Categories: Lucu

5 Makhluk Aneh yang Ada Dalam Dongeng Rakyat Jepang

Bicara tentang Jepang berarti bicara tentang kebudayaan yang unik. Tidak ada habisnya hal aneh dan unik berdatangan dari negara sakura ini. Salah satu yang paling terkenal adalah makhluk-makluk aneh yang muncul pada cerita rakyat Jepang.

Masyarakat Jepang mempercayai bahwa di sekitar mereka banyak sekali makhluk halus yang diciptakan untuk mengusili manusia. Ada makhluk yang iseng menyembunyikan bantal ketika kita tidur dan ada juga makhluk yang suka mengagetkan orang jika sedang mandi di sungai. Berikut kami rangkum beberapa makhluk paling aneh dalam cerita rakyat Jepang.

1. Kappa

Di Jepang, makhluk ini dikenal sebagai “monyet air”. Di atas kepala Kappa terdapat lubang besar dimana dia menyimpan air yang menjadi sumber kekuatannya. Jika air tersebut tumpah, maka Kappa tidak akan sakti lagi.

Di dalam legenda diceritakan bahwa Kappa suka makan ketimun. Kappa juga muncul dalam banyak sekali bentuk. Ada yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya, ada yang memiliki hanya satu mata dan ada yang suka meminum darah. Namun, meski tampak menakutkan, kabarnya Kappa adalah makhluk yang selalu tepat janji.

2. Kasa- Obake

Kasa Obake dipercaya sebagai makluk yang hadir di kehidupan nyata oleh masyarakat jepang. Makluk ini sangatlah aneh. Jika monster lain berbentuk seperti setengah hewan dan setengah setan, Kasa-obake berbentuk seperti payung. Ya, Payung!

Kassa Obake adalah hantu berbentuk payung tua, memiliki satu mata yang besar dan lidah yang sangat panjang. Kasa- Obake hanya memiliki satu kaki dan berjalan dengan melompatlompat. Kassa Obake akan datang ke rumah-rumah manusia dan meminta manusia memberi nama untuknya. Kasa-obake juga akan setia pada manusia yang dia sukai.

3. Akaname

Monster yang satu ini memang agak aneh. Berdasarkan namanya, “aka” adalah bahasa Jepang untuk “kotoran” dan “name” berarti menjilat. Akaname adalah monster yang suka datang ke rumah manusia untuk menjilat kotoran dan kamar mandi manusia.

Akaname senang pada toilet yang kotor dan akan menjilat sisa-sisa kotoran anda. Makluk ini digambarkan sebagai sosok menyeramkan dengan kulit merah dan lidah yang sangat panjang. Sepertinya, makhluk ini “diciptakan” para orang tua agar anak-anaknya menjaga kebersihan kamar mandi.

4. Shirime

Makluk ini mungkin adalah yang paling aneh dari semua monster. Namanya adalah Shirime. Dia adalah makluk yang berbentuk Manusia tanpa wajah dan memiliki mata di bokongnya.

Meski tampak begitu aneh, Shirime hanya datang begitu saja untuk menakut-nakuti. Dia tidak memiliki kekutan, tidak pula bisa mennyerang manusia. Dia tidak menganggu anak-anak. Dia hanya ada.

5. Ittan Momen

Makluk ini, sekilas tampak tidak berbahaya. Dia hanyalah sebuah kain panjang berwarna putih yang suka berkeliaran. Dia senang sekali berkeliaran di tengah malam dan menakuti orang-orang.

Namun, ternyata Ittan Momen sangatlah jahat. Dia akan melilit tubuh manusia dan mengikat manusia tersebut dengan sangat erat sampai dia kehabisan napas. Namun ternyata Ittan momen juga bisa bersahabat dengan manusia. Jika dia suka dengan seseorang, dia akan bersedia menjadi baju bagi orang itu.

Hingga saat ini, anak-anak di Jepang masih dibesarkan dengan dongeng-dongeng yang penuh dengan makhluk seram. Biasanya hal ini dilakukan sebagai pembelajaran moral agak menjaga sikap dan kebersihan. Namun, tidak jarang orang dewasa juga mempercayai adanya makhluk-makhluk tersebut.

Di Indonesia kita juga memiliki monster-monster yang kita takuti waktu kecil dulu. Misalnya Kalong Wewe yang katanya akan menangkap kita jika bermain hingga waktu Maghrib tiba. Mana dari monster di atas yang paling menakutkan menurut anda? (HLH)

Share
Published by
wahyu

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

14 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago