Trending

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan atribut tahun ini. Alokasi dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta ini mencapai Rp3 miliar hanya untuk pakaian dinas baru dan atributnya.

Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, anggaran khusus untuk baju dinas baru ini melonjak drastis sekitar Rp1,3 miliar. Lalu, apakah yang menyebabkan melonjaknya anggaran dana untuk baju dinas ini? Berikut ulasannya.

Anggaran Pakaian Dinas Mencapai 3 Miliar

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan pembelanjaan pakaian dinas baru dan atribut pada tahun 2024 ini tepatnya sebesar Rp3.086.890.132. Informasi ini bisa diperoleh dari situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Gedung DPRD Provinsi DKI Jakarta [Sumber Gambar]
Pakaian dinas memang dianggarkan tiap tahunnya, tapi tahun ini naik begitu drastis. Pada tahun 2022 saja, sekitar Rp1,7 miliar. Ternyata, pada periode sebelumnya, anggaran dana yang diperuntukkan baju dinas dan atributnya juga sempat menjadi polemik, padahal kala itu sekitar Rp1,3 miliar. Jauh jika dibandingkan periode ini.

Diberikan Kepada Anggota Dewan Lama dan Baru

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Provinsi DKI Jakarta Augustinus menjelaskan bahwa anggaran dana begitu besar karena pakaian dinas dan atribut berupa pin emas akan diberikan kepada para 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Mulai yang sedang menjabat sejak 2019, sekaligus dipersiapkan untuk calon anggota dewan baru hasil Pemilu 2024.

Gedung DPRD [Sumber Gambar]
Ya, meski jabatan akan berakhir pada Agustus 2024, tapi para anggota dewan periode sebelumnya juga akan mendapatkan baju dinas. Selain pakaian dinas, akan ada atribut berupa pin emas yang akan dibagikan kepada para anggota dewan.

Terdapat Pin Emas 24 Karat

Atribut berupa pin emas [Sumber Gambar]
Pin emas yang akan dibagikan berupa emas 24 karat berjumlah dua buah, yaitu seberat 5 gram dan 7 gram. Ini berbeda dengan pin yang dianggarkan pada 2019 lalu, yaitu emas 2 karat. Pin diberikan setiap 5 tahun, yaitu saat pelantikan. Penyediaan pakaian dinas dan pin emas akan dimulai bulan Juni 2024 hingga Agustus 2024. Kemudian, akan diberikan saat pelantikan untuk anggota dewan periode 2024-2029. Jika melihat anggaran dananya, pin pejabat berbahan dasar emas 24 karat tersebut dianggarkan sebesar Rp964 juta.

BACA JUGA: 4 Fakta Bocoran Gaji dan Tunjangan DPR yang Diungkapkan Krisdayanti, Tembus 400 Juta

Tak heran jika publik menjadi bertanya-tanya, mengapa anggaran dana untuk pakaian dinas baru saja bisa sangat tinggi dan melonjak drastis dari periode sebelumnya. Ternyata, karena adanya atribut pin emas 24 karat yang juga termasuk di dalamnya.

Share
Published by
H

Recent Posts

Anak SD di Sumbar Diduga Dibakar Teman, Keluarga Tuntut Keadilan

Entah apa yang dirasakan keluarga dari seorang siswi SD bernama Aldelia Rahma. Nahas, anak kecil…

5 days ago

Kecelakaan Bus Siswa SMK Lingga Kencana Depok, Diduga Rem Blong

Kecelakaan maut yang melibatkan bus, mobil, dan motor terjadi di Subang, Jawa Barat. Bus tersebut…

1 week ago

Epy Kusnandar Ditangkap karena Penyalahgunaan Narkoba, Ia Diduga Mengalami Depresi

Penyalahgunaan narkoba di kalangan artis sudah berkali-kali terungkap, salah satunya yang baru saja terjadi adalah…

2 weeks ago

3 Fakta Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Cincin hingga Mualaf

Dua penyanyi Indonesia tengah berbahagia, tepatnya Rizky Febian dan Mahalini, sebab mereka baru saja mengikat…

2 weeks ago

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

2 weeks ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

2 weeks ago