Categories: Trending

4 Tradisi Pemakaman yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia, negara yang kaya akan tradisi. Dengan ratusan suku dan daerah yang berbeda, tentunya masing-masing memiliki tradisi yang unik.

Baca Juga :4 Artis Korea ini Awet Muda dan Tak Bisa Menua!

Salah satu tradisi unik tersebut adalah tradisi prosesi pemakaman saat kematian. Ada hanya seram, tapi ada juga yang sederhana. Seperti 4 daerah yang memiliki tradisi ini yang cocok untuk menjadi alternatif wisata budaya di Indonesia.

1. Bali, Membiarkan Jenazah di Atas Tanah

Bali terkenal dengan prosesi upacara kremasi saat kematian yang disebut Ngaben. Tapi ada yang berbeda dengan penduduk di Kabupaten Bangli. Masyarakat membiarkan jenazah berserakan diatas tanah di Kuburan Trunyan yang lokasinya berada di dekat Danau Batur.

Kuburan Trunyan (wikimedia)

Berada di kuburan Trunyan ini, peziarah maupun traveler akan menjumpai tulang-tulang yang berserakan di banyak tempat. Jijik mencium bau tak sedap di kuburan ini? Jangan salah. Disini, Anda tak akan mencium bau mayat yang menyengat. Ini disebabkan keberadaan pohon Taru Menyan yang berada di lokasi kuburan ini. Konon, akar-akar pohon yang menjalar inilah yang menghilangkan bau mayat di kuburan Trunyan.

2. Sulawesi Selatan, Rambu Solo

Masyarakat suku Toraja yang menghuni kawasan Sulawesi Selatan juga memiliki tradisi pemakaman kematian khas, yang disebut dengan Rambu Solo. Tradisi yang mengeluarkan biaya yang tak sedikit ini digelar sebagai tanda penghormatan terakhir kepada warga yang telah meninggal.

Tradisi Rambu Solo Toraja (tempo.co)

Setelah prosesi acara, jenazah diusung menggunakan tongkonan yang merupakan rumah adat khas Toraja dan dibawa menuju makam-makam di tebing dan gua. Dalam upacara adat ini juga dibuat boneka kayu yang dibuat semirip sosok yang meninggal dunia. Boneka tersebut diletakkan di dekat makam mendiang yang telah pergi.

3. Jawa Timur, Brobosan

Brobosan adalah upacara kematian yang dilakukan masyarakat Jawa Timur. Tradisi unik ini terbilang sederhana. Seluruh anggota keluarga mendiang, berjalan mengelilingi bawah keranda jenazah yang diangkat sebanyak tiga kali.

Tradisi Brobosan (news.detik.com)

Tradisi ini dimaksudkan sebagai penghormatan pada mendiang dan untuk mengenang masa hidupnya. Setelah keluarga mengitari keranda, jenazah langsung dikebumikan.

4. Sumatera Utara, Saur Matua

Satu lagi tradisi pemakaman yang unik. Lokasinya berada di Sumatera Utara. Saur Matua adalah upacara penghormatan terakhir yang dilakukan suku Batak pada mendiang. Upacara adat ini dilakukan jika semua anak dari mendiang telah menikah.

Saur Matua, Adat Batak (herlina.org)

Jika pada pemakaman biasa, tangan dari jenazah diletakkan di depan dada, maka pada tradisi Saur Matua ini, tangan dari mendiang diletakkan di samping badan. Prosesi Saur Matua ini dilakukan sebagai penghormatan bagi mendiang, karena telah mendidik anak-anaknya dengan baik, hingga menikah.

Tradisi-tradisi diatas tak hanya sekedar upacara adat biasa, namun terdapat pesan moral yang dapat diambil yang mana seseorang yang menebar kebaikan semasa hidupnya, pasti akan dikenang.

Share
Published by
didi

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago