Tak terasa Bulan Ramadan sudah di depan mata nih gengs. Di mana kita akan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bakal berlangsung satu bulan lamanya. Misalnya salat tarawih, mengaji dan juga beli takjil, hehehe. Nah, biasanya di saat bulan puasa seperti ini, murid sekolah dasar pada umumnya lebih sibuk daripada kita yang sudah dewasa.

Benar atau enggak nih? Ya coba deh kalian ingat-ingat lagi sewaktu kita masih menginjak usia sekolah dasar. Pasti ada saja tugas dari sekolah atau hobi yang tidak bisa kita hilangkan di saat umur kita masih krucil. Ya sudah deh tak perlu berlama-lama, kita nostalgia dulu di bawah ini.

Pemburu tanda tangan imam salat tarawih

Kegiatan pertama yang tidak pernah terlewatkan saat puasa adalah meminta tanda tangan imam salat tarawih. Yup, peristiwa ini tidak akan pernah hilang dimakan zaman karena sampai sekarang pun masih ada lho yang melakukannya. Hal ini memang diterapkan oleh sekolah untuk melatih murid supaya tidak malas melaksanakan salat sunnah setelah Isya ini. Biasanya, anak-anak SD akan membawa buku kecil yang ada kolom tanda tangan untuk imam salat. Kalau sudah terisi, pasti rasanya plong dan bisa pulang ke rumah dengan tenang.

Pondok ramadan yang biasanya dilakukan seminggu sekali

Pondok ramadan di sekolah [Sumber Gambar]
Ada lagi kebiasaan waktu kecil ketika Bulan Ramadan. Adalah melaksanakan pondok ramadan di sekolah. Nah, biasanya, pondok ramadan ini dilangsungkan seminggu sekali yang mengharuskan anak-anak berpakaian muslim. Selain itu, mereka juga diharuskan membawa alat salat karena nantinya akan ada ibadah berjamaah pada waktu dhuhur dan ashar. Hayo, masih pada ingat enggak siapa sohib ngobrol kalian waktu pondok ramadan dulu?

Main petasan yang tidak boleh absen setelah salat tarawih

Main petasan [Sumber Gambar]
Kemudian, kebiasaan selanjutnya yang tidak bisa terlewatkan yaitu main petasan. Nah, kegiatan ini memang tidak bisa dihilangkan dari jadwal karena sudah merupakan rutinitas ketika Bulan Ramadan. Setelah salat tarawih, anak-anak akan berkumpul di tempat yang lapang untuk memainkan petasan tersebut. Mereka melakukan hal itu seakan tidak ada rasa takutnya kepada tetangga. Padahal, sebenarnya mereka sudah tahu jika memainkan petasan itu merupakan rutinitas yang haram untuk dilakukan lantaran bikin jantung orang lain jadi copot.

BACA JUGA : 5 Hal yang Waktu Kecil Kita Yakini Bakal Membatalkan Puasa Namun Ternyata Hanya Mitos Belaka

Itulah kebiasaan-kebiasaan waktu kecil selama berada di Bulan Ramadan. Kalau diingat-ingat memang membuat kita senyum-senyum sendiri ya. Oh iya, selain di atas apa kalian punya kebiasaan unik ketika bulan puasa? Kalau punya, ceritakan di kolom komentar ya.