Categories: Tips

Serpihan Yang Ditemukan Telah Dipastikan Milik Air Asia QZ8501

Kementerian Perhubungan menyatakan petugasnya telah menemukan serpihan berwarna merah dan putih di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (30/12). Petugas pencari mengkonfirmasikan bahwa itu adalah serpihan badan pesawat namun belum bisa memastikan apakah Air Asia QZ8501 atau tidak.

“Serpihannya besar-besar terserak di tiga lokasi. Itu adalah serpihan pesawat,” tutur Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo di Jakarta, Selasa (30/12).

Serpihan Yang Ditemukan Telah Dipastikan Milik Air Asia QZ8501

Menurut Djoko, lokasi serpihan berada pada koordinat 03.52,50 S 110.30,53 E, 03.52,73 S 110.30,18 E, dan 03.52,62 S 110.29,39 E. Posisinya sekitar 100 mil barat daya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Serpihan-serpihan tersebut ditemukan oleh petugas pencari dari pesawat milik Balai Kalibrasi UPT Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Badan SAR Nasional memastikan bahwa serpihan yang ditemukan di perairan sebelah barat daya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah adalah pesawat AirAsia QZ8501. Basarnas memastikan hal itu berkat temuan tiga benda yang dipastikan milik pesawat.

Soelistyo mengatakan bahwa aspirator assembly (P/N 60322-105) mempunyai kemiripan dengan pesawat Air Asia QZ8501. Basarnas telah menghadirkan teknisi Air Asia untuk memastikan bahwa alat tersebut merupakan bagian dari pesawat AirAsia.

“Kita menemukan aspirator assembly yang sama dengan yang dimiliki pesawat Air Asia. Serpihan dari pesawat yang sampai sekarang ini barangnya sudah di-firm (dipastikan) tim AirAsia dan dibawa ke Pangkalan Bun,” kata F Henry Bambang Soelistyo, Kepala Basarnas Marsdya TNI di kantor pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/12).

Selain itu, tim gabungan juga menemukan sebuah koper kecil berwarna biru yang diduga milik penumpang Air Asia QZ8501. Ditemukan pula alat bernama resevoir slide craft yang dipastikan milik pesawat Air Asia yang hilang tersebut.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

8 hours ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

1 day ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

2 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

3 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

4 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

6 days ago