Trending

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR jadi hal yang paling ditunggu-tunggu menjelang momen Lebaran. Tapi, bagaimana jika mendapatkan THR bukan dari tempat kerja, melainkan dari desa tempat tinggal?

Itulah yang dirasakan semua warga Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Setiap kepala keluarga (KK) mendapatkan uang THR menjelang hari raya Idulfitri 2024. Banyak pertanyaan muncul di benak netizen, seperti dari mana uang tersebut berasal dan apa alasan pihak desa memberikan THR tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Mendapat THR 400 Ribu

Menjelang Lebaran tahun ini, setiap KK Desa Wunut mendapatkan uang tunai sebesar Rp400 ribu. Jika ditotal, pihak desa menggelontorkan Rp297,6 juta untuk 744 KK. Pembagian THR ini bertujuan untuk berbagi, khususnya di momen Lebaran dan bisa dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Mendapatkan 400 Ribu [Sumber Gambar]
Warga diminta berkumpul di aula kantor desa dibagi berdasarkan RT dan RW sehingga tidak berdesakan. Mereka diminta untuk membawa KTP dan KK sebagai bukti pengambilan THR. Setelah dilakukan pengecekan, kemudian penyerahan uang tunai. Jika tidak bisa datang, bisa diwakilkan dengan membawa fotokopi KK.

Berasal dari Pendapatan Asli Desa

Kejadian yang bikin heboh ini ternyata sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir, tepatnya sejak tahun 2023. Sumber dana THR berasal dari Pendapatan Asli Desa atau PADes berkat pengelolaan BUMDes objek wisata Umbul Pelem Water Park. Jika tahun 2023 lalu setiap KK mendapat Rp300 ribu, kini naik sebesar Rp100 ribu per KK. Hal ini karena PADes juga naik pada tahun ini. Tahun 2023 PADes sebesar Rp2,5 miliar dan kini naik hingga Rp3,1 miliar.

Pembagian THR Warga Desa Wunut [Sumber Gambar]
Berawal dari sebuah desa dengan pendapatan kecil, Desa Wunut kini menjadi desa yang makmur. Sejak tahun 2016 lalu, objek wisata yang awalnya tidak produktif kemudian diubah menjadi objek wisata modern yang begitu menghasilkan.

Mendapat Manfaat Lain

Selain mendapat THR, warga juga menerima bantuan pembiayaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sejak 2021 lalu. Bagi mereka yang BPJS Kesehatannya belum terbantukan oleh pemerintah dan dibantu oleh pihak desa adalah sebanyak 540 orang. Sedangkan lebih dari 1.400 orang yang tidak tergolong BPU (bukan penerima upah) mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka adalah pedagang, petani, dan lainnya.

Mendapat Manfaat Lain Juga [Sumber Gambar]
Berkat lancarnya pemasukan PADes pula, warga mendapatkan zakat dan santunan, bagi mereka yang sakit atau meninggal dunia. Santunan sebesar Rp200 ribu bagi mereka yang sakit dan Rp1 juta akan didapatkan jika ada yang meninggal. Selain itu, desa ini juga mengelola air bersih sendiri dari Umbul Gede sejak 2019, sehingga tarif air bersih lebih murah, yaitu Rp10 ribu per 15 meter kubik.

BACA JUGA: Kampung Youtuber Bondowoso, Pendapatan Warga Tinggi sampai Bisa Lunasi Utang dan Beli Kendaraan

Banyak warga yang meski telah menikah dan tinggal di tempat lain, tetap mendaftarkan alamat mereka di Desa Wunut karena manfaat yang diberikan kepada mereka. Meski tidak tinggal di sana, manfaat-manfaat tersebut akan disampaikan. Bahkan, ada rencana untuk THR sebesar Rp1 juta di tahun mendatang, namun tidak semuanya berupa uang tunai melainkan setengahnya menjadi tabungan investasi.

Share
Published by
H

Recent Posts

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

1 day ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

2 days ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

3 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

4 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

5 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

7 days ago