Ziarah ke makam alias nyekar adalah tradisi yang dilakukan banyak masyarakat Indonesia menjelang datangnya Ramadan. Hal tersebut sudah ada dan diturunkan dari generasi ke generasi sejak puluhan tahum silam. Dikutip dari voaindonesia.com, seorang warga ketika ditanya mengapa tetap melakukan tradisi nyekar?

Ia menjawab “banyak yang ziarah ke luar, ke mana ya, ke (makam) para Wali, masa orang tua yang dekat enggak diziarahi?” Maka dari itu, 4 selebriti ini juga melakukan hal serupa untuk menyambut datangnya Ramadan tahun ini. Mereka pun mengunggah foto-foto usai nyekar di laman instagram pribadinya.

Nia Ramadhani dan Ayu Dewi nyekar ke makam orang tua [sumber gambar]
Berbagai macam respon dari netizen tertuang kepada 4 selebriti ini. Nia Ramadhani yang mengajak serta sang suami dan kedua anaknya, serta 3 kakak lelakinya mendapat pujian dan doa dari netizen untuk Ramadan kali ini. Meskipun, masih ada pula yang mengomentari baju yang dikenakan Nia ketika berziarah ke makam. Ayu Dewi mendapat banyak dukungan dari rekan-rekan selebritinya melalui komentar dalam postingan instagramnya. Memang kepergian ibunda Ayu Dewi belum bisa dipercaya, tapi dirinya sudah mengaku ikhlas.

Syahrini dan Reino Barack nyekar ke ayah Syahrini [sumber gambar]
Berbeda dengan Syahrini, yang mengajak serta sang suami untuk berziarah ke makam sang ayah. Selain untuk melaksanakan tradisi nyekar, juga memperkenalkan Reino Barack kepada sang ayah. Kini, Syahrini tak lagi menghabiskan Ramadan sendirian. Namun, yang bikin salah fokus adalah bagaimana Reino setia memayungi sang ibu mertua selama mereka berziarah. Netizen, terutama fans Syahrini pun memuji Reino dan bersyukur karena idolanya mendapat pasangan yang baik.

Christy Jusung nyekar ke makam ayahnya [sumber gambar]
Lama tak terdengar kabarnya, presenter sekaligus pesinetron Christy Jusung mendadak viral karena dicibir netizen. Mengunggah foto berziarah ke makam ayahnya, ia yang sudah bermualaf tampak menuliskan perbedaan iman yang dianutnya dengan sang ayah. Netizen pun ramai-ramai menyerbunya karena menganggap tak berbakti pada orang tua, juga karena menuliskan kata-kata perbedaan di caption. Sayang banget, niat melaksanakan tradisi malah dicibir.

Tradisi nyekar sebelum ramadan [sumber gambar]
Dikutip dari tribunnews.com, tradisi ziarah makam sempat dilarang oleh Rasulullah SAW. Larangan tersebut lalu dibatalkan (manshukh) dan menjadi suatu anjuran yang disunahkan. Dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda: “(dulu) aku melarang kalian berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah kalian ke kuburan, sesungguhnya ziarah kubur membuat kalian zuhud di dunia dan mengingatkan kalian pada akhirat,” (HR Ibnu Majah).

BACA JUGA: Ziarah ke Makam, Keluarga 4 Artis Ini Tak Bisa Lagi Sambut Bulan Ramadan dengan Lengkap

Selain itu, M Ali Zainal Abidin, menulis dalam laman NU online bahwasanya hikmah dari ziarah kubur adalah mengingatkan kita pada keadaan orang-orang yang telah meninggal dunia. Mengingat keadaan orang-orang yang telah meninggal dunia membuat orang menjadi lebih waspada dan tidak terbelenggu dalam gaya kehidupan yang kurang baik. Apakah Sahabat Boombastis juga memiliki pengalaman mengenai tradisi ziarah atau nyekar? Tulis di kolom komentar, ya!