in

Mengenal Semut Listrik, Serangga Berbahaya yang Bisa Memicu Kebakaran Gedung

Beberapa waktu lalu, Negara Inggris dikejutkan dengan adanya koloni semut yang tiba-tiba datang menyerang. Mungkin kita berpikirnya, semut yang mendatangi negara tersebut hanyalah serangga berwarna hitam pada umumnya. Namun, pemikiran kita tersebut salah besar Sahabat Boombastis. Sebab, semut yang dimaksud adalah serangga penyuka peralatan elektronik.

Meski kita sering sekali melihat banyak kawanan semut menempel pada barang elektronik, tapi hewan satu ini berbeda dengan jenis lainnya lho. Semut ini tertarik dengan kabel listrik dan kotak sambungan. Maka dari itu, hewan kecil satu ini dijuluki semut listrik.

Semut Listrik [Sumber Gambar]
Cukup unik memang julukannya, tapi begitulah adanya. Semut listrik ini sangat suka sekali dengan peralatan elektronik yang mengandung banyak kabel di dalamnya. Menurut Edward LeBurn, peneliti di University of Texas menyebutkan kalau semut ini tidak suka bersarang di dalam lubang tanah lantaran ukurannya yang hanya seperdelapan inci. Sehingga mereka merasa lebih aman untuk tinggal di peralatan elektronik yang sangat mudah untuk dilalui dan juga tidak ada hewan predator pemangsa mereka.

Lalu, semut yang memiliki nama asli Rasberry Crazy ini ternyata bisa memicu konsleting listrik. Sebab, jika semut tersetrum, ia akan mengeluarkan feromon atau aroma untuk memberi tahu kepada koloni lainnya kalau kawanannya sedang diserang musuh. Sehingga semut-semut lain akan datang untuk membantu dengan cara menggigiti kabel yang dikira adalah musuhnya. Akibatnya, kabel listrik akan mengalami konsleting dan bisa juga menyebabkan kebakaran.

Semut suka bersarang di peralatan elektronik [Sumber Gambar]

Nah, hal ini pun bisa terjadi pada saklar rumah kita lho Sahabat Boombastis. Mungkin kita jarang menemui masalah seperti ini, namun bisa saja saklar rumah rusak gara-gara dijadikan sarang oleh semut. Jadi, untuk mengetahui saklar rusak diakibatkan semut, ada caranya. Ketika saklar tidak dapat berfungsi dengan baik seperti biasanya, coba dekati perangkat tersebut. Bila kalian mendengar bunyi yang aneh dan tercium bau seperti aroma terbakar, maka ada kemungkinan semut listrik sedang bersemayam di saklarmu.

Untuk mencegah hal tersebut, memang masih belum ada langkah pasti yang bisa mengusir semut listrik itu. Namun, ada beberapa cara yang setidaknya bisa mencegah si semut gila ini mampir ke rumah kalian. Dilansir dari insekta.co.id, pertama-tama harus menutup celah atau retakan pada rumah kalian guna menghindari semut listrik untuk masuk. Kemudian, gosoklah sekitar retakan atau celah dengan menggunakan detergen supaya menghilangkan feromon. Selamat mencoba Sahabat Boombastis, semoga semut listrik ini tidak singgah ke rumah kalian.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mulai Berani Go Public, Ini 10 Pesona Pacar Baru Deddy Corbuzier yang Memikat

Kembali Gagal, Jepang Cahaya Asia Lanjutkan Nasib Buruk di Piala Dunia