Categories: Trending

Pengen ke Surga Taman Laut? Kunjungi 5 Spot Diving Keren Ini!

Indonesia terkenal sebagai negara maritim yang terdiri dari ribuan pulau dan dikelilingi jutaan kilometer lautan. Maka tak heran jika dalam lagu nenek moyangku dikatakan bahwa nenek moyang orang Indonesia adalah seorang pelaut yang gemar mengarungi samudera. Sudah bukan rahasia lagi jika negeri tercinta ini memiliki kekayaan laut yang luar biasa melimpah. So, tidak heran jika seperempat kekayaan laut dunia dimiliki Indonesia.

Baca Juga :5 Masjid Paling Megah di Seluruh Dunia

Dengan beragamnya biota laut yang ada di perairan kita maka banyak penyelam dunia berbondong-bondong datang untuk menyelaminya, itulah sebabnya laut kita begitu kondang di antara penyelam dunia. Malah kita sebagai orang pribumi sering ketinggalan informasi tentang spot-spot diving yang keren abis di negara sendiri. Padahal surga taman laut dunia itu salah satunya ya di Indonesia ini. Berikut kami ulas 5 spot diving keren yang wajib disambangi para diver.

1. Raja Ampat, Papua – Sensasi Menyelam di Akuarium Tropis

Beberapa tahun terakhir tempat ini menjadi sorotan media lokal maupun Internasional karena keindahan alamnya, baik itu daratan maupun alam bawah lautnya. Lokasi Raja Ampat berada di Provinsi Papua Barat dan terdiri atas 1.500 pulau yang diklaim sebagai tempat dengan pemandangan bawah laut terindah di Indonesia. Menurut cerita para diver yang sudah menjelajahi alam bawah laut Raja Ampat, menyelam di spot diving Raja Ampat serasa berenang di dalam akuarium tropis. Bagaimana tidak, perairan ini memiliki koleksi biota bawah laut yang spektakuler.

Spot Diving Raja Ampat

Kawasan Raja Ampat adalah rumah bagi 75% spesies koral yang ada di bumi. Sebagai perbandingannya jika traveler menyelam di Raja Ampat maka akan menemukan spesies koral keras 10 kali lipat lebih banyak daripada Karibia. Keren banget kan! Buat yang sudah tak sabar ingin ke sana perhatikan dulu tips musim menyelam berikut ini. Jadi datanglah pada bulan-bulan kecuali bulan Juli, Agustus, dan September sebab pada bulan itu gelombang sedang tinggi.

Selanjutnya : 2. Wakatobi, Sulawesi Tenggara – Surga Laut di Pulau “Tukang Besi”

2. Wakatobi, Sulawesi Tenggara – Surga Laut di Pulau “Tukang Besi”

Wakatobi merupakan “pemain” lama dalam bidang diving di Indonesia. Surga bawah laut Wakatobi berada di lepas pantai Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri dikenal juga sebagai kepulauan Tukang Besi. Nah yang satu ini pasti belum banyak yang tahu jika nama Wakatobi merupakan singkatan dari nama-nama pulau utama di kepulauan tersebut, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko.

Spot Diving Wakatobi

Tahukah kamu jika 750 dari total 850 spesies koral dunia dapat ditemukan di Wakatobi? Hasil ini merujuk pada riset yang dilakukan tim ekspedisi Operation Wallacea dari Inggris yang melakukan penyelaman pada tahun 1995. Selain itu Wakatobi juga menjadi rumah bagi spesies penyu langka lho, ada penyu tempayan, penyu sisik dan penyu lekang. Tips menyelam di Wakatobi, bulan Maret dan Desember adalah waktu terbaik unutk menyelam, namun jangan lewatkan melihat kawanan paus sperma yang rutin berkunjung ke perairan ini pada bulan November.

Selanjutnya : 3. Alor, Nusa Tenggara Timur – “Baruna’s Dive Site at Alor

3. Alor, Nusa Tenggara Timur – “Baruna’s Dive Site at Alor

Pulau Alor merupakan satu dari 92 pulau terluar Indonesia yang letaknya berada di bagian timur Nusa Tenggara dan dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda. Pulau ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste di sebelah Selatan. Di pulau Alor kita dapat menemukan banyak destinasi wisata yang keren dan budaya lokal yang eksotis.

Spot Diving Pulau Alor

Yang menjadi incara para turis mancanegara di pulau kecil ini tidak lain adalah keindahan pantai, kekayaan biota laut, dan juga spot diving yang keren abis. Alor sendiri diklaim sebagai surga tersembunyi para pecinta wisata bahari karena meskipun Alor hanya sebuah pulau kecil namun memiliki 18 titik selam yang disebut “Baruna’s Dive Site at Alor”. Wuih keren abis.
Perairan di pulau Alor ini digadang-gadang memiliki kejernihan yang tiada tanding, bayangkan saja saking jernihnya jarak pandang perairan Alor mencapai 40 meter. Dengan kondisi seperti itu kita dengan mudah melihat ikan warna-warni dan kehidupan hewan laut secara langsung, maka tak heran jika perairan Alor disebut sebagai yang terbaik setelah Kepulauan Karibia.

Selanjutnya : 4. Morotai, Maluku Utara – Surga Laut di Pulau Paling Utara Indonesia

4. Morotai, Maluku Utara – Surga Laut di Pulau Paling Utara Indonesia

Kembali lagi ke Indonesia Timur, tepatnya di Kabupaten Morotai. Bagi yang belum begitu familiar dengan nama kabupaten ini tentu bisa dimaklumi sebab kabupaten ini baru diresmikan 6 tahun silam tepatnya pada 29 Oktober 2008. Awalnya Kabupaten Morotai ini adalah bagian dari wilayah kabupaten Halmahera Utara yang kemudian menjadi Kabupaten sendiri setelah terjadi pemekaran wilayah.

Spot Diving Morotai

Pulau Morotai terbilang pulau kecil dengan sejuta pesona. Banyak orang bilang jika Morotai dalah surga di timur Indonesia, hal ini mengacu pada kekayaan bawah lautnya, dengan lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Yang unik dari perairan Morotai yaitu di kedalaman lautnya banyak sekali bekas-bekas reruntuhan kapal pada zaman Perang Dunia II sehingga sempat dijuluki sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik” selain itu juga terkenal dengan julukan “Hidden paradise of East Indonesia”.

Selanjutnya : 5. Bunaken, Sulawesi Utara – Spot Diving yang Terkenal Sejak 1970-an

5. Bunaken, Sulawesi Utara – Spot Diving yang Terkenal Sejak 1970-an

Terumbu karang laut Bunaken sudah terkenal di mancanegara sejak tahun 1970-an. Bisa jadi Bunaken adalah spot diving tertua di Indonesia. Perairan sekitar pulau kecil di lepas pantai Manado, Sulawesi Utara, tersebut berlimpah ikan karang warna-warni, termasuk ikan duyung dan kima raksasa yang sangat langka.

Spot Diving Bunaken

Pasca pemetaan wilayah bawah laut ditemukan setidaknya terdapat 25 spot yang idela untuk penyelaman di perairan Bunaken. Bagi diver yang ingin meyelami surga bawah laut Bunaken datanglah pada bulan Mei sampai Oktober. Bulan-bulan itu adalah yang paling ideal untuk mengunjungi pulau ini karena sedang berlangsung musim kemarau sehingga keadaan perairanpun relatif lebih tenang.

Baca Juga :10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago