Serpihan Yang Ditemukan Telah Dipastikan Milik Air Asia QZ8501

oleh Alfry
08:18 AM on Dec 31, 2014

Kementerian Perhubungan menyatakan petugasnya telah menemukan serpihan berwarna merah dan putih di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (30/12). Petugas pencari mengkonfirmasikan bahwa itu adalah serpihan badan pesawat namun belum bisa memastikan apakah Air Asia QZ8501 atau tidak.

“Serpihannya besar-besar terserak di tiga lokasi. Itu adalah serpihan pesawat,” tutur Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo di Jakarta, Selasa (30/12).

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Serpihan Yang Ditemukan Telah Dipastikan Milik Air Asia QZ8501
Serpihan Yang Ditemukan Telah Dipastikan Milik Air Asia QZ8501

Menurut Djoko, lokasi serpihan berada pada koordinat 03.52,50 S 110.30,53 E, 03.52,73 S 110.30,18 E, dan 03.52,62 S 110.29,39 E. Posisinya sekitar 100 mil barat daya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Serpihan-serpihan tersebut ditemukan oleh petugas pencari dari pesawat milik Balai Kalibrasi UPT Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Badan SAR Nasional memastikan bahwa serpihan yang ditemukan di perairan sebelah barat daya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah adalah pesawat AirAsia QZ8501. Basarnas memastikan hal itu berkat temuan tiga benda yang dipastikan milik pesawat.

Soelistyo mengatakan bahwa aspirator assembly (P/N 60322-105) mempunyai kemiripan dengan pesawat Air Asia QZ8501. Basarnas telah menghadirkan teknisi Air Asia untuk memastikan bahwa alat tersebut merupakan bagian dari pesawat AirAsia.

“Kita menemukan aspirator assembly yang sama dengan yang dimiliki pesawat Air Asia. Serpihan dari pesawat yang sampai sekarang ini barangnya sudah di-firm (dipastikan) tim AirAsia dan dibawa ke Pangkalan Bun,” kata F Henry Bambang Soelistyo, Kepala Basarnas Marsdya TNI di kantor pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/12).

Selain itu, tim gabungan juga menemukan sebuah koper kecil berwarna biru yang diduga milik penumpang Air Asia QZ8501. Ditemukan pula alat bernama resevoir slide craft yang dipastikan milik pesawat Air Asia yang hilang tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA