Categories: Tips

6 Fakta Tentang Susi Pudjiastuti, Wanita Tamatan SMP Yang Kini Jadi Menteri

Tekad kuat Susi untuk mencapai mimpinya membuatnya memutuskan keluar dari sekolah saat masih kelas 2 SMU. Dari situ saja, sudah bisa dibayangkan unik dan menariknya wanita dengan rambut bergelombang dan berpenampilan cuek ini bukan? Ia adalah Susi Pudjiastuti, sosok yang kerap dianggap aneh dan nyeleneh, namun menginspirasi. Walau tidak menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang yang tinggi, ia berhasil memiliki beberapa usaha yang besar, salah satunya adalah maskapai Susi Air.

Baca Juga: 5 Fakta Anak Jokowi Yang Jarang Diketahui Publik

Dalam kabinet Indonesia Bekerja di masa pemerintah Presiden Jokowi, Susi Pudjiastuti mendapatkan mandat untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Kiprahnya untuk membuat hasil laut Indonesia mendunia memang patut diacungi jempol. Selain memilih drop out dari sekolah dan juga bertato, sisi menarik apalagi yang ada di dalam wanita yang gaya bicaranya ceplas-ceplos ini?

1. Susi Sejak Kecil Bercita-Cita Punya Pesawat Terbang

Tidak banyak orang yang bisa dan berani mewujudkan cita-citanya saat masih kecil. Kebanyakan ‘melempem’ saat sudah mengenal dunia nyata yang keras, dan menyerah menjadi apa yang ada di depannya. Namun tidak dengan Susi Pudjiastuti. Percaya atau tidak, sejak masih SD ia punya cita-cita untuk membeli pesawat terbang!

Susi di Dalam Pesawat Miliknya (c) gelumbang

Ia mengatakan bahwa saat masih duduk di bangku sekolah dasar, ia kerap melihat pesawat terbang melintas di udara. Lalu Susi berteriak “ada pesawat ada pesawat! suatu hari aku bakalan beli pesawat sendiri” lalu sang Ibu mengatakan bahwa sebagai anak desa dari keluarga sederhana, cita-cita Susi dianggap aneh. Namun ia tidak mengubur mimpi itu, bahkan saat pelajaran menggambar, ia tidak menggambar gunung dan sawah.

Susi menggambar sebuah pesawat yang di dalamnya ada keranjang berisi ikan dan udang. Gurunya saat itu mengatakan bahwa pesawat harusnya diisi manusia, bukan ikan dan udang. Tapi Susi bersikeras bahwa jika nanti ia beli pesawat, isinya adalah hasil laut di dekat rumahnya. Dream, believe, make it happen. Puluhan tahun kemudian, gadis kecil pemimpi ini berhasil memiliki usaha ekspor ikan dan dikirim menggunakan pesawat terbang miliknya sendiri. Hebat!

Selanjutnya : 2. Susi Drop Out Dari Sekolah Dan Memilih Jualan Ikan

2. Susi Drop Out Dari Sekolah Dan Memilih Jualan Ikan

Sejak masih kecil, ia menyadari bahwa banyak orang menganggapnya aneh. Bercita-cita punya pesawat yang diisi ikan, merasa bosan sekolah dan ingin berkembang di dunia wirausaha membuatnya mengambil keputusan besar. Saat masih duduk di kelas 2 SMU, ia memutuskan untuk keluar dan mulai berjualan.

Wanita Ini Pemimpi Dan Pantang Menyerah (C) UGM

Wanita tangguh yang pantang menyerah ini tidak lantas langsung sukses. Ia sempat berjualan sprei, baju hingga tengkulak cengkeh. Setelah mendapatkan pengalaman dari berjualan, ia kemudian melirik potensi hasil laut di Pangandaran. Dari seorang siswi berseragam, ia menjelma menjadi tukang jualan ikan laut segar.

Dasar Susi Pudjiastuti tidak bisa berhenti berpikir, ia tercetus ide untuk menjual hasil laut segar ke Jakarta. Ya, tiap sore usai mengambil ikan di pelelangan di tepi laut, Susi mengangkutnya naik sepeda motor, dibawa ke Jakarta untuk dijual di sana. Ia melakukannya setiap hari, tidak peduli cuaca panas atau angin besar bahkan hujan badai, ia tetap keukeuh untuk jualan.

Selanjutnya : 3. Kisah Cintanya Tidak Selancar Bisnisnya, Susi Sudah 3 Kali Menikah

3. Kisah Cintanya Tidak Selancar Bisnisnya, Susi Sudah 3 Kali Menikah

Di usianya yang baru 45 tahun, Susi Pudjiastuti telah memiliki beberapa usaha yang besar yaitu di bidang penerbangan (PT ASI Pudjiastuti Flying School dan PT ASI Pudjiastuti Aviation) serta bisnis di bidang penjualan ikan (PT ASI Pudjiastuti Marine Product). Hidupnya yang keras dan juga tekad kuatnya untuk tidak terus hidup dalam keterbatasan membuatnya menjadi wanita yang tangguh dan sibuk setiap saat. Inilah yang membuat kehidupan percintaannya tidak seindah kariernya di bidang bisnis.

Susi Bersama Sang Suami (c) pikiran-rakyat

Susi Pudjiastuti telah mengalami pahitnya perceraian hingga 2 kali hingga akhirnya bertemu dengan sosok Christian von Strombeck, seorang aviation engineer yang memberi dukungan 100% pada Susi. Bersama dengan Christian, Susi kemudian membuat sebuah terobosan untuk mengirim ikan yang masih segar ke lintas pulau dan negara, yaitu menggunakan pesawat terbang.

Wonder woman satu ini mengatakan bahwa laki-laki biasanya ‘menyerah’ pada sosoknya yang cukup keras kepala, pantang menyerah serta punya tekad sekuat baja. Namun Christian mampu mengimbanginya dengan memberikan Susi Pudjiastuti kebebasan serta dukungan plus menjadi teman curhat jika ada kendala dalam bisnisnya.

Selanjutnya : 4. Pinjam ke Bank Untuk Beli Pesawat, Malah Ditertawakan

4. Pinjam ke Bank Untuk Beli Pesawat, Malah Ditertawakan

Awal tahun 2000, Susi Pudjiastuti memiliki ide untuk mengirim hasil laut menggunakan pesawat. Selain lebih cepat, juga menguntungkan karena ikan segar harganya lebih mahal daripada yang sudah beberapa jam mati atau bahkan terlalu lama di dalam pendingin. Dari gagasan inilah, ia mengajukan business plan ke beberapa bank untuk meminjam modal beli pesawat dan membangun landasan terbang. Namun apa yang terjadi?

Susi Pudjiastuti Tetap Berpenampilan Sederhana

Ia ditertawakan dan dianggap gila. Susi sambil tertawa menceritakan bahwa kata orang bank, mana bisa udang dan ikan membayar cicilan beli pesawat terbang? Bukan Susi Pudjiastuti namanya jika menyerah begitu saja, ia tetap berusaha dan akhirnya mendapatkan pinjaman dari salah satu bank.

Secara tidak sengaja, mimpinya untuk punya pesawat terbang dan diisi ikan telah terwujud. Sekarang, Susi Air tidak hanya mengangkut ikan tapi ada yang melayani penerbangan ke daerah pelosok, mengirim logistik ke tempat-tempat yang sulit dicapai dan masih banyak lagi. Susi Pudjiastuti, mewujudkan mimpi dan membantu banyak orang dalam satu waktu.

Selanjutnya : 5. Wanita Nyentrik Yang Ngerokok Dan Bertato

5. Wanita Nyentrik Yang Ngerokok Dan Bertato

Susi Pudjiastuti memang wanita yang sungguh luar biasa dan unik. Jika wanita lain sibuk dandan dan mempercantik diri, maka Susi akan mengecek tempat usahanya menggunakan celana pendek, kaus, rambut sedikit berantakan dan rokok di tangannya. Ya, wanita berwajah tegas ini memang merokok dan memiliki tato di betis sebelah kanan bergambarkan burung phoenix.

Susi Pudjiastuti

Ia memang wanita yang tidak begitu peduli omongan orang. Baginya, hidupnya mengalir seperti apa yang ia perjuangkan, bukan atas komentar orang. Sempat ada tanggapan negatif ‘menteri kok tatoan? perempuan pula! ngrokok juga. Duh!’ Namun Susi tidak berusaha menepisnya. Ia hanya akan bekerja dan membuktikan bahwa di balik penampilannya yang agak amburadul, ia bisa diandalkan dan siap memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Selanjutnya : 6. Susi Bisa Bicara Beberapa Bahasa Dan Tidak Pernah Jaga Image

6. Susi Bisa Bicara Beberapa Bahasa Dan Tidak Pernah Jaga Image

Menjadi seorang boss dari beberapa perusahaan besar dan juga punya maskapai penerbangan tidak lantas membuat Susi Pudjiastuti berubah menjadi wanita yang high class dan jaga image. Ia tetap apa adanya, bahkan orang kadang tidak percaya bahwa ia merupakan pemilik dari Susi Air. Di balik penampilan biasa saja, ia cas cis cus bicara dengan beberapa bahasa lho!

Susi Pudjiastuti Kerap Menerima Penghargaan (c) beritasatu

Susi tidak kesulitan ngobrol dengan Pilotnya yang berasal dari Eropa atau Amerika karena fasih berbahasa Inggris. Jangan salah, walau tidak tamat SMU namun Susi suka belajar dan baca buku bahasa Inggris. Ia juga fasih beberapa bahasa daerah dan suka belajar bahasa. Luar biasa!

Rasanya membicarakan sosok Susi Pudjiastuti tidak akan ada habisnya. Ia adalah wanita yang nyentrik, berpenampilan semau gue tapi jujur dan ulet. Semoga di bawah kememimpinannya, Kementerian Kelautan dan Perikanan semakin maju dan juga membawa Indonesia ke tahap yang lebih baik lagi. Selamat bekerja, Ibu Susi!

Baca Juga: 5 Upacara Pelantikan Presiden Yang Unik Dari Seluruh Dunia

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago