Tips

Mengenal Semut Listrik, Serangga Berbahaya yang Bisa Memicu Kebakaran Gedung

Beberapa waktu lalu, Negara Inggris dikejutkan dengan adanya koloni semut yang tiba-tiba datang menyerang. Mungkin kita berpikirnya, semut yang mendatangi negara tersebut hanyalah serangga berwarna hitam pada umumnya. Namun, pemikiran kita tersebut salah besar Sahabat Boombastis. Sebab, semut yang dimaksud adalah serangga penyuka peralatan elektronik.

Meski kita sering sekali melihat banyak kawanan semut menempel pada barang elektronik, tapi hewan satu ini berbeda dengan jenis lainnya lho. Semut ini tertarik dengan kabel listrik dan kotak sambungan. Maka dari itu, hewan kecil satu ini dijuluki semut listrik.

Semut Listrik [Sumber Gambar]
Cukup unik memang julukannya, tapi begitulah adanya. Semut listrik ini sangat suka sekali dengan peralatan elektronik yang mengandung banyak kabel di dalamnya. Menurut Edward LeBurn, peneliti di University of Texas menyebutkan kalau semut ini tidak suka bersarang di dalam lubang tanah lantaran ukurannya yang hanya seperdelapan inci. Sehingga mereka merasa lebih aman untuk tinggal di peralatan elektronik yang sangat mudah untuk dilalui dan juga tidak ada hewan predator pemangsa mereka.

Bisa memicu konsleting listrik

Lalu, semut yang memiliki nama asli Rasberry Crazy ini ternyata bisa memicu konsleting listrik. Sebab, jika semut tersetrum, ia akan mengeluarkan feromon atau aroma untuk memberi tahu kepada koloni lainnya kalau kawanannya sedang diserang musuh. Sehingga semut-semut lain akan datang untuk membantu dengan cara menggigiti kabel yang dikira adalah musuhnya. Akibatnya, kabel listrik akan mengalami konsleting dan bisa juga menyebabkan kebakaran.

Semut suka bersarang di peralatan elektronik [Sumber Gambar]
Nah, hal ini pun bisa terjadi pada saklar rumah kita lho Sahabat Boombastis. Mungkin kita jarang menemui masalah seperti ini, namun bisa saja saklar rumah rusak gara-gara dijadikan sarang oleh semut. Jadi, untuk mengetahui saklar rusak diakibatkan semut, ada caranya. Ketika saklar tidak dapat berfungsi dengan baik seperti biasanya, coba dekati perangkat tersebut. Bila kalian mendengar bunyi yang aneh dan tercium bau seperti aroma terbakar, maka ada kemungkinan semut listrik sedang bersemayam di saklarmu.

Untuk mencegah hal tersebut, memang masih belum ada langkah pasti yang bisa mengusir semut listrik itu. Namun, ada beberapa cara yang setidaknya bisa mencegah si semut gila ini mampir ke rumah kalian. Dilansir dari insekta.co.id, pertama-tama harus menutup celah atau retakan pada rumah kalian guna menghindari semut listrik untuk masuk. Kemudian, gosoklah sekitar retakan atau celah dengan menggunakan detergen supaya menghilangkan feromon. Selamat mencoba Sahabat Boombastis, semoga semut listrik ini tidak singgah ke rumah kalian.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

23 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago