Nggak Cuma Kandang Bonek, Ini Lho Prestasi Internasional Kota Surabaya Yang Membanggakan

oleh dyan
11:00 AM on May 24, 2016

Surabaya memang identik dengan Bonek, suporter yang kerap disebut berbahaya. Memang Surabaya adalah kandangnya Bonek, tapi kota yang juga punya julukan Kota Pahlawan ini ternyata juga punya segudang prestasi lho. Tidak hanya penghargaan tingkat nasional, Surabaya juga menyabet beberapa penghargaan di kancah internasional.

Penghargaan-penghargaan ini tentu didapat karena kekompakan pemerintah dan juga warganya. Apa sajakah penghargaan level internasional yang pernah didapatkan oleh kota Surabaya? 6 di antaranya adalah berikut ini :

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Future City (Kota Masa Depan) di Socrates Award

Socrates Award 2014 [Image Source]
Socrates Award 2014 [Image Source]
Pada tahun 2014, Surabaya mendapatkan total 28 penghargaan skala nasional dan 1 penghargaan internasional. Prestasi internasional tersebut adalah dari Future Government tingkat Asia-Pasifik kategori Future City yang diselenggarakan di London dalam bagian acara London Summit of Leaders.

2. Taman Bungkul Dapat Penghargaan Dari PBB

taman bungkul
Taman Bungkul [Image Source]
Untuk pertama kalinya taman dari Indonesia mendapatkan pengakuan dari PBB. Yep, Taman Bungkul mendapatkan penghargaan The 2013 Asian Townscape Award (ATA) yang juga dapat dukungan dari 4 organisasi level dunia yaitu UN Habitat Regional Office for Asia & The Pacific, Asia Habit Society, Asia Townscape Design Society dan Fukuoke Asia Urban Research Center.

3. ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award

ASEAN Environmentally Sustainable City [Image Source]
ASEAN Environmentally Sustainable City [Image Source]
Mewakili Indonesia, Surabaya mendapatkan penghargaan ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award tahun 2011. Penghargaan ini didapatkan karena Surabaya dinilai sebagai kota dengan udara dan air yang bersih, kebersihan kota juga turut dalam penilaian. Di ajang tersebut, beberapa negara seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam juga mendapatkan penghargaan yang sama.

4. Kota Terbaik di CityNet Award Asia-Pasifik

Surabaya [Image Source]
Surabaya [Image Source]
Dalam pertemuan walikota se-Asia Pasifik yang diselenggarakan di Surabaya, secara mengejutkan tuan rumah mendapatkan predikat sebagai salah satu kota terbaik di Citynet Award. Prestasi ini didapatkan karena kemampuan Surabaya dalam membangun kota secara berkelanjutan. Selain Surabaya, Seoul, Yokohama dan Mikita juga mendapatkan penghargaan kota terbaik.

Selain 4 penghargaan yang diterima dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang, sebelumnya Surabaya juga pernah mendapatkan Aga Khan Award untuk Kampung Kebalen pada tahun 1986. Japan Housing Association-IYSH Matsushita Award tahun 1988, UNEP Award tahun 1990, UNCD Local Government Honour Programme tahun 1992 dan World Habitat Award tahun 1992.

Setelah melihat begitu banyak prestasi yang dicetak oleh Surabaya, arek-arek Suroboyo pasti makin bangga ya? Terus berprestasi ya kota Surabaya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA