Categories: Tips

5 Sinetron Horor Zaman Dulu ini Pasti Sukses Bikin Kamu Gak Berani Ke Kamar Mandi Sendiri

Halo pembaca setia Boombastis, kali ini kembali kita akan membahas soal dunia persinetronan tanah air. Topiknya gak jauh dari sinetron jadul, tapi mari kita persempit ruang lingkupnya menjadi sinetron jadul bergenre horor atau hantu. Kamu mungkin sudah jengah dengan sinetron sekarang. Bukan karena soal kekakuan akting para pemainnya atau minimnya pesan moral yang dikandungnya. Tapi, sinetron zaman sekarang tuh terlalu monoton karena topiknya melulu soal cinta-cintaan. Lain halnya dengan sinetron zaman dulu, yang genrenya begitu berwarna. Salah satu yang paling digemari adalah sinetron hantu/horor.

Menyaksikan sinetron horor/hantu itu punya keunikan tersendiri. Ada semacam perasaan was-was dan ngeri ketika menunggu momen kehadiran si hantu, mengintip apa yang sedang terjadi lewat celah jari-jemari kita karena tak kuasa menyaksikan secara penuh, tapi di situlah keseruan menonton sinetron bergenre tersebut. Belum lagi kita secara tidak langsung akan mengasah kemampuan memori kita, karena di kelas pada keesokan harinya, kita akan saling berlomba untuk menceritakan kembali keseruan sinetron yang telah kita saksikan itu. Jadi, mana aja sih sinetron hantu/horor yang paling nyeremin?

1. Di Sini Ada Setan – Sinetron horor yang paling seru buat diceritain ulang di kelas

Film ini berkisah tentang sekumpulan remaja yang senantiasa menemui hal-hal mistis di sepanjang perjalanan mereka. Di sekolah, di tempat wisata, hingga tentunya rumah gedongan yang entah kenapa selalu saja digentayangi oleh arwah penasaran. Episode awalnya sendiri mengisahkan seorang gadis berusia 15 tahun yang belakangan baru menyadari bahwa dirinya menyimpan kemampuan indera keenam sehingga dapat melihat makhluk-makhluk tak kasat mata. Tak cuma horor sih, di sini juga diselipkan berbagai adegan kocak dan romantis antara para pemainnya.

Di Sini Ada Setan. [Image Source].
Kalau dipikir-pikir, selama tayangan ini mengudara (tahun 2003 – 2005) penulis masih belum beranjak dari bangku SD. Penulis juga masih ingat betul dengan wajah-wajah Thomas Nawilis, Rionaldo Stockhorst, Nagita Slavina, hingga Arifin Putera ketika masih culun-culunnya. Kalau sekarang sih, mereka semua udah pada kece dan sukses, iya gak? Tapi, ah, boro-boro nonton seepisode penuh. Dengerin lagu pembukanya aja, yang judulnya Antara Ada dan Tiada dari Utopia, penulis udah keburu ngacir ke ke kamar tidur soalnya merinding denger musik mencekam dan lirik getir yang disuarakan Via (vokalisnya) yang gak pernah gagal bikin bulu kuduk merinding.

2. Misteri Gunung Merapi – Seremnya Mak Lampir emang gak ada yang bisa nandingin

Misteri Gunung Merapi juga merupakan salah satu judul sinetron paling fenomenal yang tayang di awal milenium kedua. Sebuah kisah misteri yang berfokus pada sosok Mak Lampir. Seorang wanita tua pengguna ilmu hitam yang sepertinya tak bosan-bosannya berulah dengan sebuah kerajaan. Paling membekas dalam ingat kita tentu saja pekik tawa menyeramkan dari si sosok Mak Lampir itu.

Misteri Gunung Merapi. [Image Source].
Jauh sebelum dicemari oleh deretan sinetron termehek-mehek, Indosiar boleh berbangga karena pada saat itu televisi tersebut pernah menayangkan sinetron Misteri Gunung Berapi. Boleh dibilang, Misteri Gunung Merapi ini adalah sinetron one-woman-show. Karena selama tiga musim tayang, Mak Lampir yang diperankan oleh Farida Pasha, selalu menjadi pusat perhatian dan menjadi alasan kita untuk terus menontonnya.

3. Tuyul dan Mbak Yul – Si Ucil ama si Kentung emang jagonya ngocok perut kita

Premisnya kira-kira begini, si Ucil, yang diperankan oleh Ony Syahrial, melarikan diri dari kejaran tuyul algojo. Terdamparlah ia di sebuah pantai dan bertemu dengan jin laut yang kelak bakal jadi sohib seperjuangannya, Kentung. Lambat laun Ucil bertemu dengan Mbak Yul, manusia baik hati yang selalu menolongnya.

Tuyul dan Mbak Yul. [Image Source].
Tuyul dan Mbak Yul Ini adalah sinetron hantu yang bukannya bikin kita merinding terkencing-kencing tapi justru bikin ngakak guling-guling. Dengan efek film yang masih seadanya dan lokasi syuting yang itu-itu aja, TdMY terbilang cukup sukses dalam menguasai ranah persinetronan tanah air kala itu. Dan yang paling memorable apa lagi kalau bukan ulah si Samson dan si Pam-Pam untuk menangkap si Ucil yang selalu gagal dan berakhir dengan ucapan, “Gagal maning, gagal maning Son.”

4. Si Manis Jembatan Ancol – Hantu cantik yang bikin kita terpukau sama pesonanya

Sebuah sinetron yang terinspirasi dari sebuah kisah urban di Ibu Kota. Awalnya Mariam, sosok makhluk gaib tapi berwajah manis penunggu jembatan Ancol, berkomplot dengan Karina (Ozy Syahputra) untuk menyelamatkan Gilang, yang diperankan oleh aktor ganteng Ari Wibowo, yang nyaris tewas akibat usaha pembunuhan dari seorang pria yang tak rela jika wanita yang dicintainya jatuh ke pelukannya.

Si Manis Jembatan Ancol. [Image Source].
Sinetron ini terbagi ke dalam dua musim, pada musim pertamnya, sosok Maryam diperankan oleh Diah Permatasari, sedangkan pada musim keduanya, barulah ia digantikan oleh Kiki Fatmala. Sinetron horor-kocak ini juga pernah ditayangkan di RCTI, AnTV, hingga Indosiar. Konon, efek film ini dikerjakan secara khusus di Amerika Serikat!

5. Jadi Pocong – Hantu pocong paling serem yang sukses bikin kita nangis ngeliatnya

Sinetron hantu atau horor terakhir yang kita bahas adalah Jadi Pocong. Dibandingkan dengan nama-nama di atas, Jadi Pocong mungkin menjadi sinetron populer di urutan terbawah. Tapi, tetap saja nuansa horor mencekat yang dihadirkannya sedikit banyak membuat kita jantungan. Biang keroknya adalah si Mumun. Seorang wanita yang tewas dalam sebuah kecelakaan mobil. Ketika dikuburkan, ikatan tali pocongnya lupa untuk dilepas. Sejak saat itulah si Mumun mulai meneror orang-orang.

Jadi Pocong. [Image Source].
Sosok pocong Mumun diperankan oleh Eddies Adelia, yang saat itu riasan dan penampilannya dalam kain kafan bikin kita, para bocah, sampai mewek melihatnya. Kalau sekarang sih, boro-boro serem, yang ada malah adem karena udah berjilbab. Oh iya, selain itu ada juga Mandra yang berperan sebagai Bang Husein (ini nih orang yang lupa buka ikatan tali pocong si Mumun), dan almarhum Meggy Z juga, yang berperan sebagai Jamil.

Itulah kira-kira sinetron horor/hantu yang paling berkesan dan layak untuk dikenang. Memang, tak semua judul di atas murni menyajikan kengerian yang membuat kita takut melihatnya, karena ada juga selipan adegan atau obrolan kocak di dalamnya. Namun, semuanya disajikan dengan takaran yang pas, kok. Jadi, sinetron mana nih yang bikin kamu mesti ditemenin ortu buat ke kamar mandi?

Share
Published by
Faisal Bosnia Ahmad

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

19 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago