Categories: Tips

Mengejutkan, Ini Dia Objek Wisata di Indonesia Yang Dikuasai Asing

Miris ya? itulah faktanya, beberapa objek wisata Indonesia justru lebih sukses dan bagus saat dikuasai asing, Indonesia, negara kita yang luas dan kaya dengan alam yang indah ini memang tidak akan selesai dijelajahi dalam waktu satu tahun saja. Dari ujung ke ujung, perbatasan ke perbatasan, negeri tercinta ini sungguh eksotik luar biasa.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Paling Ekstrim Di Dunia

Namun sayangnya, sebagian besar kawasan wisata yang keren dan juga berkelas internasional ternyata dikelola dan dikuasai oleh asing. Pernahkah Anda tahu bahwa di kawasan Raja Ampat, hampir sebagian besar dikembangkan oleh pihak dari luar negeri hingga menjadi tempat liburan yang cantik seperti sekarang? Jangan kaget, masih ada banyak tempat wisata yang dikuasai asing di Indonesia ini:

1. Wakatobi – Gugusan Kepulauan Yang Jadi Ngetop Setelah Dikelola Pihak Asing

Kabupaten yang baru dibentuk pasca pemekaran wilayah ini memang istimewa. Terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi terdiri dari beberapa pulau yang memiliki potensi besar untuk tempat wisata dan aktivitas alam bawah laut seperti diving dan snorkeling. Semua keindahan di sana belum tergali dengan maksimal, sampai pihak asing ‘turun tangan’.

wakatobi (c) diversiondivetravel

Menurut Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil, kepulauan di Wakatobi juga banyak yang dikontrak oleh investor asing dengan jangka waktu yang lama. Di pulau-pulau dibangun resort, bungalow, private island, diving spot dan berbagai penunjang liburan lainnya. Sejak banyaknya fasilitas berkelas dibangun, wisatawan baik lokal ataupun luar negeri makin banyak yang datang.

Maklum saja, Taman Nasional Kepulauan Wakatobi memiliki keindahan alam yang membuat Anda terkagum-kagum. Sulawesi memang terkenal dengan terumbu karang dan biota laut yang tidak ada di perairan lainnya. Andai saja Wakatobi dikelola oleh negeri sendiri, pemasukannya pasti lebih besar daripada biaya sewa dan pajak yang dibayarkan oleh investor setiap bulannya pada Pemerintah.

Selanjutnya :Karimun Jawa – Makin Mendunia Sejak Dibangun Resort Milik Asing

2. Karimun Jawa – Makin Mendunia Sejak Dibangun Resort Milik Asing

Buat yang tinggal di Pulau Jawa, pergi liburan ke Bali atau Lombok kayaknya jauh banget ya? Lebih baik ke Kepulauan Karimun Jawa saja, dekat dan juga tinggal nyebrang beberapa jam saja dari Jawa Tengah. Di sana, Anda bisa berenang dengan ikan hiu, snorkeling, berjemur sepuasnya sampai pesta seafood sampai kenyang. Nah, jika dulu fasilitas menginap di sana minim, sekarang sudah jauh berbeda. Ini semua karena investor asing mulai masuk.

karimun jawa (c) tipsjalan

Kini, ada dua pulau di sana yang dikelola oleh pihak asing. Di sana sekarang dibangun resort dan juga fasilitas untuk wisata air. Pulau Menyawakan dan Kumbang sedang dipercantik agar makin banyak wisatawan yang datang. Keren ya?

Padahal jika penanam modal tersebut adalah pihak Pemerintah sendiri ataupun orang Indonesia, tentunya akan lebih membanggakan bukan? Mengingat Karimun Jawa belum banyak terekspos seperti Gili Trawangan di Lombok.

Selanjutnya :3. Anambas – Maldives Versi Indonesia, Yang Mengembangkan investor Amerika

3. Anambas – Maldives Versi Indonesia, Yang Mengembangkan investor Amerika

Indonesia terdiri dari banyak sekali pulau, maka tidak heran jika di antaranya terhampar lautan yang indah dan juga memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satunya adalah Kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepri. Jika Anda melihatnya, pasti deh mengurungkan diri buat liburan ke luar negeri. Alasannya?

anambas (c) worldin1001view

Dahlan Iskan mengatakan bahwa jika Anambas terus menerus diberikan perhatian besar dan juga dijaga alamnya, maka bukan tidak mungkin jika di sana akan menjadi selevel dengan kepulauan di Maldives. Ini artinya, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati pulau-pulau eksotik dengan hotel yang unik serta alam bawah laut yang menarik.

Mimpi ini sepertinya akan segera terwujud karena di Kepulauan Anambas tengah dikembangkan dan dibangun infrastruktur serta objek wisata yang keren oleh investor asal Australia, Prancis dan Amerika Serikat. Well, lagi-lagi pihak asing yang ‘jagoan’ menyulap potensi Indonesia jadi tidak kalah dengan tempat wisata dari negara lainnya.

Selanjutnya :4. Pulau Cubadak – Heboh Karena Pengelolanya Dituduh Arogan

4. Pulau Cubadak – Heboh Karena Pengelolanya Dituduh Arogan

Beberapa hari ini, masyarakat Indoesia seperti tersulut jiwa nasionalismenya mendengar berita mengenai Pulau Cubadak. Kawasan wisata yang terletak di lepas pantai Provinsi Sumatera Barat ini telah berubah menjadi resort eksklusif dan tidak sembarangan orang bisa memasukinya. Bahkan pengelolanya tidak segan untuk mengusir mereka yang iseng merekam aktivitas di sana tanpa izin. Wow, segitunya?

pulau cubadak (c) equinoxe

Tapi mari kita lihat lagi, sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah. Pulau Cubadak yang indah ini memang sudah disewa untuk jangka panjang dan yang masuk haruslah tamu yang menginap. Maka tidak heran jika ada yang merekam tanpa izin, mendapatkan teguran keras. Padahal seandainya saja kalau dikelola oleh Pemerintah Indonesia sendiri, pasti peraturannya tidak sekeras ini bukan?

Berikut Videonya :

Namun semuanya telah terjadi, mari menghormati peraturan yang ada sembari memperbanyak kawasan wisata yang dikelola sendiri. Agar bisa dinikmati dengan lebih bebas dan juga tidak banyak batasan, setuju?

Selanjutnya :5. Raja Ampat – Ternyata Banyak Investor Yang Tidak Terdaftar

5. Raja Ampat – Ternyata Banyak Investor Yang Tidak Terdaftar

Banyak orang bilang, kalau liburan ke Raja Ampat lebih mahal daripada jalan-jalan ke luar negeri. Ini karena harga tiket transportasinya yang selangit. Namun semua itu worth it kok saat sampai di sana, di luar negeri tidak ada kepulauan dan laut seindah sudut cantik di Timur Indonesia ini. Jasa siapa yang membuat Raja Ampat jadi shine bright like a diamond seperti ini?

raja ampat (c) scubadiveasia

Mau tidak mau, kita haru angkat topi pada investor asing yang melirik Raja Ampat untuk dikembangkan. Selama puluhan tahun, Pemerintah belum terpikir untuk membangun Raja Ampat sebagai pusat liburan paling keren dan dream destination bagi semua orang. Sayangnya, hampir sebagian investor asing di Raja Ampat merupakan investor yang tidak terdaftar.

Padahal, Raja Ampat berpotensi untuk menjadi liburan wisata laut nomor satu di dunia karena memiliki biota laut dan flora yang cantik di dalamnya. Belum lagi diving spot yang keren dan air laut yang bersih, Raja Ampat memang surga dunia. Semoga saja, ke depannya semua kawasan wisata ini bisa dikelola sendiri, sehingga kita tidak lagi menjadi tamu, di negeri sendiri.

Berikut Video Keindahan Raja Ampat:
Baca Artikel Seru Lainnya: 6 Bangunan Bersejarah Paling Megah di Dunia

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago