Trending

3 Orang Pintar Indonesia di Usia Muda yang Keberadaannya Disegani Dunia Internasional

Usia muda memang menjadi kesempatan emas untuk mengukir prestasi lewat berbagai hal yang positif. Salah satunya di bidang yang pendidikan yang akhirnya melambungkan sosok pria bernama Rendra Panca Anugraha. Dilansir dari its.ac.id, mahasiswa yang berasal dari Departemen Teknik Kimia ITS itu resmi menjadi Doktor Termuda di Indonesia pada 24 tahun.

Sebagai negara yang besar, Indonesia sejatinya kaya akan talenta-talenta muda yang berbakat. Bahkan, mereka yang dikaruniai kecerdasan di atas rata-rata ini banyak menorehkan prestasi hingga ke tingkat global. Tak heran jika masyarakat asing menaruh hormat dan merasa segan dengan keberadaan mereka. Siapa saja kaum muda berprestasi tersebut? Simak ulasan berikut.

Hebatnya ‘dokter sampah’ asal Indonesia yang sempat berdiskusi dengan Presiden Rusia

Semasa masih menjadi mahasiswa, Gamal Albinsaid beserta teman-temannya di Malang, Jawa Timur, mendirikan Klinik Asuransi Sampah yang kelak membesarkan namanya. Dari Dilansir dari bbc.com, ia meraih banyak penghargaan internasional berkat inovasinya yang terbilang unik itu.

Salah satunya adalah menjadi penerima penghargaan pertama Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards, di Inggris pada awal 2014 yang diserahkan langsung oleh Pangeran Charles. Tak hanya itu, ia bahkan sempat berdiskusi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang memintanya untuk mengembangkan inovasinya dengan para pemuda dari negara-negara lain.

Wanita jenius Audrey Yu Jia Hui yang berhasil menjadi sarjana fisika di AS

Nama Audrey Yu Jia Hui tak banyak dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Meski demikian, sosoknya bisa dibilang merupakan salah satu talenta emas yang bisa menjadi aset bangsa di masa depan. Laman liputan6.com menuliskan, ia telah mengambil tes SAT, semacam ujian nasional di Amerika Serikat pada usia 11 tahun.

Audrey Yu Jia Hui yang dikenal sebagai sosok yang cerdas di usia muda [sumber gambar]
Jenjang SMA-nya pun hanya dilewati sekitar 1 tahun saja. Hebatnya lagi, wanita yang masuk sebagai salah satu dari 72 ikon berprestasi Indonesia ini berhasil masuk ke The College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat di jurusan fisika pada usia 13 tahun. Bisa dibilang, dirinya mampu menyelesaikan pendidikan formal hanya dalam waktu yang singkat.

Rendra Panca Anugraha jadi Doktor termuda Indonesia di usia 24 tahun

Nama Rendra Panca Anugraha baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di dunia maya lantaran raihan prestasinya yang begitu cemerlang. Dikutip dari laman its.ac.id, pemuda kelahiran Bondowoso, 25 November 1994 berhasil lulus dan menjadi doktor termuda di usia 24 tahun 4 bulan.

Rendra Panca Anugraha jadi Doktor termuda Indonesia di usia 24 tahun [sumber gambar]
Hebatnya, Rendra hanya butuh waktu 3,5 tahun saja untuk menyelesaikan pendidikannya tersebut. Selama kurun waktu itu pula, mahasiswa Institut Teknologi Surabaya (ITS) di Departemen Fisika itu berhasil melakukan publikasi penelitian di tiga jurnal ilmiah internasional bereputasi, serta dua seminar internasional.

BACA JUGA: 5 Penemuan Penting Yang Ditemukan Oleh Ilmuwan Asal Indonesia

Berusia muda dan berprestasi. Hal itulah yang membuat para jenius di atas dikenal secara luas. Baik oleh publik di dalam negeri sendiri maupun hingga ke pentas internasional. Meski tak memiliki kecerdasan seperti para tokoh di atas, setidaknya kita bisa mengenal, bahwa Indonesia sejatinya kaya akan talenta-talenta berbakat yang tak kalah dengan negara lainnya.

———-

Referensi sumber tulisan:

1. Presiden Putin sebut inovasi dokter muda Indonesia pendiri klinik asuransi sampah sebagai ‘misi khusus’
https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-41723605

2. Audrey Yu Jia Hui, Dara Jenius Ajak Masyarakat Cinta Pancasila
https://www.liputan6.com/tekno/read/3066494/audrey-yu-jia-hui-dara-jenius-ajak-masyarakat-cinta-pancasila

3. Usia 24 Tahun, Raih Gelar Doktor Termuda di ITS
https://www.its.ac.id/news/2019/03/17/usia-24-tahun-raih-gelar-doktor-termuda-di-its/

Share
Published by
Dany

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago