Sebagai negara yang masih percaya dengan hal-hal seputar mitos dan makhluk halus, tak heran jika konten YouTube yang menyajikan Paranormal Experience menjadi incaran dan kesukaan banyak netizen. Risa Saraswati dan Raditya Dika adalah dua nama YouTuber yang paling sering menjajaki kolom trending setiap membuat video baru.

Bedanya, jika Risa eksekusinya dengan cara menyambangi tempat dan berbicara langsung dengan para makhluk halus yang ada di sana, Raditya Dika lebih ke wawancara sosok tertentu dan menceritakan pengalaman mereka yang pernah bersinggungan dengan si makhluk. Semua konten yang diupload di kanal YouTube-nya bisa dibilang sukses besar, tapi manakah cerita yang paling seram ya?

Serial Rumah Eyang yang laris manis di pasaran

Setelah panjang lebar bercerita tentang para penunggu di rumahnya, Raditya Dika kembali bercerita pengalaman mistisnya ketika menginap di rumah teman SMA nya yang berlokasi di Yogyakarta. Cerita yang diberi tajuk ‘Rumah Eyang’ ini menghadirkan langsung orang-orang yang terlibat dan dipecah dalam beberapa episode. Mizter, yang merupakan pemilik rumah bercerita jika rumah warisan dari Eyangnya itu memang punya banyak sekali penghuni tak kasat mata.

Gangguan juga kerap menyambangi mereka, dari suara bantingan pintu hingga orang yang mengintip dari ventilasi. Bukan hanya Mizter yang mengalami, Mas Gaduh yang ngekos di sebelah rumah dan punya kemampuan melihat sosok halus pun mengatakan bahwa ia sering melihat makhluk dengan berbagai macam rupa, dari yang matanya besar, nenek-nenek, si baju merah, hingga pocong.

Cerita tentang Ruben Onsu yang kena ilmu hitam

Pembawa acara, Ruben Onsu pernah diundang oleh Raditya Dika karena pemberitaan dirinya yang diganggu makhluk halus marak di internet. Dalam video berdurasi 31:02 menit tersebut, secara blak-blakan Ruben mengatakan bahwa dirinya sudah sangat capek dengan berbagai gangguan di rumahnya. Mulai dari darah segar yang keluar dari tubuhnya, sosok tinggi hitam yang ingin menggoda sang anak, ular yang berkali-kali masuk rumah, hingga puncaknya rumahnya diserang orang tak dikenal dengan pesan mengancam.

Terror tersebut diceritakan menghantuinya sampai beberapa bulan. Ruben bahkan harus membawa sang istri, Sarwendah dan putrinya Thalia tidur di mobil. Ruben mendatangkan beberapa orang pintar, ghost buster bahkan, semuanya bilang bahwa solusinya hanya ‘tukar guling’. Artinya, para penghuni akan pergi setelah Ruben menyerahkan nyawanya. Duh, menakutkan ya!

Paranormal Experience Bersama tim Kisah Tanah Jawa (KTJ)

Tak main-main, dalam video yang diupload pada 3 Februari lalu, Raditya Dika berlokaborasi bersama tim Kisah Tanah Jawa. Kisah Tanah Jawa ini adalah tim yang beranggotakan tiga orang yang biasanya berekspedisi mengunjungi tempat-tempat yang punya label angker. Dalam video berdurasi hampir satu jam tersebut, tim Kisah Tanah Jawa mengundang sosok dokter bedah ‘tak kasat mata’ dari rumah sakit terseram di Indonesia, yaitu RS Mardi Waluyo, Blitar.

Selama proses pengambilan video, Radit sempat mengatakan bahwa baru pertama kalinya ia merasa lehernya lebih berat. Bukan tanpa alasan, salah satu anggota KTJ mengatakan bahwa ada banyak makhluk yang hadir di sana bersama mereka, termasuk suster ngesot, hantu dokter bedah, dan penunggu rumah atas Radit sendiri.

Ari Lasso yang digerayangi oleh Kuntilanak

Terkenal aktif di dunia musik Indonesia, Ari Lasso ternyata pernah punya pengalaman mistis yang benar-benar membuat yang mendengar merinding ketakutan. Mungkin kalian pernah mendengar konser Ada Band yang dihadiri oleh belasan ribu penonton hantu kan? Ternyata, Ari Lasso juga berada dalam panggung yang sama.

Tak hanya itu, ketika ia manggung di salah satu daerah, mantan vokalis Dewa 19 ini pernah digerayangi oleh kuntilanak. Duh, bayangkan deh gimana rasanya? Ari yang awalnya hanya mengira itu mimpi kaget saat ternyata chief security-nya melihat ada sosok kuntilanak berambut panjang dengan payudara besar. Sosok yang sama dengan perempuan yang menggerayanginya di mimpi.

BACA JUGA: Ini 4 Alasan Mengapa Konten Paranormal Experience Laris Manis Jika Dibahas di Youtube

Selain empat kisah di atas, masih ada banyak Paranormal Experience Radit berkolaborasi dengan public figure tanah air. Sebut saja Sule, Soimah, Abdel, bahkan ada yang featuring Risa Saraswati loh. Kalau penulis sih, dari semuanya tetap yang paling seram adalah Rumah Eyang, kalau kalian pilih yang mana nih?