke arah berlawanan. Dijamin kotoran telinga akan keluar dan fungsi pendengaran tidak akan terganggu lagi.

Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan kotoran telinga

Bawang putih ternyata bisa juga kita gunakan Sahabat Boombastis. Bumbu dapur satu ini ternyata banyak dipercaya sebagai obat tetes telinga yang alami. Sehingga aman untuk telinga dan tidak menimbulkan efek samping. Jadi untuk mengeluarkan kotoran dengan bumbu dapur satu ini harus melalui beberapa tahap.

Pakai bawang putih [Sumber Gambar]
Pertama-tama bawang putih harus dihancurkan terlebih dahulu. Namun, supaya hasilnya lebih halus, bawang putih bisa diblender. Kalau sudah, panaskan bawang putih dan ambil minyak yang ada di bumbu dapur tersebut. Selanjutnya, teteskan minyak dari bawang putih tersebut ke telinga dan tutup menggunakan kapas. Alhasil, kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya dan pendengaran kalian juga akan menjadi lebih tajam.

Cara-cara di atas sangat ampuh untuk membersihkan telinga kalian dari kotoran. Bahkan, dengan metode tersebut kalian tidak akan mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan telinga. Berbeda halnya kalau kita mengeluarkan kotoran menggunakan cotton bud, bisa-bisa telinga akan mengalami infeksi berat. Jadi mulai sekarang, gunakan metode di atas untuk membersihkan telinga kalian ya.