Trending

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan ilegal. Ia menyamar sebagai Rabithah Alawiyah, sebuah organisasi resmi yang mencatat para keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia. Dengan membayar sejumlah uang, korban-korban JMW dijanjikan akan mendapatkan gelar “habib” dan nama mereka akan tercatat dalam situs Rabithah Alawiyah. Berikut ulasan selengkapnya.

Menyamar Sebagai Rabithah Alawiyah

Ialah Janes Meliank Wibowo (JMW) asal Kampung Bulak, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, yang memperjualbelikan sertifikat “habib” di Indonesia. Ia membuat situs palsu berupa blog yang menggunakan nama Rabithah Alawiyah, selaku organisasi resmi yang mencatat para keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia. Pemuda 24 tahun itu juga mengambil logo Rabithah Alawiyah dan mencatut nama-nama habib yang terkenal untuk membuat korbannya percaya.

Penjual sertifikat gelar habib palsu [Sumber Gambar]
Para korban akan menghubungi JMW agar nama mereka tercatat di organisasi Rabithah Alawiyah. Dari bisnis ilegal ini, JMW sudah meraup sekitar Rp18,5 juta. Per satu nama akan dikenakan biaya Rp4 juta. Telah ada 6 orang korban yang mendaftarkan namanya kepada JMW.

Para Korban Tidak Melapor

Kasus ini terungkap berawal dari Rabithah Alawiyah yang melihat dalam website buatan JMW, maktabdaimi.blogspot.com. Dalam situs tersebut, ada sejumlah nama habib yang tidak familiar. Nama-nama tersebut juga tidak terdaftar dalam buku nasab Rabithah Alawiyah.

Meraup 18 juta [Sumber Gambar]
JMW kini sudah ditangkap oleh Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sejak Rabu (28/2). Kepolisian masih mendalami kasus ini untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam bisnis ilegal. Sementara, masih terdeteksi JMW melakukan penipuan ini sendirian. Atas kasus yang menyeretnya, JMW terjerat Pasal 35 Jo 51 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Ia terancam hukuman penjara maksimal 12 tahun.

Sementara untuk korban-korban yang mendaftarkan namanya kepada JMW, tidak melapor padahal mereka juga merupakan korban penipuan. Pihak Rabithah Alawiyah menduga adanya sindikat. Diduga mereka tidak melapor karena saling menguntungkan, yaitu mendapatkan gelar “habib”.

Gelar Habib

Situs palsu yang dibuat JMW

“Habib” sendiri merupakan sebuah gelar yang diberikan kepada para keturunan Nabi Muhammad SAW dari garis Husein bin Ali. Merupakan cucu Nabi Muhammad, anak dari Ali bin Abi Thalib dan Fatimah az-Zahra. Bukan hanya gelar, namun sosok habib diharapkan memiliki sifat dewasa dan matang, pengetahuan luas, mengamalkan ilmunya, punya kesungguhan hati, dan bertaqwa kepada Allah SWT. Di Indonesia, nama para keturunan Nabi Muhammad SAW ini, dicatat oleh organisasi Rabithah Alawiyah. Mereka telah berdiri sejak 27 Desember 1928.

BACA JUGA: Mahasiswi Lakukan Penipuan Tiket Konser Coldplay hingga Sebabkan Kerugian Miliaran

Adanya bisnis jual beli gelar “habib”, membuktikan bahwa ada orang-orang yang ingin secara instan mendapatkan gelar tersebut. Bukan hanya gelar semata, tetapi dipandang sebagian orang sebagai simbol status sosial yang kemudian diidamkan banyak orang.

Share
Published by
H

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago