Mengubah rutinitas, 5 seleb Indonesia ini pilih menghabiskan puasa minggu pertamanya di negeri orang. Bukan hal baru lagi, jika di luar negeri, waktu puasa menjadi lebih panjang. Namun, karena tuntutan pekerjaan juga waktu liburan yang didapat hanya sekarang, artis-artis Indonesia ini rela berpuasa lebih dari 14 jam.

Bagusnya, mereka saling memiliki tips dan trik sendiri lho untuk berpuasa di negeri orang. Penasaran? Hal ini juga bisa jadi acuan Sahabat Boombastis jika harus berpuasa di luar negeri. Maka dari itu, simak siapa saja seleb Indonesia yang habiskan puasa di negeri orang, dalam ulasan berikut.

Al Ghazali dan El Rumi, saling beri masukan

Dua kakak beradik Al dan El tengah menghabiskan waktu puasanya di luar negeri. Berbeda dengan El yang berada di London untuk melanjutkan studinya, Al rupanya ada proyek baru sehingga harus berangkat ke Amsterdam dan menghabiskan dua minggu Ramadan di sana. Rencannya, setelah dari Amsterdam, Al bakal mampir ke London untuk menjenguk sang adik.

Al Ghazali dan El Rumi puasa di luar negeri [sumber gambar]
Dilansir dari entertainment.kompas.com, Al mengaku tak memiliki persiapan apa-apa terkait menahan lapar dan haus serta hawa nafsu hingga 19 jam. Namun, ia menyatakan bahwa dirinya meminta saran kepada El, bagaimana menjalani puasa di Eropa dengan waktu yang lebih lama dari Indonesia.

Luna Maya, gara-gara nonton BTS di Las Vegas

Beberapa waktu lalu, Luna Maya sempat “nekat” berangkat ke Las Vegas untuk menonton aksi boy group favoritnya, BTS, di gelaran Billboard Music Awards (BBMA) 2019. Tak seperti konser yang didatanginya di Bangkok, kali ini Luna Maya mengajak sahabatnya, Millane Fernandez untuk turut serta.

Luna Maya nonton BTS di Billboard Music Awards [sumber gambar]
Tak hanya menonton BTS di BBMA, ternyata Luna Maya juga memperpanjang waktunya di Las Vegas. Sehingga, ia sempat merasakan berpuasa sebentar di sana. Namun, kini Luna sudah kembali berada di Indonesia karena harus syuting setiap hari untuk program sahur.

Acha Septriasa, sudah 3 tahun jalani puasa di luar negeri

Bicara soal artis Indonesia yang diboyong suami ke luar negeri, bukan hanya Laudya Chynthia Bella. Acha Septriasa, yang menikah dengan teman semasa sekolahnya juga kini tinggal di Sydney, Australia, meski tetap bolak-balik ke Indonesia. Lewat postingan instagramnya, tahun ini merupakan kali ketiga Acha berpuasa di Sydney.

Acha Septriasa puasa di luar negeri [sumber gambar]
Ia mengaku mulai terbiasa dengan budaya dan perbedaan waktu puasa dengan Indonesia. Bahkan, tahun lalu Acha juga menghabiskan lebaran di Sydney, lho. Kira-kira, tahun ini bakal pulang ke Indonesia enggak, ya?

Iqbaal Ramadhan, nikmati buka puasa dengan senja

Sama seperti Acha Septriasa, Iqbaal Ramadhan juga tengah berada di Australia. Bedanya, ia kini menetap di Australia untuk melanjutkan pendidikannya. Dilansir dari laman instagram pribadinya, Iqbaal menghabiskan waktu berbuka puasa pertamanya dengan menikmati matahari terbenam.

Iqbaal Ramadhan puasa di luar negeri [sumber gambar]
Tak lupa dirinya menambahkan caption “kurang kopi sama musik, jadi anak indie nih gw,” yang sontak membuat para followers-nya ngakak online! Setelah menyelesaikan pendidikannya di Amerika Serikat, Iqbaal kini lanjut ke Australia, tak peduli meskipun rutinitas bulan Ramadannya akan berbeda.

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Begini Beda Seleb Rayakan Tradisi ‘Nyekar’ ke Makam Keluarga

Selain 5 selebriti di atas, Shaloom Razade, Cinta Laura, Teuku Rassya, hingga Whulandary Herman juga menjalankan ibadah puasa di luar negeri. Hanya saja, mereka belum memberikan pernyataan apapun di media sosial pribadi. Kalau Sahabat Boombastis, ada yang sudah punya pengalaman berpuasa di luar negeri? Jangan lupa bagikan pengalaman di kolom komentar, ya!