Olahraga

Tak Banyak Diketahui, Inilah Deretan Pemain Indonesia yang Diam-Diam Berstatus Haji

Bagi para muslim pergi haji tentu menjadi salah satu hal di dunia banyak diimpikan. Bahkan tidak jarang orang rela menabung bertahum-tahun untuk melaksanakan hal tersebut. Sebagai Rukun Islam ke lima, ibadah satu ini dipercaya menjadi penyempurna dan penegak dalam kehidupan islam. Di Indonesia, minat pergi haji bisa dikategorikan tinggi. Di mana hampir selalu mengirim ribuan jama’ah.

Ngomong-ngomong masalah haji beberapa pemain sepak bola Indonesia ternyata  diam-diam mempunyai status haji. Meski jumlahnya bisa dihitung dengan jari, tapi hal ini sedikit menjadi bukti, kalau selain memberikan menang, kalah, atau gelar juara, sepak bola juga bisa digunakan untuk sandaran dalam menunaikan ibadah tersebut. Dan berikut beberapa pesepakbola Indonesia yang mempunyai status haji.

Mantan pemain Timnas Ahmad Bustomi

Ahmad Bustomi Mitra Kukar [Sumber Gambar]
Bagi yang pernah melihat Timnas tahun 2010-an, tentu sosok satu ini sangatlah tidak asing lagi. Apalagi ketika itu duetnya bersama Firman Utina di lini tengah Garuda, sukses membantu Indonesia tembus ke partai puncak AFF 2010. Selain handal di lapangan hijau, mantan kapten Arema ini juga terkenal sebagai aktor lapangan yang religius. Hal ini dibuktikan dengan statusnya yang diam-diam merupakan lulusan pondok pesantren dan haji.Khusus untuk hal terakhir itu diperolehnya pada tahun 2015 silam. Ketika Arema sedang berlaga di babak 8 besar Piala Presiden.

Kapten kesebelasan Persib Bandung Supardi Na

Aksi Supardi bersama Persib [Sumber Gambar]
Nama jagat sepak bola nasional lain yang juga sudah mempunyai status haji adalah Supardi Natsir. Kapten Persib Bandung tersebut menerima label tersebut, setelah pada tahun 2017 lalu mendapatkan rejeki untuk pergi ke tanah suci. Dari penelusuran yang dilakukan penulis, kala itu haji seorang Supardi bisa dikatakan penuh perjuangan. Pasalnya harus rela meninggalkan klub berjuluk Maung Bandung tersebut selama 1,5 bulan. Dan absen di 7 pertandingan Persib di kompetisi sepak bola nasional. Kini, pria sudah kepala tiga ini tengah berjuang bersama Persib di Piala Presiden 2019.

Andalan Persija Jakarta Ismed Sofyan

Ismed bermain untuk Tim Ibukota [Sumber Gambar]
Masih terkait hal ini, sosok legenda dan sekaligus andalan Persija Jakarta di tahun lalu yaitu Ismed Sofyan diam-diam juga berlabel haji. Bahkan bila dibandingkan dengan dua nama tadi, pria 39 tahun ini sudah lama sekali menjalankan rukun islam ke lima tersebut. Dilansir Boombastis dari laman Topskore, Ismed pergi ke tanah suci ketika Persija Jakarta masih di nakhodai Iwan Setiawan itu artinya di tahun 2011-an. Berkat status tersebut oleh rekan-rekannya mantan Persiraja Banda Aceh ini kerap dipanggil Bang Haji.

Muhammad Ridwan juga jadi pemain berstatus haji

M Ridwan bersama PSIS Semarang [Sumber Gambar]
Selain nama-nama tadi, mantan punggawa Persib Bandung yaitu Muhammad Ridwan juga menjadi pemain nasional telah menjalankan rukun islam ke lima ini. Ridwan sendiri diketahui  menjalankan ibadah tersebut pada tahun 2014. Ketika itu, Tim Maung Bandung tengah berjuang dalam kompetisi sepak bola nasional. Dilansir dari Viva.com, pesepakbola identik dengan nomor 23 ini berangkat dengan rombongan jemaah haji kloter 17 embarkasi Solo.  Kini selepas Persib Bandung dikabarkan Ridwan kembali ke PSIS Semarang dan melatih tim U-19.

BACA JUGA: Jadi Terbaik dan Tajir, Pesepakbola Muslim Eropa Ini Ternyata Pernah Sujud di Hadapan Ka’bah

Berkaca dari beberapa tadi, agaknya mampu menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat bukanlah sebuah hal yang sulit. Asal mau berusaha rintangan apapun bisa dihadapi.  Meski dalam kenyataannya harus rela meninggalkan klub, tapi pada akhirnya sosok tadi bisa beribadah sambil menjalankan profesi-nya dengan sama baiknya.

Share
Published by
Galih

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

14 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago